Cara Mengetahui Backlink/Inbound Link Web Anda
Home Blog

Cara Mengetahui Backlink/Inbound Link Web Anda

Setiap situs web memiliki banyak tautan. Ini dapat diklasifikasikan dalam berbagai cara, seperti bentuk konten yang bisa berupa teks atau gambar atau video. Tautan juga dapat dikategorikan sesuai tujuan yang harus dicapai. Ada empat jenis tautan dalam konteks tujuan. Ini internal dan eksternal, masuk dan keluar.
Backlink dan Inbound Link dapat dianggap sama tetapi tidak identik.

Dua yang terakhir juga dikenal sebagai Inbound Link dan Outbound Link. Tautan internal dan eksternal adalah tautan yang dipublikasikan di situs web dan masing-masing mengarahkan pemirsa ke laman di situs web atau situs website lainnya.

Outbound Links adalah Jalan keluar secara khusus mengarahkan pengguna ke situs web lain, mungkin atau mungkin tidak dimiliki oleh webmaster yang sama atau menjadi situs afiliasi. Inbound Link juga dikenal sebagai backlink, dibuat melalui situs web lain tempat audiens target dialihkan ke situs web atau halaman web yang ditautkan.

Backlinks - Inbound Links

Backlink dan Inbound Link dapat dianggap sama tetapi tidak identik. Semua Backlink adalah tautan masuk yang efektif tetapi tidak selalu disengaja. Misalnya, jika pemilik situs web atau perusahaan menempatkan Backlink atau Inbound Link ke berbagai situs yang tersebar di web, dalam bentuk iklan dan konten lainnya, maka ini disengaja dan ditugaskan untuk tujuan tertentu dalam mesin pencari optimasi atau untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas. Jika Inbound Link tidak ditempatkan dengan sengaja, maka tautan tersebut belum tentu bagus. Tautan ini mungkin memiliki efek yang tidak terlalu maksimal.

Cukup adil untuk menyimpulkan bahwa semua Backlink yang sengaja ditempatkan adalah Inbound Link yang diinginkan. Semua backlink yang tidak sengaja ditempatkan adalah Backlink yang bagus atau tidak. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengetahui siapa yang menautkan ke blog Anda.

Anda perlu mengetahui hal ini sehingga Anda dapat memanfaatkan tautan yang menyenangkan, diinginkan atau efektif, dan menyingkirkan tautan yang tidak menyenangkan atau tidak diinginkan. Anda mungkin tidak perlu melakukan apa pun tentang Backlink yang tidak disengaja tetapi tidak efektif karena mereka tidak membuat perbedaan, kecuali ada alasan untuk khawatir tentang efek yang merugikan.

Mengapa Anda Harus Tahu Siapa Inbound link ke Blog Anda

Inbound Link berguna ketika website anda menjadi dipercaya, relevan, dan resmi. Tujuan dari Backlink tersebut adalah untuk membangun kepercayaan, untuk memiliki kehadiran yang meluas di seluruh web dan untuk menarik lebih banyak orang untuk memeriksa blog.

Inbound Link ini memiliki efek langsung pada pengoptimalan mesin pencari dan juga peringkat situs web sebuah blog. Anda tidak perlu menginvestasikan waktu dan upaya tambahan untuk mengetahui bagaimana backlink yang ditempatkan secara sengaja muncul di situs yang berbeda. Anda harus mencari tahu siapa yang telah menautkan ke blog Anda tanpa sepengetahuan Anda. Berikut adalah alasan sederhana mengapa Anda harus melakukan ini.

• Anda memerlukan backlink yang efektif. 

Jumlah backlink yang Anda miliki dan bagaimana semua Backlink itu berfungsi akan menentukan strategi Anda. Pembuatan tautan adalah inti dari optimasi mesin pencari dan peringkat situs web. Kecuali Anda tahu di mana semua tautan yang Anda tempatkan mengarahkan pengguna ke blog Anda atau hanya mengutip beberapa posting Anda, Anda tidak dapat meninjau strategi pembuatan tautan Anda dan karenanya seluruh pendekatan Anda untuk optimasi mesin pencari mungkin tidak efektif, bahkan tidak penting.

• Mengetahui Backlink yang tidak efektif dan tidak diinginkan.

Anda juga harus mengetahui Inbound Link yang lebih efektif dan produktif. Menemukan ini dan mempelajari lebih lanjut tentang mereka akan memungkinkan Anda untuk menyusun strategi yang lebih jauh mengeksplorasi backlink serupa. Strategi yang secara tidak sengaja atau diharapkan berhasil harus dilanjutkan.

• Mencari tahu siapa yang menautkan ke blog Anda 

Sangat penting untuk menilai dan menganalisis keberhasilan atau kegagalan Anda. Konten di blog Anda mungkin bagus atau mungkin ditemukan kurang oleh beberapa audiens target Anda. Anda mungkin atau mungkin tidak mendapatkan banyak backlink organik.

Anda mungkin harus bekerja sangat keras untuk mendapatkan beberapa Backlink. Berapa banyak orang yang merujuk ke blog Anda dan sebenarnya mengutip konten di situs web Anda menggunakan tautan keluar di situs mereka akan memberi tahu Anda seberapa populer informasi Anda, apakah itu dapat diandalkan dan jika Anda muncul sebagai merek.

• Inbound Link atau Backlink adalah sebutan merek. 

