PROMES K13: Program Semester (PROSEM) Kurikulum 2013 SD/MI Revisi

PROMES K13: Program Semester (PROSEM) Kurikulum 2013 SD/MI Revisi - Perencanaan pendidikan ialah keahlian yang wajib dipunyai oleh tiap guru. Perencanaan ini dibutuhkan buat mempermudah para guru dalam melakukan pendidikan, sekalian melaksanakan evaluasi.

Kurikulum merupakan bagian dari rencana untuk membuat aturan mengenai tujuan, bahan pelajaran, isi, dan cara yang dilakukan sebagai panduan melaksanakan proses belajar mengajar agar melahirkan peserta didik bermutu tinggi.

Sebagai tenaga pendidik, guru memiliki kemampuan dalam mengembangkan Kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Salah satu tugasnya adalah membuat PROMES K13 Revisi (Program Semester) yang akan menjadi acuan dalam Standar Kelulusan Siswa.

Standar Kelulusan Siswa

Standar proses adalah bagian dari standar pendidikan nasional memiliki hubungan dengan proses belajar mengajar di sekolah, kaitan inilah menjadi faktor penentu kelulusan dari peserta didik. Standar kompetensi lulusan adalah penentu penilaian kemampuan lulusan siswa-siswi dimulai dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah bagian dari standar nasional pendidikan yang merupakan kriteria kompetensi lulusan minimal yang berlaku di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan SKL kita akan memiliki patok mutu (bench-mark) baik bersifat evaluasi mikro seperti kualitas proses dan kualitas produk maupun bersifat evaluasi makro seperti keefektifan dan efisiensi suatu program pendidikan, dengan harapan dimasa depan pendidikan akan melahirkan sumber daya manusia yang bukan hanya sekedar memiliki pengetahuan dan keterampilan tetapi standar moral yang dipertanggung jawabkan.

Program Semester SD/MI Kurikulum 2013 Revisi

Permendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 (K13) pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Berisi tentang kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas.

Kompetensi dasar yang dimaksud dalam permendikbud tersebut adalah kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai oleh para peserta didik setiap mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti berdasarkan silabus.

Program semester SD/MI ialah penjabaran dari program tahunan sekolah dasar sehingga program tersebut tidak dapat disusun saat sebelum tersusun program tahunan.Perencanaan pembelajaran merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap guru.

Tahap tersebut diperlukan untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran, sekaligus melakukan penilaian. Salah satu kemampuan pendukung yang diperlukan untuk merencanakan pembelajaran adalah keterampilan dalam merancang program tahunan, program semester, dan pemetaan kompetensi dasar.

Menyusun Program Semester Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dapat dilakukan dengan berbagai alternatif format. Didalam artikel ini, Bapak dan Ibu Guru SD/MI dapat menggunakan beberapa contoh untuk dijadikan model PROSEM tersebut. Format penyusunan setiap program semester tidak ada perubahan yang banyak jika dibandingkan dengan KTSP.

Hanya ada tambahan contoh administrasi kelas untuk mata pelajaran yang terpisah dari tematik. Program Semester SD atau biasanya disingkat dengan PROMES/PROSEM SD Kurikulum 2013 berisi garis-garis besar Kompetensi Dasar yang ingin dicapai oleh peserta didik dalam 1 semeter.

PROMES K13 merupakan hasil dari penjabaran dari PROTA yang telah Bapak/Ibu Guru buat sebelumnya. Untuk di kurikulum 2013 singkatan dari K13 ini, isi dari PROMES (Program Semester) SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2 umumnya adalah sebagai berikut:

Identitas, terdiri dari: Satuan Pendidikan, muatan pelajaran, kelas/semester, dan tahun pelajaran.
Format Isian, terdiri dari: Tema, sub tema, alokasi waktu, keterangan kapan pembelajaran akan berlangsung.

Dalam cara pengisian dari Promes SD Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 (dikenal dengan K13) Revisi 2018 baik itu dikelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 ini hampir sama dengan cara mengisi PROTA. Untuk Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai oleh peserta didik diberikan tanda cek-list (√ ) tepat di kolom alokasi waktu kapan Kompetensi Dasar (KD) akan dipelajari oleh peserta didik.

Pada kolom keterangan biasanya berisi tanggal pasti pelajaran mengenai Kompetensi Dasar (KD) akan dilakukan. Secara sederhana teknik dalam mengisi program semester (PROMES) sama seperti mengisi program tahunan (PROTA). Beberapa komponen yang sudah ada dalam program tahunan tinggal memindah saja (tema dan subtema). Seperti program tahunan, program semester juga banyak alternatifnya.

PROMES/PROSEM SD dibawah ini adalah khusus untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, PROMES SD Semester 1 dan 2 ini dapat Bapak/Ibu Guru Download secara gratis serta langsung siap di print untuk digunakan sebagai salah satu administrasi guru di Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Program semester merupakan rumusan aktivitas belajar mengajar dalam satu semester yang kegiatannya didasarkan pada modul yang tertuang dalam SKKD. Program semester terbuat bersumber pada pertimbangan alokasi waktu yang ada, jumlah pokok bahasan yang terdapat dalam semester tersebut serta frekuensi tes yang disesuaikan dengan kalender pembelajaran.

Program semester hendak memudahkan guru dalam alokasi waktu mengarahkan modul yang wajib dicapai dalam semester tersebut. Pada dasarnya yang jadi isi dari program semester merupakan apa yang tercantum dalam GBPP, namun terdapat ekspansi serta kelengkapan sehingga membentuk sesuatu program kerja pengajaran

PROMES K13 SD

Download PROMES K13 Revisi: Program Semester (PROSEM) Kurikulum 2013 SD

Perangkat program semester atau Prosem K13 Revisi disimpan menggunakan format winrar. Anda harus mengekstrak dahulu untuk bisa membuka file. Gunakan software microsoft excel, jika ingin mengedit.

Berikut adalah beberapa contoh format dari Program semester yang dapat langsung didownload melalui link dibawah ini:


Baca Perangkat Pembelajaran Lainnya: RPP SD Kurikulum 2013 Lengkap Semua Kelas

Selanjutnya apa?
Setelah Anda mengetahui dan memiliki rencana kegiatan pembelajaran dalam satu semester. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat kriteria ketuntasan minimal untuk mempermudah tugas Anda menentukan layak atau tidaknya siswa naik atau tinggal kelas. Silahkan mendownload filenya melalui artikel berjudul KKM SD Kurikulum 2013 Lengkap Terbaru ðŸ‘ˆ.

Jika anda mempunyai pertanyaan atau pun pendapat, jangan ragu untuk bertanya kepada unLiroom, silahkan cantumkan komentar pada kolom dibawah ini.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.unliroom.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama