7+ Kegiatan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas
Home KURIKULUM 2013 / Model Pembelajaran

7+ Kegiatan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas

Kegiatan Pembelajaran adalah Interaksi timbal balik melalui aktivitas antara siswa yang belajar dengan guru sebagai pengajar supaya terjadinya perubahan dalam diri siswa menjadi lebih baik.

Indonesia telah menggunakan Kurikulum 2013 Revisi sebagai landasan pendidikan bangsa. Selama prosesnya diharapkan menghasilkan siswa mencapai kompetensi sikap dan spiritual, pengetahuan dan terakhir keterampilan.

Mencapai tujuan kegiatan pembelajaran mewajibkan guru berupaya menguras pikiran dalam memilih pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, model, dan desain pembelajaran yang tepat digunakan.

Banyak guru lebih dominan selama pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Siswa membuktikan sendiri secara ilmiah kebenaran dari konsep pembelajaran K13 tersebut.

Melaksanakan aktivitas belajar siswa dengan kegiatan 5M yaitu: mencoba, mengamati, menalar, menanya, dan mengkomunikasikan. Guru meyakini tindakan ini mampu mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa.

Jadi, dalam kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013. Guru berperan sebagai pengajar dan pendidik untuk menghasilkan generasi emas yang bukan hanya pintar, tetapi mampu berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah secara kritis dan siswa berkarakter akhlak mulia.

Lalu apa saja aktivitas dari serangkaian pembelajaran Kurikulum 2013 yang terjadi selama proses belajar mengajar berlangsung?
Kegiatan pembelajaran adalah upaya guru menciptakan siswa sesuai tujuan kurikulum 2013

Ayo Mengamati

Kegiatan Merangsang Rasa Ingin Tahu Siswa

Selama Kegiatan Pembelajaran terjadi. Guru melalui pendekatan saintifik, akan meminta siswa secara berkelompok untuk mengamati dengan indra (membaca efektif, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat.

Model pembelajaran kooperatif dapat dijadikan sebagai referensi bagi para guru semua. Kooperatif adalah kegiatan belajar mengajar yang mengharuskan siswa secara berkelompok memecahkan permasalahan topik pelajaran kurikulum 2013 yang diberikan oleh guru.

Keunggulan pembelajaran Kurikulum 2013 "Ayo Mengamati" adalah siswa merasa tertarik untuk belajar hal-hal baru disebabkan dia terlibat langsung dalam memperoleh pengetahuan.

Ayo Menanya

Siswa Menjadi Lebih Paham Terhadap Materi Pembelajaran
Guru meminta siswa secara individual untuk membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi berkaitan dengan pembelajaran Kurikulum 2013.

Aktivitas Pembelajaran ini menciptakan situasi dimana siswa menanamkan sikap percaya diri untuk tampil di depan teman sekelasnya.

Ayo Menalar

Siswa Mampu Menghubungkan Keterkaitan Kegiatan Pembelajaran
Guru meminta siswa secara individual di kelas pada kegiatan pembelajaran untuk mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan.

Pelaksanaan pembelajaran "menalar" berkaitan dengan tujuan kurikulum 2013, dimana siswa merasa terpancing untuk berpikir tingkat tinggi secara kritis menggunakan pemahaman konsep yang didapat berdasarkan hasil pengamatan langsung di kelas.

Ayo Mencoba

Pembelajaran K13: Memberikan Pengalaman Baru Siswa
Adapun beberapa kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 dilakukan oleh siswa adalah: mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak, melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari narasumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/ mengembangkan.

Tujuan tindakan guru dalam kegiatan pembelajaran "ayo mencoba" adalah agar siswa mendapatkan pengalaman belajar baru, merasa tertarik untuk mencobanya. Sehingga suasana menyenangkan dalam diri siswa dapat tercipta secara natural.

Ayo Merangkum

Kegiatan Meringkas Membantu Siswa Memahami Secara Cepat Pelajaran
Guru meminta siswa secara individual untuk membuat rangkuman sesuai dengan pemahamannya sendiri, kemudian dibandingkan dengan cara membaca rangkuman yang ada di buku siswa. Selanjutnya, siswa membuat rangkuman kegiatan pembelajaran dengan kalimat sendiri di buku tulis.

Biasanya siswa akan merasa bosan jika mempelajari topik pelajaran yang tergolong banyak. Membuat rangkuman pembelajaran menjadi alternatif pemecah masalah tersebut. Merangsang pola pikir siswa dalam memahami buku pelajaran kurikulum 2013 dengan cepat dan tepat melalui kegiatan meringkas.

Ayo Mengomunikasikan

Siswa terbiasa mengemukakan ide
Guru meminta siswa secara berkelompok untuk menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan meliputi proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan setelah berakhirnya kegiatan pembelajaran kurikulum 2013.

Proses belajar mengajar yang terjadi dalam kegiatan ini memberikan manfaat bagi siswa untuk membiasakan diri berkomunikasi dengan teman sebaya dan juga kepada guru. Terjadinya umpan balik pembelajaran dikelas, dapat membantu guru melakukan penilaian terhadap siswa secara tepat dan akurat.

Tugas Proyek

Kegiatan Pembelajaran Mengembangkan Rasa Tanggung Jawab Siswa
Guru meminta siswa secara berkelompok untuk mengerjakan proyek yang diberikan terkait dengan pembelajaran Kurikulum 2013 dengan menyajikan laporan dalam bentuk laporan tertulis; dan menyajikannya secara lisan.

Model pembelajaran dapat menggunakan Project Based Learning. Siswa ditantang dengan memberikan masalah sehingga dapat dipecahkan melalui kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa.

Selain dari pada itu, siswa merasa terdorong untuk menyelesaikan tanggung jawab untuk mencari pengalaman baru dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

Baca juga :

to Top