Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud
Home KURIKULUM 2013 / SILABUS

Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud

Download gratis silabus untuk kelas 2 kurikulum 2013 versi rilis kemdikbud
Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud - Halo para pendidik bapak ibu guru, sekarang saya akan memposting artikel Silabus K13 Semester 1 dan 2 didalamnya sudah terdapat semua tema, sub tema, serta pembelajaran. Kamu dapat mendownloadnya secara bebas dan gratis

Silabus SD/MI Kelas 2: Mengutamakan Pembelajaran Seputar Kehidupan Sehari-hari

Belajar menggunakan tematik merupakan pendekatan pembelajaran disusun berdasarkan kompetensi capaian Silabus K13 Kelas 2 dan RPP Kurikulum 2013 SD sesuai dengan tema tertentu, untuk tingkat satuan sekolah dasar sangat cocok untuk bisa digunakan, sebab para siswa berumur 6 sampai 12 tahun belum mampu memahami problem abstrak. Dikarenakan itu semua, pembelajaran lebih diarahkan menyinggung kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah dimengerti.

Demi mendapatkan hasil yang baik terhadap kualitas pembelajaran di sekolah. Para tenaga pendidik Bapak dan ibu guru mencantumkan rancangan kegiatan didalam Silabus SD/MI Kelas 2. Sehingga memiliki acuan dalam mempersiapkan kurikulum yang tepat.

Integrasi Mata Pelajaran Silabus Tematik Kelas 2

Setiap mata pelajaran yang terkandung didalam Silabus Kelas 2 K13 yang akan Bapak dan Ibu guru download adalah sebagai berikut: Matematika, Bahasa Indonesia, Seni Budaya dan keterampilan (SBK), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK), Pendidikan kewarganegaraan (PKn), serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan bekerja sama dengan Kemdikbud menciptakan Silabus Tematik Kelas 2 K13 ini. Agar dapat dijadikan sebagai referensi dan acuan untuk merancangan pengembangan Silabus K13 Kelas 2 sehingga pembelajaran karakteristik tema di sekolah dapat berjalan dengan baik. Seluruh Bapak dan Ibu guru dapat mendownload atau mengeditnya sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi situasi sekolah bersangkutan.

Penerapan Waktu Belajar Sesuai Silabus K13 Kelas 2

Masalah perancangan alokasi waktu tepat dalam membuat perencanaan pembelajaran tematik dapat dilihat melalui tabel dibawah ini:

KelasIIIIIIIVVVI
Jumlah jam pelajaran per minggu
30
32
34
36
36
36
Mata pelajaran Agama
4
4
4
4
4
4
Jumlah jam pelajaran tematik per minggu
26
28
30
32
32
32

Menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan kreatif, beriman, inovatif, produktif, dan afektif. Maka dilakukan pengembangaan Silabus Kurikulum 2013, sehingga generasi muda peneruh bangsa dapat bersaing dan berkontribusi di kehidupan bermasyarakat.

Perlunya perhatian khusus terhadap kebutuhan peserta didik dalam pembuatan Silabus SD/MI Kelas 2 Tematik K13. Memberikan dampak positif menyangkut peningkatan kualitas didik yang akan diperoleh mereka di kelas.

Semua hal-hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan kegiatan inti silabus menggunakan pembelajaran literasi (menarik minat baca), PPK (penguatan pendidikan karakter), 4C, da HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Contoh Silabus SD/MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Tematik 

Terdapat 4 aspek penilaian yang terdapat didalam Silabus SD?MI K13 Kelas 2, yaitu penilaian spiritual dan sosial, dilakukan menggunakan metode observasi menyeluruh.

Ranah pengetahuan diperoleh menggunakan tes tertulis, lisan, penugasan. Terakhir Keterampilan dilakukan melalui kegiatan proyek, portofolio, produk, dan praktik.

Tanpa basa-basi, Bapak dan Ibu guru dapat melihat secara langsung, dengan mengklik link dibawah ini:
Sekian dapat kami sampaikan mengenai postingan Silabus Kelas 2 ini. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menyampaikannya.

Buat bapak dan ibu guru menemukan link atau file error serta corrupt harap dilaporkan kepada kami, sehingga dapat dilakukan perbaikan. Terima Kasih.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top