Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 & 2017

Mengevaluasi pembelajaran merupakan salah satu dari sekian banyak tugas guru. Memberikan penilaian tepat terhadap pengaruh belajar yang diperoleh oleh siswa. Tapi sebelum anda bisa menilai siswa, guru harus menyusun terlebih dahulu apa saja kompetensi yang akan dinilai.

Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 adalah Proses menguraikan aspek kemampuan yang dijadikan target pembelajaran kurikulum 2013 Revisi 2018 & 2017 berupa spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Sehingga selama perencanaan kegiatan belajar semester genap dapat menunjukkan apa saja kompetensi diperoleh siswa kelas 2 nantinya.

KD Kelas 2 kemudian akan dijabarkan menjadi komponen-komponen Indikator untuk tahun ajaran Semester 2. Langkah selanjutnya adalah mentransfer indikator tersebut menjadi suatu tujuan pembelajaran. Sehingga guru bisa membuat perencanaan yang tepat terhadap setiap kompetensi tersebut, bagaimana caranya agar bisa dicapai oleh siswa.

Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013

Format Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 K13 Revisi 2017-2018

Menyusun KD Kelas 2 Semester 2 adalah langkah pertama guru lakukan untuk merancang perangkat pembelajaran. Anda bisa mengetahui berbagai kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran dengan cara membedah buku yang sedang digunakan. Sebab pada buku tematik kurikulum 2013 sudah tercantum setiap KD tersebut.

Untuk menciptakan sebuah Pemetaan KI-KD K13 Kelas 2 SD Revisi 2017 atau 2018 diperlukan komponen-komponen seperti dibawah ini:
  • Judul, berupa Pemetaan KI-3 Aspek Pengetahuan atau Aspek Keterampilan (KI-4) Semester 2
  • Identitas sekolah, berupa nama satuan pendidikan, kelas/semester, muatan pelajaran, dan tahun ajar.
  • Tabel Pemetaan Kompetensi Dasar KD untuk Kelas 2 Semester 2 K13
  • Terakhir tanda tangan Kepala UPT SD dan guru bersangkutan
Download Kompetensi Dasar untuk Kelas 2 Tahun Ajaran Semester 2 (genap) Kurikulum 2013
Contoh Format Pemetaan KI-KD KI-3 Pengetahuan

Kompetensi dijadikan sebagai bahan tolak ukur pencapaian peserta didik dalam mengikuti pendidikan di jalur formal sekolah dasar (SD). Pencapaian tidak sebatas segi pengetahuan dan keterampilan. Namun mengandung pendalaman karakter.

Terdapat 5 karakter utama terdapat dalam Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 yaitu: Nilai Religius, mencerminkan keimanan sama Tuhan Yang Maha Esa. Nilai Nasionalisme, sikap menghormati pancasila, bhineka tunggal ika, cinta tanah air, dan kebangsaan. Nilai Mandiri: percaya diri, tangguh, kreatif, dan inovatif. Nilai Gotong-royong, diantaranya bersikap tangguh, suka kebersihan, dan toleransi. Nilai Integritas, seperti: sopan santun, teladan, tepat janji, dll.

Download Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013

Dokumen Pemetaan KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan) tingkat satuan pendidikan Kelas 2 disimpan dalam format excel. Setelah selesai mendownload dianjurkan Anda mengedit beberapa bagian. Adapun kompetensi dasar unLiroom bagi, setiap kompetensinya telah sesuai dengan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 SD Revisi 2018 dan 2017 Terbaru.

Kompetensi Dasar pembelajaran tematik telah dipadukan melalui integrasi karakter anak didik SD menggunakan kegiatan kelas berbasis PPK, 4C, Literasi, dan HOTS.

Untuk mengunduh file KD Kelas 2 Semester 2, silahkan tekan button dibawah

Pemetaan KI-KD
Kelas 2 Semester 2
Oleh unLiroom

Selanjutnya apa?
Anda pasti sudah tahu apa-apa saja kompetensi dasar capaian yang mau dijadikan sebagai target anak didik anda. Langkah terpenting selanjutnya dalam menyusun perangkat pembelajaran adalah membuat Silabus. Jika ingin mendownload filenya anda bisa melihatnya di artikel Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013.

Silahkan berikan komentar kalau anda mempunyai pertanyaan yang membingungkan mengenai pemetaan kompetensi dasar untuk kelas 2.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.unliroom.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama