Silabus Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2
Home SILABUS

Silabus Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

Download Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 bisa dijadikan buat perangkat pembelajaran sekolah Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai bahan ajar persiapan guru menciptakan kegiatan tatap muka.

Silabus Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 adalah komponen penting bertujuan menciptakan kegiatan belajar yang terorganisir dengan baik. Perangkat guru biasanya berisi rangkaian pelaksanaan prosedur pendidikan secara garis besar mencakup kompetensi dasar, indikator, topik pelajaran, kegiatan belajar, penilaian, alokasi waktu, dan bahan ajar.

Selain dari pada itu, Silabus Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2 bisa dijadikan sebagai bahan administrasi guru sebagai patokan mengembangkan cara mengajar yang lebih bagus kedepan.
Download Perangkat pembelajaran silabus matematika kelas 4

Format Silabus Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Mulanya guru akan merancang KD Matematika Kelas 4, kemudian akan dilanjutkan dengan membuat silabus. Berdasarkan pemetaan kompetensi dasar tersebut, anda bisa menempatkan setiap komponen dan indikator yang sesuai alokasi waktu yang tepat dengan perincian minggu efektif belajar.

Tentu saja, mengembangkan Silabus Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 secara berkelanjutan memerlukan waktu dan upaya, sehingga menghasilkan format perencanaan yang sesuai kondisi sekolah. Pada tahapan pengembangannya dimulai dari:
  • Menjabarkan ke RPP Matematika Kelas 4
  • Melaksanakan, mengevaluasi, dan menindak lanjuti secara pribadi oleh guru
  • Memperhatikan hasil evaluasi belajar, proses, dan evaluasi rencana pembelajaran


Bisa disimpulkan bawah Silabus Matematika SD Kelas 4 setiap sekolah itu berbeda-beda. Banyak aspek dapat mempengaruhinya, salah satu yang paling penting adalah kualitas siswa, guru, dan kondisi lingkungan sekolah. Bahkan sekolah yang dalam 1 kota sama, belum tentu memakai perencanaan sama.

Format unLiroom bagi tentu hanya sebatas referensi, dikarenakan silabus itu penting bisa menjawab pertanyaan pendidik yang kebingungan dalam mengajar. Pertanyaan tersebut seperti: apa saja kompetensi kompetensi dikuasai oleh siswa, bagaimana caranya agar siswa dapat mencapainya, dan bagaimana caranya mengetahui setiap pencapaian yang diperoleh peserta didik.

Format Silabus K13 Matematika Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 mengalami sedikit perubahan, terutama setelah berkembangnya kurikulum 2013, setelah munculnya revisi 2018. Dimana mengharuskan guru merancang perangkat pembelajaran menggunakan 8 kolom.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan format kolom tambahan pada silabus. Mewajibkan guru membuat perencanaan mendidik siswa agar berperilaku religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong.

Kegiatan pembelajaran juga harus diiringi dengan melatih keahlian siswa berliterasi serta pengayaan sains terkini abad 21. Mengasah kemampuan mereka membahas soal tantangan sehingga mampu memecahkan permasalahan kompleks berhubungan sehari-hari, tindakan kegiatan juga termasuk pengertian hots.

Kolom Silabus K13 Matematika Kelas 4 SD Revisi 2018 di bagian penilaian telah disesuaikan berdasarkan kompetensi inti yang dianjurkan kemdikbud. Terdapat 4 kategori penilaian pada semester 1 dan 2, yaitu spiritual, sikap sosial, aspek pengetahuan kognitif, dan keterampilan anak.

Lebih jelas bisa dilihat gambar format silabus berikut:
Format Silabus K13 Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2


Download Silabus Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2 K13 Revisi 2018

unLiroom menyimpan file Silabus K13 Matematika Kelas 4 menggunakan format .doc. Anda bisa langsung melakukan beberapa perbaikan jika terdapat beberapa komponen yang kurang berkenan terutama dibagian Indikator.

Untuk masalah teknik penilaian diajurkan melihat panduan dari buku guru matematika k13 revisi 2018 supaya lebih jelas. Jangan lupa like facebook dan follow unliroom via email supaya dapat update tiap hari.

Silahkan download contoh format administrasi guru melalui link button dibawah

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top