Silabus Kelas 6 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud
Home KURIKULUM 2013 / SILABUS

Silabus Kelas 6 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud

Silabus Kelas 6 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud - Membuat rancangan rencana dasar tentang pembelajaran tematik biasanya dirangkum di dalam Silabus K13. Terutama jika dimulainya tahun ajaran baru semester 1 dan 2. Bapak dan Ibu guru dapat mendownload salah satu administrasi kelas tersebut disini secara gratis.

Silabus SD/MI K13 Kelas 6 yang akan didownload merupakan buatan dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan tematik yang bisa dijadikan sebagai model dan acuan untuk merancangan Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SD yang tepat digunakan selama proses belajar mengajar.

Integrasi dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Silabus Tematik Kelas 6

Semakin meningkatnya persaingan di era globalisasi abad 21 ini, oleh sebab itu dengan diterapkannya Silabus K13 Kelas 6 diharapkan menghasilkan siswa-siswi yang unggul bukan hanya dari pengetahuan dan keterampilan, tetapi memiliki sikap modal, sosial, dan spritual tinggi.

Diintegrasikannya Silabus ini dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menjadi jawab itu semua. Tidak hanya itu pembelajaran di kelas 6 juga menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Meningkatkan minat dan kecintaan siswa membaca, demi meminimalisir jumlah siswa yang buta huruf.

Segala capaian kompetensi dasar Silabus Kelas 6 dapat tercapai melalui kegiatan pembelajaran seperti: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Dikembangkannya Silabus K13 Kelas 6 SD/MI dengan menciptakan proses belajar mengajar setiap mata pelajaran yang terpadu satu sama lain diikat dalam satu kesatuan yaitu tematik. Sehingga lebih mempermudah siswa-siswi mudah mengerti, dalam memahami pembelajaran di sekolah.

Adapun kompetensi dasar Silabus dapat diperoleh oleh peserta didik dengan maksimal melalui kegiatan yang dihubungkan sesuai kehidupan sehari-hari, pelajaran tidak membosankan dan lebih menarik.

Perancangan tersebut diikuti dengan penerapan alokasi waktu sesuai dengan dasar Kurikulum 2013 dapat dilihat melalui tabel berikut:

KelasIIIIIIIVVVI
Jumlah jam pelajaran per minggu
30
32
34
36
36
36
Mata pelajaran Agama
4
4
4
4
4
4
Jumlah jam pelajaran tematik per minggu
26
28
30
32
32
32

Dapat dilihat dari tabel bahwa, total waktu siswa-siswi dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar dalam satu minggu adalah 36 Jam, termasuk pembelajaran tema 5, 6, 7, 8, dan 9 akan dilakukan untuk setiap pertemuan melalui kegiatan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Sedangkan demi meningkatkan aspek spritual, peserta didik belajar pelajaran Agama selama 4 jam tatap muka.

Download Silabus K13 kelas 6 untuk digunakan di semester 1 dan 2

Download Silabus Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi

Dihimbau kepada Bapak dan Ibu guru semua, bahwa Silabus yang kami bagikan hanya referansi untuk merancang perangkat administrasi kelas. Jika tetap ingin digunakan sebaiknya di adaptasi terlebih dahulu sehingga akan sesuai dengan situasi kondisi sekolah masing-masing.

Untuk mendownloadnya dapat dilakukannya melalui link dibawah:

Demikian artikel postingan mengenai Silabus K13 SD/MI Kelas 6 dapat kami sajikan. Jika terdapat pertanyaan atau Bapak dan Ibu Guru menemukan link serta file yang mengalami corrupt atau error harap dilaporkan melalui kolom komentar. Terima Kasih

Baca juga :

to Top