Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Home PEMETAAN KD

Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download Pemetaan KD Matematika Kelas 4 K13 Revisi 2018 untuk Semester 1 dan 2, semoga contoh format unLiroom bagikan bisa menjadi perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi yang anda gunakan.

Kompetensi merupakan tolak ukur Standar Kelulusan (SKL), pada kurikulum 2013 terbagi menjadi 2 macam, yaitu:
  1. Kompetensi Inti, terdiri dari: Kompetensi sosial, spiritual, pengetahuan, dan keterampilan
  2. Kompetensi Dasar disingkat dengan KD

Pemetaan KD Matematika Kelas 4 adalah tonggak awal guru untuk merancang kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2018. Jika Anda memakai bahan ajar Buku K13 versi kemdikbud. Maka didalam buku guru bisa dilihat berbagai Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dijadikan sebagai standar siswa dinyatakan lulus belajar agar naik ke tingkat selanjutnya.

Format Pemetaan KI-KD Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Sesuai Permendikbud tahun 2016 Nomor 24, untuk kelas 4 memiliki empat KI. Kompetensi sikap spiritual dan sosial, diterapkan untuk mengembangkan karakter kepribadian siswa menjadi berbudi luhur selama pelaksanaannya lebih mengutamakan ke pelajaran PKn dan Agama.

Dalam Pelajaran Matematika Kelas 4 K13 Revisi 2018 penyebaran KI (Kompetensi Inti) mencakup 2 aspek yang dapat dinilai serta di observasi, yaitu aspek kognitif dalam bentuk pengetahuan (bagian KI-3), dan aspek psikomotor seperti keterampilan (bagian KI-4)

Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 adalah turunan dari KI tersebut. Kompetensi Dasar menjadi bagian dari konten yang harus dipahami oleh siswa. Jika tidak mereka kuasai, maka tidak akan lulus. Artinya siswa dikatakan tidak kompeten.

Kompetensi Dasar Matematika Kelas 4 Revisi 2018 harus dikembangkan berdasarkan berbagai jenis peristiwa kegiatan pembelajaran yang integratif. Ada pun KI-1 dan KI-2 diterapkan secara tidak langsung. Sedangkan untuk KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan dapat dikembangkan menggunakan pembelajaran langsung (direct learning) agar menghasilkan keseimbangan antara hard skills dan soft skills pencapaian peserta didik kelas 4.

Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 selanjutnya akan dikembangkan lagi menjadi bentuk-bentuk indikator pembelajaran. Tahap ini, lebih memperhatikan kemampuan awal, karakteristik yang dimiliki peserta didik kelas 4, dan ciri khas mata pelajaran matematika.

Menggunakan cara-cara tersebut, kurikulum 2013 mengharapkan bahwa guru dapat merancang pembelajaran yang lebih terorganisir. Pelaksanaannya mampu merangkai matematika menjadi lebih sederhana untuk dipelajari oleh anak kelas 4 SD. Mengubah konsep pelajaran dari sederhana menuju kompleks.
Download Kompetensi Dasar Pelajaran Matematika Kelas 4 K13

Download Pemetaan KD Matematika Kelas 4 K13 Revisi 2018

Jika ingin mendownload file Pemetaan KI-KD Kurikulum 2013 hanya tinggal klik button berikut. Adapun dokumen tersimpan memakai format xls, perlu microsoft excel supaya bisa melakukan beberapa perbaikan (mengedit).

Pemetaan KI-KD Kurikulum 2013 Matematika Kelas 4 Semester 1

Terdiri dari 3 topik pelajaran:
  • Pecahan, ruang lingkup: Pecahan senilai, Bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, persen), dan Taksiran hasil pengoperasian dua bilangan pecahan 
  • FPB dan KPK, ruang lingkup: Faktor dan kelipatan, Bilangan prima, dan FPB dan KPK
  • Aproksimasi, Sub topik: Pembulatan hasil pengukuran kesatuan, puluhan atau ke ratusan terdekat.

Pemetaan Kompetensi Dasar
Kelas 4 Semester 1


Pemetaan KI-KD Kurikulum 2013 Matematika Kelas 4 Semester 2

Terbagi menjadi 3 ruang lingkup pelajaran:
  • Bangun Datar, dengan sub topik: Segi Banyak (beraturan dan tak beraturan), Keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang, segitiga), dan Hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit)
  • Statistika, dengan sub topik: Data dan pengukuran (diagram batang)
  • Pengukuran Sudut, dengan sub topik: Pengurukan sudut dengan busur derajat

Pemetaan Kompetensi Dasar
Kelas 4 Semester 2

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top