RPP Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Home RPP K13 / RPP KELAS 5

RPP Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 -  Matematika adalah salah satu induk dari seluruh ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi serta data tidak terlepas dari pertumbuhan matematika.

Kemampuan matematika sebaiknya diawali dari jenjang sekolah dasar. Oleh karena itu, dibutuhkan tata cara serta fasilitas untuk menarik siswa dalam mempelajari matematika. Salah satu tindakan dilakukan adalah merancang RPP pelajaran Matematika yang digunakan kelas V SD/MI.

RPP SD Matematika Kelas 5 adalah rencana kegiatan pembelajaran matematika yang dirancang secara khusus oleh guru bersangkutan sebelum mengajar siswa-siswi sekolah dasar kelas V. Isinya dibuat secara rinci dari pokok topik materi yang mengacu pada silabus.

RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 berisi data sekolah, materi pelajaran, alokasi waktu, kelas/semester, materi pokok, tujuan pembelajaran matematika, KD, dan Indikator pencapaian kompetensi. Selain itu juga mencakup metode pembelajaran, media, alat, sumber belajar, dan langkah kegiatan serta penilaian.

Semua guru dari satuan pendidikan formal berkewajiban menyusun dan merancang RPP untuk kelas 5 dimana guru tersebut ditugaskan untuk mengajar (guru kelas) di SD dan guru bidang studi yang diampu.

RPP K13 SD disajikan secara menarik. Isi setiap komponen disusun berdasarkan Kurikulum 2013 mengacu pada Permendikbud No 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti serta Kompetensi Dasar.

Dengan demikian pelaksanaan kegiatan belajar kurikulum 2013 gampang dimengerti siswa, membuat mereka meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan tertarik belajar. Semuanya dapat terjadi jika guru benar-benar memiliki perencanaan dengan membuat RPP Kelas 5 SD Matematika.

Ada 4 capaian kompetensi inti diraih oleh siswa selama pembelajaran matematika kelas 5. Aspek sosial, spiritual, pengetahuan, dan terakhir keterampilan. Keempat aspek tersebut menjadi landasan membuat Kompetensi Dasar yang digunakan untuk RPP Pelajaran Matematika.

Penetapan KD Matematika bukan menjadi tugas mudah. Guru harus melakukan analisis terlebih dahulu terhadap beberapa kategori seperti kemampuan awal siswa (SDM), fasilitas sekolah, dan kompetensi pribadi guru sendiri.

Merancang KD bisa memberikan perubahan besar dalam struktur kegiatan di kelas 5. Jika kompetensi dasar memakai C4 (Analisis), C5 (Evaluasi) atau bahkan C6 (Creation). Maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berubah menjadi RPP Matematika HOTS.

Memilih Strategi, Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran memberikan pengaruh signifikan dalam menciptakan kondisi belajar matematika berkualitas. Dibutuhkan pengalaman untuk menetapkan hal tersebut.

Untuk mendapatkan pengalaman mengajar, guru harus sering membuat penelitian singkat dan rencana yang matang terhadap cara mendidik siswa. RPP SD Matematika Kelas 5 K13 menjadi perencanaan awal dalam bentuk teoritis sebelum dimulainya proses belajar mengajar.
Download RPP Kurikulum 2013 Matematika Kelas 5 SD/MI Revisi

Tugas guru bukan hanya mengajar tetapi juga harus mampu memilih dan menggunakan model pembelajaran yang akan digunakan dalam RPP Matematika Kelas V, model tersebut seperti: pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Problem Base Instruction, Project Base, Activity Base, Real Life, High Order Thiking Skills ( HOTS), evaluasi autentik, serta kecakapan Abad 21 (Komunikasi, Kerja sama, Berpikir Kritis, Pemecahan Permasalahan, Kreativitas, serta Inovasi).

Kegiatan dikemas menjadi lebih menarik seperti aktivitas ayo mengamati, diskusi kelompok, latihan, eksplorasi, persoalan kritis, tugas proyek, serta uji kompetensi. Tentu saja, aktivitas belajar dapat dilakukan jika guru berkemampuan manajemen waktu dengan baik.

Kegiatan Pembelajaran RPP Kelas 5 Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP SD Matematika Kelas 5 ini disempurnakan dengan terdapatnya bermacam literasi guna menunjang pencapaian maksimal siswa. Evaluasi mengacu pada evaluasi perilaku (pengembangan pendidikan karakter), keahlian, serta pengetahuan.

Pelaksanaan kegiatan HOTS bagi siswa kelas 5 selama pelajaran matematika dapat tercapai jika dilakukan perencanaan terlebih dahulu. Higher Order Thinking Skills berkaitan erat dengan kompetensi dasar yang digunakan dalam RPP Matematika.

Tantangan selanjutnya adalah gimana didalam RPP dapat memuat kecakapan abad 21 yang dikenal dengan 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, Collaboration).

Hakikat matematika menggambarkan ilmu yang bertabiat abstrak. Bagi mayoritas siswa matematika masih menggambarkan suatu perihal yang sangat susah serta jadi momok. Untuk para guru tidak gampang buat memilah strategi, model, pendekatan, tata cara, serta metode pendidikan yang pas.

Download RPP K13 Matematika Kelas 5 SD/MI Revisi 2018

Untuk mendownload setiap file Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika untuk Kelas 5 SD dapat dilakukan melalui link tautan dibawah ini:


Baca: RPP K13 SD Revisi 2018 Lengkap Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Sekian informasi mengenai RPP Kurikulum 2013 Matematika Revisi 2018 Kelas 5. Jika terdapat pertanyaan cantumkan di kolom komentar. Jangan lupa Subscribe unLiroom dan SHARE artikel perangkat administrasi kelas ini. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top