Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud
Home KURIKULUM 2013 / SILABUS

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud - Halo semua bapak dan ibu guru, artikel kali ini kami mengenai Silabus K13 yang dapat digunakan untuk semester 1 dan 2. Terdiri dari 9 tematik yang masing-masing dilengkapi semua sub tema serta pembelajaran. Bisa di download dengan gratis hanya modal kuota.

Silabus SD/MI K13 Kelas 4 yang kami bagikan merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, dijadikan sebagai model dalam merancangan silabus tematik berdasarkan tema RPP Kurikulum 2013 SD yang sesuai menurut karakteristik sekolah masing-masing.

Setiap Sekolah Dasar dapat menjadikan silabus ini menjadi kurikulum yang digunakan atau melakukan pengadaptasian sesuai situasi kondisi di lapangan.

Harapan Pelaksanaan Silabus SD/MI Kelas 4

Sejalan berkembangan abad-21 sesuai konteks globalisasi. Terdapat 3 kompetensi utama yang harus dicapai siswa-siswi melalui penerapan Kurikulum 2013 Revisi melalui sistem pendidikan sekarang, yaitu:
  1. Memiliki Pengetahuan,
  2. Menguasai Keterampilan dan mampu menerapkannya,
  3. Menumbuhkan nilai spritual dan sosial etika yang tinggi.

Integrasi Mata Pelajaran Silabus Kurikulum 2013 Kelas 4

Proses pengembangan ketiga kompetensi itu diharapkan dapat tercapai melalui kegiatan pembelajaran didalam Silabus Kelas 4 didalam pengajaran mata pelajaran: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).

Silabus K13 Kelas 4 SD/MI Tematik ini dikembangkan melalui model jaring laba-laba (webbed). Setiap pembelajaran dipadukan dengan beberapa mata pelajaran saling berkait satu sama lain diikat sesuai dengan tema yang tepat. Pengembangan Silabus K13 Kelas 4 dilakukan merujuk bidang studi, untuk setiap materi pembelajaran telah diintegrasikan dengan kompetensi dasar mata pelajaran.

Penerapan Waktu Belajar Silabus Tematik Kelas 4

Alokasi waktu yang digunakan berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi yang telah berlaku, dapat diikuti melalui tabel dibawah ini:

KelasIIIIIIIVVVI
Jumlah jam pelajaran per minggu
30
32
34
36
36
36
Mata pelajaran Agama
4
4
4
4
4
4
Jumlah jam pelajaran tematik per minggu
26
28
30
32
32
32

Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran dari Silabus Tematik Kelas 4 perlu dilakukan kontekstualisasi terhadap tema-tema yang memiliki kedekatan terhadap lingkungan peserta didik, sehingga lebih mengenal keragaman daerah, masyarakat, dan bangsa.

Selain daripada itu, peserta didik akan mempunyai sikap peka dan peduli terhadap lingkungan dan perubahan sosial yang terjadi di sekitarnya. Membuat siswa-siswi mampu berkontribusi terhadap perubahan tersebut.

Download Silabus SD/MI K13 Kelas 4 Tematik Versi Kemdikbud

Download Silabus Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi

Perlu diperjelas sekali lagi, bahwa Silabus K13 Tematik ini adalah hanya model. Dianjurkan setiap kegiatan pembelajaran dilakukan penyesuaian sehingga dapat memperkaya konteks demi meningkatkan kualitas maksimal hasil belajar siswa-siswi.

Untuk lebih jelasnya dapat di download melalui link dibawah:


Sekian informasi yang dapat kami sajikan. Untuk seterusnya jika terdapat pertanyaan seputar Silabus K13 SD/MI Kelas 4 jangan ragu untuk ditanya.

Bagi bapak dan ibu guru menemukan file atau link tautan error dan corrupt harap dilaporkan kepada kami melalui kolom komentar, agar dapat kami perbaiki. Terima kasih. Semoga bermanfaat, awas habis kuotanya.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top