Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Model, Desain| Pembelajaran
Home Model Pembelajaran

Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Model, Desain| Pembelajaran

Berikut adalah pengertian berbagai istilah kompetensi pedagodik seorang guru
Pada era sekarang ini, belajar sudah menjadi kebutuhan primer yang harus segera dipenuhi. Kualitas pembelajaran sangat berkaitan erat dengan profesionalitas dan peran guru dalam mengajar peserta didik.

Sebagai ujung tombak pendidikan, guru harus mempunyai kompetensi yang dibutuhkan disebut pedagogik berisi pengetahuan mengenai pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, model, dan desain pembelajaran.

Pengertian Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran adalah sudut pandang umum yang akan dilakukan dalam pembelajaran

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginpirasi, menguatkan, dan melatar belakangi metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.

Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
  1. Berpusat pada siswa (student centered approach)
  2. Berpusat pada guru (techer centered approach)

Pengertian Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran merupakan turunan dari pendekatan pembelajaran. Melalui pendekatan pembelajaran dilakukan, maka akan diperoleh strategi pembelajaran yang tepat untuk siswa.

Kemp dalam Wina Sanjaya mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Strategi pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan guru dan siswa

Selanjutnya, mengutip dari pemikiran menurut J. R. David dalam Wina Sanjaya menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.

Menurut Rowntree dalam Wina Sanjaya pembelajaran berdasarkan strategi diterapkannya terdiri dari 2 jenis:
  1. Exposition-discovery learning
  2. Group-individual learning


Sedangkan jika ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi induktif dan strategi pembelajaran deduktif.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu.

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran adalah cara guru menerapkan RPP

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:
  1. Ceramah
  2. Demontrasi
  3. Diskusi
  4. Simulasi
  5. Laboratorium
  6. Pengalaman lapangan
  7. Brainstorming
  8. Debat
  9. Simposium


Pengertian Teknik Pembelajaran

Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam menerapkan suatu metode secara spesifik.

Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah peserta didik yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah peserta didik terbatas.

Teknik pembelajaran adalah cara pendidik menerapkan metode pembelajaran

Demikian pula, dengan menggunakan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda dengan pada kelas yang peserta didik tergolong aktif dengan kelas yang siswa tergolong pasif.

Disimpulkan, bahwa seorang guru walaupun menggunakan metode pembelajaran yang sama dapat menerapkan teknik berbeda

Pengertian Taktik Pembelajaran 

Taktik pembelajaran gaya individual seorang guru dalam menerapkan teknik dan metode pembelajaran yang digunakan. Misalkan, terdapat dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam menggunakan taktik pembelajaran.

Taktik Pembelajaran adalah gaya guru menerangkan pembelajaran

Saat melakukan ceramah, ada guru yang cenderung menggunakan beberapa humor saat mengajar, hal ini terjadi karena guru itu memiliki selera humor yang tinggi. Namun ada juga guru yang lebih mahir dalam mahir teknologi, maka saat ceramah guru dilakukan menggunakan laptop, LCD, dan Slide presentasi.

Dari gaya pembelajaran tersebut dibandingkan, bahwa guru memiliki beberapa ciri khas masing-masing, sesuai dengan kemampuan, pengalaman dan tipe kepribadian dari guru yang bersangkutan. Dalam taktik ini, pembelajaran akan menjadi sebuah ilmu sekaligus juga seni (kiat).

Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran terbentuk apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik pembelajaran sudah dibingkai menjadi satu kesatuan yang utuh. Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang menjadi gambaran awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Salah satu contoh model yang sering digunakan adalah pembelajaran kooperatif.

Model pembelajaran adalah pola umum perilaku pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Model pembelajaran yang diberikan hendaknya sesuai dengan tema yang sedang atau akan diajarkan.

Model Pembelajaran adalah gambaran kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir

Model pembelajaran dalam penerapannya dengan materi pelajaran harus sesuai, harus terdapat interaksi yang baik dengan guru, siswa, materi, situasi dan kondisi serta kesesuaian. Model pembelajaran dapat bermanfaat bagi guru untuk memperoleh informasi spesifik seperti ide, cara berpikir, cara menyalurkan ide dari peserta didik.

Model pembelajaran berfungsi pula sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan bagi para guru dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Untuk lebih jelasnya, posisi hirarkis dari masing-masing istilah tersebut dapat divisualisasikan sebagai berikut:

model pembelajaran adalah lapisan luar yang menjadi bungkus pembelajaran

Pengertian Desain Pembelajaran 

Desain Pembelajaran adalah cara yang dilakukan pendidik dalam membuat rencana belajar setelah ditetapkan strategi pembelajaran.

Misalkan seperti membuat rumah, strategi membicarakan tentang berbagai kemungkinan tipe atau jenis rumah yang hendak dibangun (rumah jogglo, rumah gadang, rumah modern, dan sebagainya), masing-masing akan menampilkan kesan dan pesan yang berbeda dan unik.

Desain Pembelajaran adalah cara merencanakan pembelajaran setelah strategi ditetapkan

Sedangkan desain adalah menetapkan cetak biru (blue print) rumah yang akan dibangun beserta bahan-bahan yang diperlukan dan urutan-urutan langkah konstruksinya, maupun kriteria penyelesaiannya, mulai dari tahap awal sampai dengan tahap akhir, setelah ditetapkan tipe rumah yang akan dibangun.

Bisa disimpulkan, dalam dunia pendidikan Desain Pembelajaran adalah Rancangan pembelajaran awal yang dijadikan sebagai peningkat kualitas mengajar dimulai dari kondisi siswa secara kognitif, psikomotor, afektif, pembuatan tujuan, strategi, media dan evaluasi pembelajaran.

Baca juga :

to Top