Silabus Kelas 3 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud
Home KURIKULUM 2013 / SILABUS

Silabus Kelas 3 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud

Silabus Kelas 3 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud - Postingan kali ini, kami akan membagikan dokumen mengenai Silabus K13 Semester 1 dan 2 yang terdiri dari semua tema dilengkapi sub tema serta pembelajaran yang menyeluruh.

Pembelajaran tematik telah diberlakukan untuk tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD). Melalui pembelajaran tersebut setiap kegiatan akan dirancang secara khusus melalui Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SD sesuai dengan aktivitas kehidupan konkret.

Silabus SD/MI Kelas 4: Pengetahuan dan Keterampilan sama pentingnya

Melalui praktik pengetahuan dan keterampilan, kegiatan yang terkandung didalam Silabus Kelas 3 diharapkan menumbuhkan sikap religius, dan etika sosial dalam melakukan tindakan yang bertanggung jawab untuk melakukan aktivitas peserta didik.
Download Silabus versi Kemdikbud untuk kelas 3 SD

Dokumen Silabus SD/MI K13 Kelas 3 ini menekankan proses pembelajaran yang tidak hanya mementingkan aktivitas, tetapi tentang bagaimana menciptakan kehidupan pendidikan sekolah yang aktif, kreatif, dan berpikir kritis oleh peserta didik.

Penekanan yang dianjurkan dalam pembelajaran Silabus Tematik Kelas 3 Kurikulum 2013 tidak hanya memperkenalkan pembelajaran mata pelajaran yang didasari konsep atau teori hafalan, melainkan ke penekanan dimensi afeksi, keterikatan dan kepedulian peserta didik terhadap hal-hal nyata disekitar melalui aktivitas belajar mandiri.

Praktik pengetahuan setiap mata pelajaran yang terkandung di Silabus SD/MI Kelas 3 dilakukan menggunakan pendekatan pembelajaran khusus. Peran Bapak dan Ibu Guru sangat dibutuhkan dalam mendorong rasa keingintahuan, sikap terbuka, kritis, responsif yang dilakukan peserta didik.

Metode Pembelajaran Silabus Kurikulum 2013 Tematik

Salah satu pendekatan pembelajaran Silabus Kelas 3 K13 disesuaikan dengan orientasi Kurikulum 2013 melalui pendekatan proses keilmuan disebut saintifik dalam tahapan proses sebagai berikut: mengamati, menanyakan, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan terakhir mengomunikasikan.

Sangat diharapkan Bapak dan Ibu guru mampu mengembangkan segala jenis pendekatan tersebut sehingga meningkatkan kualitas siswa.

Penerapan Alokasi Waktu Pengajaran Bidang Studi Kelas 3

Permasalahan alokasi waktu untuk tiap kelas yang tepat dalam melakukan perancangan dan pengembangan Silabus, sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang dapat bersaing secara global dapat dilakukan dengan memperhatikan tabel berikut:

KelasIIIIIIIVVVI
Jumlah jam pelajaran per minggu
30
32
34
36
36
36
Mata pelajaran Agama
4
4
4
4
4
4
Jumlah jam pelajaran tematik per minggu
26
28
30
32
32
32

Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui bahwa alokasi waktu yang dilakukan pada pembelajaran total di kelas 3 adalah 34 Jam per minggu, dengan catatan 4 jam pelajaran Agama, dan 30 Jam dihabiskan untuk proses belajar mengajar tematik per minggu.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, kegiatan rancangan Silabus SD/MI Kelas 3 menekankan pada penguasaan membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan dilakukan menggunakan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C dan Higher Order Thinking Skill. Sedangkan pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK) dapat disesuaikan berdasarkan sarana serta prasarana yang dimiliki sekolah.

Contoh Silabus SD/MI K13 Kelas 3 Tematik

Dibawah ini merupakan Silabus Kelas 3 yang dibuat oleh Pusat Kurikulum dan Pembukuan serta Kemdikbud. Sehingga dapat dijadikan sebagai model panduan dalam mengembangkan silabus sesuai mata pelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK), dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Semuanya dapat didownload sesuai tematik masing-masing, melalui link dibawah ini:


Cukup sekian artikel postingan mengenai Silabus SD/MI Tematik Kelas 3 K13 ini dapat kami sajikan.

Jika ditemukan dimasa depan link/file yang error serta corrupt, kami harapkan Bapak dan Ibu guru memberitahukan melalui kolom komentar dibawah. Terima Kasih.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top