Model Pembelajaran NHT (Number Head Together)
Home Model Pembelajaran

Model Pembelajaran NHT (Number Head Together)

NHT (Number Head Together) - Kurangnya inovasi maupun variasi model pembelajaran yang digunakan, pengajaran dikelas cenderung berpusat pada guru, keterbatasan mengembangkan media dan bahan ajar dalam kegiatan mengajar, serta kurang memerhatikannya siswa saat belajar, sehingga siswa cenderung gaduh saat pembelajaran berlangsung dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi.

Oleh karena itu, perlunya perubahan peran guru dalam menggunakan model pembelajaran yang tepat saat melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT menjadi salah satu jawaban dapat digunakan.

Model pembelajaran kooperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksi konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri, agar dalam kelompok kohesif, tiap anggota kelompok terdiri dari 4-5 orang, siswa heterogen (kemampuan, gender, karakter), ada kontrol dan fasilitas, dan meminta tanggungjawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.

Model Pembelajaran NHT (Number Head Together) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif dapat dijadikan sebagai alternatif pemecah masalah meningkatkan kualitas pengajaran di kelas. Lalu apa sebenarnya NHT tersebut? dapat dilihat dibawah ini.
NHT adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif

Pengertian Model Pembelajaran NHT

Model pembelajaran kooperatif tipe numered head together (NHT) adalah jenis pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam penguatan pemahaman materi pelajaran serta untuk melatih siswa agar mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, karena dalam kegiatan pembelajaran siswa harus saling berkerjasama mengeluarkan ide, perasaan, dan pemikirannya kepada anggota kelompoknya.

Dalam model pembelajarn Number Head Together (NHT) ini siswa diberikan kesempatan untuk saling berbagi ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Number Head Together (NHT) ini juga mendorong siswa untuk lebih meningkatkan semangat kerjasama dalam kegiatan belajar mengajar.

Number Head Together (NHT) merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif stuktural, yang menekankan pada struktur. Struktur khusus ini di rancang untuk mempengaruhi pola pikir siswa sehingga siswa akan lebih aktif dan mampu meningkatkan penguasaan akademiknya.

Tujuan dari NHT adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat untuk meningkatkan kerjasama siswa, sehingga elemen pembelajaran kooperatif dapat tercapai.

Langkah-langkah Menerapkan NHT (Number Head Together) di Kelas

Adapun tahapan dari langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat menerapkan Model Pembelajaran NHT dengan baik selama proses belajar mengajar adalah:
  • Langkah ke-1: Penomoran
Kegiatan ini diawali dengan membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 5 orang siswa dan setiap anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 5.
  • Langkah ke-2: Mengajukan Pertanyaan
  1. Menjelaskan materi secara sederhana
  2. Mengajukan pertanyaan
  • Langkah ke-3: Berfikir Bersama
  1. Pada langkah ini siswa memikirkan pertanyaan yang akan diajukan oleh guru.
  2. Menyatukan pendapat dengan jalan mengerjakan LKS di bawah bimbingan guru dan memastikan bahwa setiap anggota kelompoknya sudah mengetahui jawabannya.
  • Langkah ke-4: Pemberian Jawaban
  1. Pada langkah ini guru memanggil salah satu nomor kelompok secara acak.
  2. Siswa yang disebut nomornya dalam kelompok yang bersangkutan mengacungkan tangannya.
  3. Mencoba menjawab untuk seluruh kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain.
  4. Jika jawaban dari hasil diskusi kelas sudah dianggap benar, siswa diberi kesempatan untuk mencacat dan apabila jawaban masih salah, guru akan mengarahkan.
  • Langkah ke-5: Pemberian Reward/Penghargaan
Guru memberi penghargaan pada kelompok melalui skor penghargaan berdasarkan perolehan nilai belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya.

