Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019
Home news

Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dalam Surat Nomor B/1007 /S.SM.01.00/2019 mengenai perihal Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan rekrutmen CPNS Tahun 2019 dapat dilihat di tabel dibawah ini

No Tahap Kegiatan 2019 2020
Oktober November Desember Januari Februari Maret April
1 Pengumuman
2 Pendaftaran
3 Pengumuman Hasil Seleksi
4 Masa Sanggah
5 Pengumuman Jadwal SKD
6 Pelaksanaan SKD
7 Pengumuman Hasil SKD
8 Pelaksanaan SKB
9 Integrasi Nilai SKD & SKB
10 Penetapan NIP dan Pengangkatan
Sebagai CPNS

Adapun isi dari surat pelaksanaan jadwal CPNS 2019 yang ditanda tangani oleh Dwi Wahyu Atmaji sebagai Sekretaris Kementerian PANRB adalah sebagai berikut:

Menindaklanjuti Keputusan Menteri PANRB Nomor 82 Tahun 2019 tentang Perubahan Penetapan dan Pelaksanaan Seleksi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019, dan memperhatikan usulan kebutuhan informasi yang disampaikan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah melalui sistem elektronik (e-Formasi) sebagian besar perlu penyesuaian dengan Surat Menteri PANRB Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tanggal 17 Mei 2019 sehingga membutuhkan waktu pengolahan yang relatif lama. Oleh karena ltu, pelaksanaan seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang semula direncanakan selesai pada tahun 2019. baru dapat dimulai Bulan Oktober 2019 (jadwal lerlampir).

Perubahan jadwal tersebut telah disepakati dalam rapat di Kementerian PANRB tanggal 30 September 2019 yang dihadiri unsur dari Kementerian PANRB, Kementerian Keuangan (Ditjen Anggaran. Ditjen Perimbangan Keuangan, dan Ditjen Perbendaharaan). Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, BKN. BPKP. Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur. 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, bersama ini kami sampaikan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah termasuk BKN, khususnya yang berkaitan dengan penganggaran untuk pelaksanaan seleksi CPNS formasi tahun 2019 sebagai berikut: 

1. Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah
Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah segera menyiapkan alokasi anggaran yang dibutuhkan dalam tahun 2019 dan 2020, untuk:
a. Pelaksanaan seleksi CPNS mulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKO), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), termasuk integrasi nilai SKD dan SKB.
b. Penyediaan infrastruktur pendukung pelaksanaan seleksi CPNS antara lain tempat/gedung, client computer (mandiri), jaringan komputer dan internet, gensel serta sarana dan prasarana pendukung lainnya (hal,hal lain yang diperlukan dapat dikonsultasikan dengan BKN).
c. Pelaksanaan seleksi sebagaimana huruf a bekerjasama dengan Sadan Kepegawaian Negara.
d. Melakukan penyesuaian kebutuhan anggaran yang prioritas dalam tahun anggaran 2020.

2. Badan Kepegawaian Negara (BKN)
a. Menyusun rencana kebutuhan anggaran dalam rangka penyediaan infrastruktur antara lain: Server, sarana pendukung lainnya, serta biaya operasional pelaksanaan seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT).
b. Menyampaikan kebutuhan anggaran dimaksud huruf a kepada Menteri Keuangan u.p. Direktur Jenderal Anggaran.
c. Segera berkoordinasi dengan Kementerian/lembaga/Pemerintah Daerah dalam rangka persiapan pelaksanaan seleksi CPNS.
d. Memfasilitasi pelaksanaan seleksi CPNS pada Kementerian/lembaga/ Pemerintah Daerah.

3. Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah memastikan ketersediaan alokasi anggaran dalam rangka pelaksanaan seleksi CPNS 2019. mengingat pelaksanaan seleksi CPNS dllakukan pada awal Tahun Anggaran 2020. Untuk itu, diharapkan masing-masing Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah segera berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. Khusus untuk Pemerintah Daerah agar berkoordinasi pula dengan Kementerian Dalam Negeri.

4. Perlu kami informasikan pula bahwa pada tahun anggaran 2020 akan dilaksanakan rekrutmen dan seleksi ASN yang penetapan formasinya paling cepat Bulan Juli Tahun 2020.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

a.n Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi
Sekretaris Kementerian PANRB

dto
Dwi Wahyu Atmaji


LAMPIRAN Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019

Berikut adalah format kegiatan akan dilakukan selama rekrutmen CPNS 2019
Tahapan Kegiatan Jadwal Rekrutmen CPNS 2019

Sekian informasi yang dapat unLiroom bagikan kepada anda semua tentang Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019. Semoga bermanfaat agar dapat mempersiapkan diri mengikuti jadwal CPNS 2019. Terus belajar, semoga dapat lulus nantinya. Good Luck!!

Jadwal Seleksi CPNS 2019
File Pdf by menpan.go.id

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top