Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Home PEMETAAN KD

Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

KD Matematika Kelas 4 Semester 2 adalah kumpulan dari kompetensi dasar yang dijadikan sebagai penentu kemampuan diperoleh oleh siswa setelah mengikuti pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2018

KD Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 adalah standar kompetensi menunjukkan keahlian yang harus diterima oleh anak SD sehingga bisa ditampilkan untuk dinyatakan naik kelas ke tingkat selanjutnya dalam menempuh pendidikan formal.

Kompetensi Pelajaran Matematika untuk kelas 4 di tahun ajaran semester 2 terbagi menjadi empat kategori yang harus siswa miliki. Dari segi sikap sosial, spiritual, pengetahuan, serta keterampilan memecahkan masalah berkaitan kehidupan sehari-hari.
Download Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 2

Format Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Langkah awal guru merancang perangkat pembelajaran matematika dimulai dari membuat pemetaan kompetensi dasar mata pelajaran. KD yang akan anda kembangkan perlu memperhatikan karakteristik peserta didik di sekolah. Artinya KD tersebut dapat beradaptasi sesuai kebutuhan menurut pengalaman dan pemikiran guru sendiri.

Pengembangan kompetensi dasar matematika kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 dilakukan pada pemilihan indikator yang tepat. Indikator ialah potensi kemampuan siswa memahami materi pelajaran dapat dinilai serta di observasi.

KD bisa dikatakan sebagai penurunan dari KI (Kompetensi Inti) yang berfungsi pengikat kompetensi dasar topik/konten mata pelajaran matematika sehingga jenjang penerapan kurikulum 2013 revisi 2018 lebih tersusun atau terorganisir dengan baik. Tujuan pembelajaran setiap pertemuan bisa berkaitan satu dengan yang lainnya.

KD Matematika Kelas 4 Semester 2 unLiroom bagi diakhir artikel berasal dari bahan ajar buku Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang paling baru terbit. Komponen yang terkandung dalam format pemetaan adalah:
  • Identitas sekolah
  • Mata Pelajaran
  • Ruang Lingkup
  • KI-3 dan KI-4
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator
  • Alokasi Waktu
Lihat format pemetaan kompetensi dasar pelajaran matematika untuk digunakan di kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
Format KD Matematika Kelas 4 Semester 2

Download Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 2 K13 Revisi 2018

File kompetensi dasar pelajaran matematika untuk kelas 4 di semester 2 disimpan memakai format xls. Mengharuskan anda membukanya melalui perangkat microsoft excel. Bisa langsung di print atau pun di edit jika terdapat beberapa bagian yang anda rasa kurang tepat.

Topik materi pokok matematika yang termasuk dalam Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 adalah:

Bangun Datar
Pada Bab ini, guru akan mengajarkan topik materi tentang bangun datar yang memakan waktu sebanyak 50 pertemuan (@2 x 35 menit) dengan rincian setiap ruang lingkup:
  • Segi Banyak (beraturan dan tak beraturan)
  • Keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang, segitiga)
  • Hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit)

Statistika
Pada Bab selanjutnya, guru menjelaskan materi tentang statistika dilakukan 22 pertemuan, rincian topik matematika adalah:
  • Data dan pengukuran (diagram batang)

Pengukuran Sudut
Di bab terakhir, guru mengajarkan topik materi matematika pengukuran sudut. Alokasi waktu sewajarnya diterapkan menghabiskan 14 pertemuan tatap muka, masing-masing 1 pertemuan memakan waktu 2 x 35 menit.
  • Pengukuran sudut dengan busur derajat


Silahkan download file perangkat pembelajaran pemetaan kompetensi dasar matematika kelas 4 semester 2 melalui link button dibawah.

Pemetaan KD
Kelas 4 Semester 2

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top