Tahapan Menggunakan NHT Menurut Para Ahli

Menurut Huda (2014: 203) tahapan pelaksaan NHT pada hakikatnya hampir sama dengan diskusi kelompok, yang langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok.
  2. Masing-masing siswa dalam kelompok diberi nomor.
  3. Guru memberi tugas/ pernyataan pada masing-masing kelompok untuk mengerjakannya.
  4. Setiap kelompok mulai berdiskusi untuk menemukan jawaban yang dianggap paling tepat dan memastikan semua anggota kelompok mengetahui jawaban.
  5. Guru memanggil salah satu nomor secara acak.
  6. Siswa dengan nomor yang dipanggil mempresentasikan jawaban dari hasil diskusi kelompok mereka.

Menurut Shoimin (2014: 108) pelaksanaan model NHT sebagai berikut.
  1. Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor. 
  2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
  3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan mengetahui jawabannya dengan baik.
  4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil keluar dari kelompoknya melaporkan atau menjelaskan hasil kerja sama mereka.
  5. Tanggapan dengan teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
  6. Kesimpulan.

Tahapan pembelajan Number Head Together (NHT) menurut Lestari, E dan Yudhanegara, R (2015: 44) ada beberapa tahan yaitu sebagai berikut:
  1. Numbering: Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok heterogen yang beranggotakan 4-5 siswa. Masing-masing anggota kelompok diberi nomor yang berbeda.
  2. Questioning: Guru mengajukan pertanyaan atau masalah kepada siswa.
  3. Head Together: Siswa berpikir secara bersama dalam kelompok untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan dan memastikan bahwa setiap anggota kelompoknya memahami dan dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
  4. Call Out: Guru memanggil satu nomor secara acak.
  5. Answering: Siswa mengangkat tangan ketika nomor disebutkan oleh guru, kemudian mewakili kelompoknya memberikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh guru.

Tahapan penerapan Number Head Together (NHT) tak lain di jelaskan oleh (Haydon, dkk:2010: 224) sebagai berikut: 
  1. Guru menetapkan siswa dalam kelompok kecil (4 anggota), kelompok belajar heterogen 
  2. Meminta mereka untuk mimiliki nomor sendiri dari 1 sampai 4.
  3. Pertanyaan langsung ke seluruh kelas, dan memberitahu siswa untuk menempatkan nomor kepala mereka bersama-sama.
  4. Memastikan bahwa setiap orang dalam tim tahu jawaban.
  5. Kelompok yang kemudian diberikan 20-30 menit untuk membahas pertanyaan dan memastikan bahwa semua anggota tim memahami jawaban.
  6. Guru kemudian secara acak memilih nomor (yaitu, dari 1 sampai 4) dan meminta mereka '' bernomor '' siswa untuk mengangkat tangan mereka untuk merespon.
  7. Guru memilih satu siswa, meminta siswa sama bernomor lainnya apakah mereka setuju atau tidak setuju dengan jawabannya, dan kemudian memberikan umpan balik kepada seluruh kelas pada akurasi respon mereka.

Dari berbagai pendapat tentang langkah-langkah Pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat dinyatakan bahwa, pada intinya langkah tersebut sama hasilnya dimana kegiatan Pembelajaran menggunakan model NHT (Number Head Together) ini dilakukan secara berkelompok dan dimana setiap kelompok harus memiliki tanggung jawab masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan NHT

Kelebihan dan kekurangan numered head together (NHT) adalah sebagai berikut.

Kelebihan
Setiap siswa dalam belajar menjadi siap semua
Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh
Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai
Melatih siswa berani menyampaikan pendapat


Kekurangan
Kemungkinan nomor yang sudah dipanggil, dipanggil lagi oleh guru
Membutuhkan waktu yang lama
Tidak terlalu cocok untuk jumlah siswa yang banyak
Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru

Akhir Kata

Penanganan dan perhatian perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Dengan memunculkan inovasi demi perbaikan dari kondisi belajar menjadi lebih maksimal.

Dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu dengan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dikenal dengan Number Head Together.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top