Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2 K13 Revisi 2018
Home PEMETAAN KD

Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2 K13 Revisi 2018

Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2 K13 Revisi 2018 adalah perangkat pembelajaran kurikulum 2013 yang pertama sekali dirancang oleh guru sehingga dapat mempersiapkan ke langkah selanjutnya membuat administrasi sekolah lainnya seperti Silabus K13.


Peran guru sebagai pendidik mempunyai banyak tugas dan tanggung jawab yang harus segera dipenuhi. Merancang Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2 merupakan salah satunya. Langkah ini bisa disebut sebagai awal mematangkan kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 di kelas yang di ampu.

Pemetaan KD berarti menyusun segala harapan-harapan kurikulum 2013 berdasarkan aspek pembelajaran yang akan diperoleh oleh peserta didik kelas 3 selama mengikuti proses pendidikan di semester 2 yang akan berlangsung. Kompetensi Dasar inilah menjadi landasan penentu mampu atau tidaknya anak SD untuk melanjutkan tingkat kelas lebih tinggi.

Dalam mencapai Standar Isi Kurikulum 2013 Revisi 2018. Sangat diperlukannya Pemetaan Kompetensi Dasar yang sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu. Proses mengajar anak SD yang berlangsung di kelas 3 semester 2 tiap-tiap mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Matematika, dan PJOK telah dirangkum menjadi satu kesatuan utuh diikat menggunakan tema tertentu.

Tujuan dari Pemetaan KD K13 Kelas 3 Semester 2 adalah untuk mengkategorikan perkembangan siswa-siswi dalam kurun waktu tertentu agar dapat dengan segera memperbaiki aspek kekurangan yang mereka miliki. Perbaikan ini dinamakan sebagai remedial ujian.
Download Pemetaan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2

Format unduh Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018

Kompetensi Dasar adalah turunan dari Kompetensi Inti yang berisi ciri khas pendidikan memperdalam pemahaman siswa menurut aspek sosial (KI-1), spiritual (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan keterampilan (KI-4).

Demi memperoleh gambaran secara keseluruhan secara umum kegiatan di kelas maka diperlukannya Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2. Perangkat administrasi disebut juga sebagai pemetaan tema. Dinamakan demikian disebabkan oleh kegiatan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik sebagai faktor penarik minat siswa untuk memenuhi kebutuhan siswa.

Menurut Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Bahwa terjadi beberapa perubahan sedikit tentang format pembuatan Pemetaan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2 (Anda dapat mencari modulnya sendiri di internet). Yaitu dapat dilihat gambar berikut:
Download kompetensi dasar untuk kelas 3 semester 2
Contoh Format Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2 K13

Download Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Adapun Pemetaan Kompetensi Dasar K13 Revisi 2018 Kelas 3 Semester 2 unLiroom bagikan terdiri dari 4 aspek kompetensi inti, yaitu:
  1. Kompetensi Inti-1 untuk Kompetensi Inti sikap spiritual (KI-1)
  2. Kompetensi Inti-2 untuk Kompetensi Inti sikap sosial (KI-2)
  3. Kompetensi Inti-3 untuk Kompetensi Inti pengetahuan (KI-3)
  4. Kompetensi Inti-4 untuk Kompetensi Inti keterampilan (KI-4)

Pada Pemetaan KI-1 kompetensi inti aspek spiritual terdapat pada mata pelajaran agama yang dirancang oleh guru agama bersangkutan. Sedangkan Pemetaan KI-2 kompetensi inti sosial berada pada bidang studi pendidikan kewarganegaraan (PKn).

Untuk file Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 disimpan format .xls (dokumen excel). Jika ingin mendownloadnya tinggal klik button dibawah. Semoga bermanfaat, sekian dari unLiroom. Terima Kasih.

Pemetaan KI-KD
Kelas 3 Semester 2
Oleh unLiroom

Selanjutnya apa?
Anda pasti sudah mengetahui dan memetakan setiap kompetensi dasar yang akan dipelajari siswa untuk satu tahun pembelajaran. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah merancang silabus pembelajaran. Silahkan kunjungi artikel Silabus Kelas 3 Kurikulum 2013 untuk mendownload setiap filenya.

Jika anda mempunyai pendapat  dan juga pertanyaan yang mau disampaikan, silahkan cantumkan komentar di kolom dibawah ini.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top