Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Home PEMETAAN KD

Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Silahkan download Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi secara gratis. Contoh format bisa menjadi referensi panduan merancang perangkat pembelajaran guru sebelum mengajar.

Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 diartikan sebagai proses tindakan merangkum berbagai aspek kompetensi inti kurikulum 2013 (K13) Revisi yang akan dijadikan sebagai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) siswa dalam menempuh jalur pendidikan.

Untuk mempermudah tugas guru menciptakan perangkat pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebenarnya sudah menerbitkan berbagai jenis panduan penerapan kurikulum 2013. Salah satunya adalah penyebaran Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Kompetensi Inti disebut juga KI adalah tingkat menunjukkan keahlian siswa agar dapat dinyatakan lulus/naik kelas selama mengikuti pembelajaran di kelas atau di sekolah. Menurut kurikulum 2013, KI dibagi menjadi 4 aspek dasar, yaitu:
  • Kompetensi Inti Sosial disingkat KI-1
  • Kompetensi Inti Spiritual disingkat KI-2
  • Kompetensi Inti Pengetahuan disingkat KI-3
  • Kompetensi Inti Keterampilan disingkat KI-4

KI kemudian akan dijabarkan lebih spesifik menjadi kompetensi dasar agar dapat menunjukkan karakteristik kemampuan siswa dengan memperhatikan kemampuan awal dan ciri-ciri dari mata pelajaran.
Download Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Format Pemetaan KI-KD Kelas 4 Semester 2 K13 Revisi

Supaya siswa mampu belajar lebih gampang dan mudah mengerti pelajaran. Pastinya guru memerlukan rencana sebelum mengajar di kelas. Menggunakan pendekatan tematik menjadi salah satu caranya.

Ini sesuai dengan buku mata pelajaran yang digunakan. Dalam kurikulum 2013 baik buku guru atau pun siswa telah menggunakan pendekatan tematik untuk menjadi pengikat setiap bidang studi. Oleh karena itu, Pemetaan KI-KD Kelas 4 Semester 2 Revisi yang mau di rancang harus memakai pemetaan tematik.

Format pemetaan kd kurikulum 2013 sd kelas 4 tahun ajaran semester 2 bisa dilihat pada gambar dibawah. Contoh format telah sesuai dengan buku panduan implementasi penerapan K13 yang diterbitkan oleh kemdikbud.
Download Pemetaan Kompetensi Dasar untuk digunakan di Kelas 4
Contoh Format Pemetaan KD Kurikulum 2013 (K13) Kelas 4 Semester 2
Dari gambar bisa dilihat bahwa Pemetaan Kompetensi Dasar yang digunakan tiap-tiap KD Mata Pelajaran disusun berdasarkan tema dan sub tema masing-masing. Anda juga dapat melakukan beberapa pengeditan atau penambahan KD untuk setiap pembelajaran.

Bidang studi yang tercakup di contoh Pemetaan KD K13 Kelas 4 Semester 2 terdiri dari: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia (BI), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), serta Seni Budaya  dan Prakarya (SBdP).

Download Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Pemetaan Kompetensi Dasar unLiroom bagikan buat kalian telah menggunakan format xls, jadi bapak dan ibu harus memakai microsoft excel untuk membuka serta mengedit perangkat pembelajaran ini.

Silahkan tekan button download untuk mendapatkan file Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 K13 Revisi. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.

Pemetaan KD
Kelas 4 Semester 2
Oleh unLiroom

Selanjutnya apa?
Setelah anda mendownload format pemetaan kompetensi dasar yang ada pada pembelajaran tematik kelas 4 lengkap selama 1 tahun. Sebaiknya anda juga harus merancang silabus. Silahkan download filenya di artikel berjudul: Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013.

Inilah pemetaan dari setiap target pembelajaran yang akan mau dicapai oleh peserta didik, sehingga bisa mereka naik ke kelas selanjutnya.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top