RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Home RPP

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 - Demi mengembangkan berbagai kompetensi yang dimiliki oleh siswa untuk aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sosial. Guru harus mampu mengembangkan Kurikulum 2013 agar dapat diterapkan selama proses belajar mengajar.

Pencapaian itu semua dilakukan melalui perpaduan ketiga aspek menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis tematik terpau. Namun setelah munculnya kurikulum 2013 Revisi 2017 dan 2018. Pengajaran Matematika mengalami beberapa perubahan dasar, yaitu terpisahnya dari buku tematik yang digunakan.

Oleh sebab itu, Guru ada baiknya juga harus merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika secara independen dan tidak disatukan dengan RPP Kurikulum 2013 Tematik lainnya. Sehingga dapat dilakukan dukungan capaian tujuan pembelajaran, demi meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

RPP Matematika bukan satu-satunya perangkat administrasi kelas yang dibuat oleh guru. Tetapi juga termasuk Silabus K13 SD, Pemetaan Kompetensi Dasar (KD), Kriteria-ketuntasan minimal (KKM), Program Tahunan (PROTA), PROMES (Program Semester), dan RPP SD.

Merancang RPP Kelas 5 Pelajaran Matematika dilakukan dengan menjabarkan setiap kegiatan proses belajar mengajar yang akan dapat membantu peserta didik mencapai kompetensi dasar harapan menggunakan pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna, sehingga mendorong siswa berpikir kritis mencerminkan berbudi luhur.

Meningkatkan dan menyesuaikan kemampuan daya serap pengetahuan siswa merupakan peran seorang guru. Melalui menciptakan RPP K13 Matematika Kelas 5, guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman mengajar dan belajar siswa. Daya kreasi potensi siswa dapat terbentuk melalui kegiatan yang relevan terencana dengan baik.

Sumber belajar buku digunakan merupakan terbitan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah disempurnakan dari edisi terdahulu. Buku bersifat terbuka melalui perbaikan sehingga dimasa depan mungkin akan muncul revisi-revisi buku matematika baru lainnya.
Download RPP K13 Matematika kelas 5 digunakan di semester 2


RPP Kelas 5 Matematika Semester 2 Menggunakan Literasi, PPK, 4C, dan HOTS

Mengintegrasikan kegiatan literasi melalui RPP Kurikulum 2013 Matematika dilakukan dengan mengarahkan siswa agar dapat mencari dan memahami informasi pengetahuan dari berbagai sumber selain dari pada buku teks yang ada, membimbing siswa belajar melalui membaca mandiri, kegiatan pohon literasi, kunjungan perpustakaan.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dilakukan mengutamakan 5 sikap utama yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Siswa dibimbing bukan hanya sekedar memiliki pengetahuan yang matang, tetapi juga bersikap berbudi pekerti.

Kegiatan PPK dilakukan untuk memperluas, memperdalam, serta menyelaraskan berbagai program pendidikan karakter yang ada melalui permaduan kegiatan dalam kelas, luar kelas, dan masyarakat/komunitas.

Merancang kompetensi dasar Analisis, Evaluasi, dan Kreasi diharapkan siswa memiliki kemampuan abad 21 disebut dengan istilas 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) dan terintegrasi dengan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Download RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Matematika Semester 2

File RPP Matematika yang kami gunakan tersimpan dalam format WINRAR. Perlu diekstrak terlebih dahulu setelah berhasil didownload. Lakukan pengeditan sebelumnya agar mendapatkan hasil perangkat administrasi kelas yang memuaskan.

Silahkan download melalui link tautan berikut ini:


RPP Matematika
Kelas 5 Semester 2
RPP by unLiroom


Cukup sekian artikel mengenai RPP Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Kelas 5 SD/MI Semester 2 ini dapat kami sajikan. Jika terdapat beberapa pertanyaan atau bahkan menemukan link/file error dan corrupt. Harap dilaporkan kepada unLiroom, agar dapat dilakukan perbaikan segera mungkin.

Silahkan Subscribe menggunakan email atau notifikasi agar tidak ketinggalan informasi artikel perangkat administrasi sekolah dasar (SD) lainnya.

Jangan lupa SHARE artikel berikut untuk dapat saling berbagi melalui media sosial dengan teman-teman guru Bapak dan Ibu semua. Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

to Top