Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1-6 SD/MI Tematik | Kemdikbud
Home KURIKULUM 2013 / SILABUS

Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1-6 SD/MI Tematik | Kemdikbud

Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1-6 SD/MI Tematik | Kemdikbud - Hai semua bapak dan ibu guru, kami akan membagikan Silabus K13 SD/MI yang dapat digunakan untuk setiap tahun ajaran baru semester 1 dan 2. Semua dapat di download hanya dengan modal kuota.

Silabus SD/MI K13 adalah rancangan dasar atau inti dari rangkuman RPP Kurikulum 2013 SD dan apa yang akan dilakukan selama proses belajar mengajar akan berlansung di kelas. Oleh karena itu penggunaaan dari silabus sangat penting terutama dalam membuat Kurikulum yang berlaku di sekolah.

Silabus Tematik K13 ini merupakan model yang dibuat oleh Pusat Kurikulum 2013 dan Perbukuan. Bapak dan Ibu guru dapat menggunakan secara langsung atau melakukan pengeditan sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar peroleh siswa-siswi di kelas nantinya.

Banyak kegunaan yang dapat diperoleh dari perancangan Silabus salah satunya adalah mempermudah guru membuat rencana kerja pendidikan di sekolah menjadi lebih menarik, efektif, dan efisien. Sehingga peserta didik menjadi lebih bersemangat untuk mau belajar.

Integrasi Bidang Studi Silabus Tematik

Agar setiap kompetensi dasar dalam pembelajaran Silabus SD/MI Kurikulum 2013 dapat tercapai dengan baik, dilakukan dalam beberapa kegiatan mata pelajaran seperti: PPKn, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, IPA, Bahasa Indonesia, IPS, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Pembelajaran tematik dilakukan oleh semua kelas di SD/MI termasuk kelas 1, 2 ,3 (atau disebut kelas rendah) yang belum mempelajari IPA dan IPS yang berdiri sendiri, tetapi di integrasikan melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk kelas tinggi 4, 5, 6 menggunakan pembelajaran tematik kecuali untuk bahasa inggris, PJOK, dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Integrasi Silabus Kelas 1-6 Kurikulum 2013 merupakan pengelolaan pembelajaran memecahkan masalah dan isu-isu seputar masyarakat. Artinya guru memerlukan kolaborasi dengan peserta didik sehingga pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan kompetensi inti dari berbagai mata pelajaran dapat tercapai untuk setiap tema.

Tema yang akan digunakan dari pembelajaran Silabus SD/MI K13 berhubungan melalui konsep dan kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa-siswi. Pendekatan dilakukan agar siswa-siswi tidak belajar hanya parsial tetapi lebih pembelajaran yang memberikan makna sikap, sosial, spritual, dan moral yang tinggi dapat tercipta dalam diri mereka. Proses integrasi Silabus Tematik K13 dilakukan melalui intradisipliner, multi disipliner, trans disipliner, dan inter disipliner.

Download Silabus K13 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Download Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Per Kelas

Supaya lebih jelas, Bapak dan Ibu Guru dapat langsung mendownload setiap perangkat administrasi kelas dibawah ini, hanya tinggal langsung klik link tautan. Maka Anda secara otomatis akan diarahkan menuju artikel lain yang telah membahas lebih detail mengenai silabus tersebut.


Demikian informasi artikel mengenai Silabus Tematik Kurikulum 2013 SD/MI dapat kami sampaikan.

Jika ada pertanyaan atau Bapak dan Ibu guru menemukan link/file yang error serta corrupt harap dilaporkan kepada kami, sehingga dapat dilakukan perbaikan lebih lanjut. Terima kasih.

Baca juga :

to Top