Ada menyebutkan merek organik dan anorganik. Pengguna internet rata-rata mungkin tidak selalu bisa memisahkan satu dari yang lain tetapi mesin pencari, algoritma yang menetapkan peringkat ke situs web dan program lain yang merayapi web akan dengan mudah memberi tahu perbedaan antara penyebutan merek organik dan anorganik pada waktunya.

Oleh karena itu, tujuannya adalah untuk menemukan lebih banyak situs web, perusahaan atau orang-orang yang akan mengutip blog Anda secara sukarela sebagai referensi, sumber atau rekomendasi saat menerbitkan konten mereka.

Cara Mengetahui Siapa yang Menautkan ke Blog Anda

Salah satu konsekuensi paling mengkhawatirkan dari tidak mengetahui siapa yang memiliki tautan ke blog Anda adalah dihukum tanpa kesalahan Anda. Jika situs web yang dikenal sebagai spamming dan telah menjadi sumber serangan phishing atau terlibat dalam praktik terlarang seperti yang ditentukan oleh mesin pencari dan regulator lainnya, maka Backlink pada platform semacam itu mengarahkan pengguna internet ke blog Anda dapat dengan mudah merusak reputasi Anda. Situs web atau blog Anda mungkin dianggap sebagai afiliasi dari situs itu dalam kasus aneh dan ada kemungkinan domain Anda akan ditandai.

Ada solusi gratis dan berbayar yang tersedia untuk mencari tahu siapa yang menautkan ke blog Anda. Dua mesin pencari terbesar di dunia saat ini memiliki alat yang tepat. Google dan Bing dapat mencukupi bagi Anda untuk mengetahui segala sesuatu tentang Backlink atau Inbound Link. Anda dapat menggunakan solusi berbayar juga jika itu sesuai dengan tujuan Anda.

Google Search Console

Apakah Anda menggunakan alat gratis atau berbayar lainnya, Anda harus benar-benar menggunakan Google Search Console. Google adalah mesin pencari terbesar di planet ini. Ini juga yang paling canggih dalam lebih dari satu cara. Google Search Console sebenarnya dapat menemukan beberapa tautan yang gagal ditemukan dan diidentifikasi oleh solusi atau alat berbayar.

Memang benar bahwa Google Search Console mengeluarkan semua inbound link atau backlinks, di antaranya mungkin tidak pada saat ini tetapi lebih baik untuk menyadari segala sesuatu daripada melewatkan sesuatu yang penting. Anda dapat mengakses GSC atau Google Search Console persis seperti cara Anda mengakses Alat Webmaster Google. Ini memiliki nama baru sejak Mei 2015.

Alat Webmaster Bing

Bing adalah mesin pencari yang kuat. Kehadirannya mungkin kadang-kadang dikerdilkan di banyak wilayah di dunia tetapi relevan dan bermanfaat. Bing memiliki banyak Alat Webmaster sendiri. Anda dapat mengakses sebagian besar alat-alat ini secara gratis dan menggunakan satu Anda akan dapat menemukan tautan ke blog Anda.

Blogger atau webmaster baru harus menunggu selama seminggu atau lebih lama agar data yang relevan dikumpulkan oleh Bing. Anda akan memerlukan akun Microsoft. Anda dapat mencari Laporan & Data. Akan ada opsi Backlink. Anda dapat memilih Ekspor Semua dan unduh semua Backlink dan data terkait.

Alat Gratis dan Berbayar untuk Menemukan Tautan ke Blog Anda

Google dan Bing jelas merupakan platform default yang digunakan untuk blogger mana pun. Alat webmaster mereka bermanfaat dan gratis. Sama sekali tidak ada alasan mengapa Anda tidak boleh menggunakannya untuk menemukan tautan ke blog Anda.

Anda juga dapat menggunakan alat gratis lainnya seperti Majestic dan Ahrefs. Majestic dianggap oleh banyak orang lebih baik daripada Ahrefs. Anda harus memverifikasi domain Anda dan kemudian Anda dapat memperoleh semua data yang berkaitan dengan Backlink secara gratis. Laporan lanjutan yang dihasilkan oleh Majestic cukup komprehensif dan, dalam banyak kasus, dapat diandalkan seperti data yang disediakan oleh Google dan Bing.

Ahrefs tidak sebagus Majestic dalam konteks metrik tautan, tetapi memang memiliki indeks backlink yang sangat besar, sebenarnya semua jenis tautan Backlink blog sumber traffic situs website dari pengguna dapat dialihkan. Ada kemungkinan bahwa Anda akan menemukan lebih banyak Backlink menggunakan Ahrefs daripada Majestic. Akun dengan Ahrefs dapat dibuat secara gratis. Proses verifikasi untuk domain Anda juga gratis.

Ada alat berbayar seperti Monitor Backlinks dan Link Explorer. Anda mungkin dapat mendaftar secara gratis jika uji coba tersedia. Anda tidak akan mendapatkan semua fitur yang tersedia untuk pengguna yang membayar.

Anda sepenuhnya bergantung pada apakah Anda ingin mencoba alat berbayar atau tidak. Dengan Google dan Bing di sisi Anda bersama dengan alat gratis lain yang tersedia sesuai keinginan Anda, Anda pasti dapat menghindari membayar untuk saat ini dan mendapatkan data yang relevan sebanyak yang Anda inginkan. Menganalisis tautan dan menilai profil orang-orang yang terhubung ke blog Anda, tinjau strategi backlink Anda dan tingkatkan taktik membangun tautan Anda.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top