Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud
Home KURIKULUM 2013 / SILABUS

Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud

Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud - Sebelum dimulainya proses belajar mengajar ada baiknya seorang guru harus memiliki Silabus K13 yang dapat digunakan pada semester 1 dan 2. Administrasi kelas yang akan kami bagikan terdiri dari 9 tema beserta sub tema dan pembelajaran, dapat di download hanya dengan modal kuota saja.

Silabus SD/MI K13 Kelas 5 yang akan Bapak dan Ibu download adalah hasil dari rancangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, dimana dapat dijadikan sebagai referensi untuk membuat silabus tematik dan RPP Kurikulum 2013 SD yang sesuai dengan situasi kondisi sekolah. Bagi Bapak/Ibu dapat menggunakannya secara langsung atau melakukan pengeditan untuk penyempurnaan yang diperlukan.

Harapan Penerapan Silabus K13 Kelas 5

Era globalisasi telah dimulai di abad-21 ini, sehingga meningkatkan persaingan terutama dalam bidang pendidikan. Oleh sebab itu dengan digunakan Kurikulum 2013 Revisi diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang memiliki keunggulan dalam 3 kompetensi dibawah ini:
  • Menguasai Pengetahuan
  • Memiliki Keterampilan yang dapat digunakan
  • Terdapat sikap sosial dan spritual yang tinggi dalam melakukan aktivitas sehari-hari

Integrasi Bidang Studi Silabus SD/MI Kelas 5

Kompetensi tersebut dapat tercapai melalui kegiatan pembelajaran didalam Silabus Kelas 5 untuk setiap bidang studi seperti: Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Melalui model jaring laba-laba (webbed) Silabus K13 Kelas 5 SD/MI Tematik ini dikembangkan. Artinya kegiatan pembelajaran yang terjadi merupakan hasil perpaduan setiap bidang studi yang dijadikan satu kesatuan dalam bentuk tema.

Kompetensi dasar yang akan dicapai melalui penerapan Silabus K13 Kelas 5 dapat tercapai secara maksimal karena pembelajaran lebih mengarah kepada kegiatan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga lebih mudah dipahami siswa-siswi.

Pelaksanaan Alokasi Waktu Silabus Tematik Kelas 6

Adapun alokasi waktu yang diterapkan sesuai dengan dasar landasan Kurikulum 2013 dapat Bapak dan Ibu guru lihat melalui tabel dibawah ini:

KelasIIIIIIIVVVI
Jumlah jam pelajaran per minggu
30
32
34
36
36
36
Mata pelajaran Agama
4
4
4
4
4
4
Jumlah jam pelajaran tematik per minggu
26
28
30
32
32
32

Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan selama 32 jam pembelajaran terjadi dalam waktu 1 minggu. Selama waktu tersebut Bapak dan Ibu Guru melakukan pendekatan kepada peserta didik melalui pendidikan berbasis tematik yang lebih membuat, mengenal keragaman pribadi, keluarga, masyarakat, daerah, lingkungan dan perubahan sosial budaya disekitar kehidupan sehari-hari siswa-siswi. Sehingga mereka lebih mudah diri sendiri dan dapat langsung berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat.
Download Silabus K13 Kelas 5 dapat digunakan di semester 1 dan 2

Download Silabus Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi

Diingatkan sekali lagi, bahwasanya dokumen silabus ini merupakan model atau contoh yang dapat digunakan secara langsung oleh sekolah atau perlu dilakukan adaptasi dan pengeditan sehingga mencerminkan kegiatan pembelajaran yang terjadi sesuai di lapangan.

Bapak/Ibu guru bisa mendownload, tinggal klik link dibawah:

Hanya ini yang dapat kami sampaikan terkait Silabus K13 SD/MI Kelas 5. Jika terdapat pertanyaan atau menemukan link/file yang error dan corrupt harap dilaporkan kepada kami sehingga dapat dilakukan perbaikan, Terima Kasih.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top