Linieritas Guru Sertifikasi -Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019
Home news

Linieritas Guru Sertifikasi -Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019

Guru mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam dunia pembelajaran, apalagi sumber daya pembelajaran kerap kali kurang serta tidak diiringi dengan mutu guru yang mencukupi, begitu pula yang terjalin kebalikannya. Apabila guru bermutu kurang ditunjang oleh sumberdaya pendukung hingga berakibat pada optimalisasi kinerja guru. Dengan kata lain guru adalah permasalahan utama.

Tugas Utama Seorang Guru

Tugas-tugas guru melingkupi tiga aspek besar yaitu; pendidik, pengajar dan pelatih sebagai proses awal dan penting dalam perubahan peserta didik secara sempurna dan menyeluruh. Peserta didik akan memiliki perilaku yang bukan hanya kecerdasan dan intelektul yang tinggi akan tetapi juga memiliki perilaku dan akhlaq yang mulia. Dirinya akan menjadi pionir dalam dinamika masyarakat dimana saja peserta didik tumbuh dan berkembang

Guru menjadi garis terdepan dalam proses pembelajaran, jadi salah satu atensi utama pemerintah indonesia karena banyak permasalahan yang terjalin di Indonesia yang telah sangat lama terjalin, ialah kesejahteraan guru yang kurang terjamin.

Kedudukan Guru Dalam Pendidikan Bangsa

Guru mempunyai kedudukan yang sangat berarti dan mempunyai tugas yang sangat berat tetapi kesejahteraannya kurang terjamin, sampai dikala ini cuma guru dengan jabatan PNS sajalah yang lumayan terjamin serta mutu pendidikan masih tidak sebanding dengan yang diharapkan apalagi lebih banyak guru- guru yang bermutu serta lebih baik keilmuannya masih jadi guru honorer.

Sebagai unsur utama kesuksesan dari pendidikan dengan peran sebagai pendidik dan pengajar pelajaran didalam kelas maupun diluar kelas guru juga berperan sebagai pedidik nilai-nilai budi pekerti siswa oleh sebab itu seorang guru harus lah mampu dan menguasai dan mampu mengaplikasikan keilmuanya dalam proses KBM, mendidik kepada siswa tentang budi pekerti, menjadi figure yang pantas diteladani dan profesioanal dalam bekerja

Ketidak Linieritas Kualifikasi Pendidikan Guru

Guru adalah sebagai tenaga pendidik yang mengajarkan, menilai, mengevaluasi, memotivasi, siswa, sebagai tenaga administrasi yang menyiapkan silabus dan rencana pembelajaran, seorang manajer yang mampu dan memahami situasi KBM dan metode pembelajaran yang cocok digunakan, yang dihormati dan di contoh dan sebagai wali kedua setelah orang tuanya yang mendidik budi pekertinya.

Terdapat 2 aspek yang mempengaruhi mutu pembelajaran, awal kualifikasi pembelajaran serta kompetensi guru yang masih rendah serta kedua masih banyaknya guru yang tidak mengajar setimpal dengan kompetesi pembelajaran yang dipunyai( dalam bidang riset yang tidak relevan), dengan kata lain dapat diucap mixmatch.
Cek linieritas sertifikat PLPG yang dimiliki guru

Sertifikasi Meluruskan Permasalahan Linieritas Guru

Sertifikasi bagaikan langkah pemerintah dalam tingkatkan kualitas pembelajaran dan kesejahteraan guru. Guru yang mendapakan sertifikasi hendak mendapatkan tunjangan satu kali pendapatan pokok yang diterima, program sertifikasi bagaikan ketentuan untuk guru buat memperolah tunjangan keprofesian, dalam perihal ini guru diwajibkan menjajaki proses tes sertifikasi yang diselengarakan oleh lembaga ataupun akademi besar yang telah memperoleh lisensi dari kemendikbud.

Terdapatnya sertifikasi guru ialah fakta pengakuan profesi guru bagaikan aktor pembangunan bangsa dalam tingkatkan generasi penerus bangsa, maksudnya eksistensi jadi skala prioritas dalam pembangunan. Perihal ini mengindikasikan profesi guru ialah profesi terutama, oleh karena itu butuh dikukuhkan dengan pemberian sertifikat pendidik, pendidikan usia dini, pendidikan dasar serta menengah.

Prinsip Penerapan Sertifikasi Guru Terhadap Linieritas Guru

Sertifikasi dilaksanakan menggunakan prinsip prinsip dalam penerapan yang objektif, transparan dengan menjajaki prosedur yang sudah diberikan setelah itu sertifikasi pula bagaikan suatu perwujudan strategi kenaikan kualitas guru serta pembelajaran, setelah itu yang butuh dicermati penentuan serta penerapan sertifikasi haruslah setimpal panduan yang sudah dikasih serta jumlah partisipan ditetapkan oleh pemerintah memandang kebutuhan tiap tahunnya.

Syarat sertifikasi guru 

Melalui pola PLPG (Pendidikan Latihan Profesi Guru) :
  1. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (SI) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi. 
  2. Bekerja sebagai seorang Guru di sekolah umum di bawah binaan Departemen Pendidikan Nasional. 
  3. Guru PNS mengajar di tingkatsatuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau guru yang diperbantukan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat. 
  4. Guru bukan PNS yang berstatus guru tetap yayasan (GTY) atau guru yang diangkat oleh Pemda yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. 
  5. Memiliki masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun pada satu sekolah atau sekolah yang berbeda dalam yayasan yang sama; 6. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK)

Cek Linieritas Guru Sertifikasi

Setelah para guru telah memiliki serfikasi lulus PLPG. Untuk mengecek apakah sertifikat yang dimiliki sudah benar-benar linier sebagai guru kelas/ bidang studi berdasarkan tingkat pendidikan yang diajar, dapat di lihat melalui link berikut:


Sekian informasi mengenai linieritas sertifikasi guru SD/SMP/SMA/SMK yang dapat unLiroom sajikan kepada Anda semua, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow kami, agar tidak ketinggalan info menarik lainnya. Terima Kasih.

Baca juga :

to Top