Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6 |Revisi 2018-2017

Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD/MI adalah pekerjaan awal pendidik mempersiapkan desain pembelajaran interaktif berdasarkan kelas masing-masing yang penggunaannya sangat penting dalam merancang Silabus K13 sesuai Revisi 2018 atau pun 2017

Lalu apa sebenarnya itu?

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) di Sekolah Dasar (SD) ialah bagian terpenting dalam merancang perangkat pembelajaran. Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD merupakan awal dari proses pengembangan kurikulum yang akan diterapkan didalam RPP Kurikulum 2013 satuan pendidikan sekolah dasar masing-masing.

Menganalisis dan mengidentifikasi kemampuan peserta didik dan situasi kondisi sekolah dasar (SD) sangat mempengaruhi Kompetensi Dasar apa yang akan digunakan oleh tiap-tiap sekolah. Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dijadikan sebagai acuan mendasar yang sesuai dengan pendidikan nasional dalam memulai proses pendidikan di sekolah.

Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD/MI sendiri mengacu kepada beberapa kemampuan dari materi pembelajaran yang akan/harus dicapai oleh peserta didik dari segi Pengetahuan dan Keterampilan setiap satuan mata pelajaran yang mereka pelajari dikelas.

Jika peserta didik dinyatakan lulus dalam suatu pelajaran, maka dapat diartikan bahwa peserta didik sudah memiliki kemampuan berdasarkan kompetensi dasar yang ditargetkan. Selanjutnya hasilnya akan di ubah menjadi bentuk penilaian sesuai dengan KKM Kurikulum 2013 SD/MI.

Bapak dan Ibu guru harus berhati-hati dalam menentukan Kompetensi Dasar dari setiap mata pelajaran SD yang akan dipelajari oleh peserta didik baik itu kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Perancangan Kompetensi Dasar (KD) merupakan langkah terpenting untuk melakukan analisis dengan bijaksana sesuai aspek sarana prasarana sekolah, sumber daya siswa, dan kondisi lingkungan sekitar.

Mengidentifikasi dan merancang Kompetensi Dasar dapat dilakukan secara mandiri oleh Bapak dan Ibu Guru, namun penetapannya harus disesuaikan dengan standar isi dari amanah pendidikan nasional.

Kompetensi Inti (KI) dijadikan sebagai pengikat antar mata pelajaran. Untuk Kurikulum 2013, Pemetaan KI Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2018 serta 2017 terdiri dari 4 macam kompetensi, yaitu
  1. Kompetensi Sikap (K1) : Menjalankan ajaran agama masing-masing.
  2. Kompetensi Spiritual (K2) : Berinteraksi dengan masyarat dengan menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli lingkungan dan lain-lain.
  3. Kompetensi Pengetahuan (K3) : Mampu memecahkan masalah dengan pengetahuan yang dimiliki.
  4. Kompetensi Keterampilan (K4) : Menciptakan suatu karya dengan menggunakan setiap aspek pengatahuan.

Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) di Sekolah Dasar (SD) dalam Kurikulum 2013 (K13) digambarkan sebagai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dicapai atau pun diraih siswa dalam setiap program-program pendidikan di Sekolah Dasar (SD).

Cara cepat merancang Pemetaan Kompetensi Dasar adalah dengan mengambilnya dari Silabus Kurikulum 2013 SD/MI yang telah Bapak dan Ibu Guru siapkan sebelumnya. Atau dapat langsung mendownloadnya melalui link tautan dibawah ini

Pemetaan KD Kelas 1 2 3 4 5 6 SD

Contoh Format Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2018 dan 2017

Berikut adalah beberapa contoh Pemetaan Kompetensi Dasar yang dapat di download secara gratis oleh Bapak dan Ibu Guru:


Selanjutnya apa?
Sekarang Anda pasti sudah memiliki format penyebaran dari kompetensi dasar kurikulum 2013 SD. Langkah selanjutnya harus dilakukan adalah merancang silabus pembelajaran untuk setiap tema yang akan dipelajari. Silahkan mendapatkan filenya di artikel Silabus K13 SD Semua Kelas Format 8 Kolom

Jika Anda punya pendapat berbeda atau pertanyaan mengenai Pemetaan KD Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, silahkan cantumkan dalam kolom komentar.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.unliroom.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama