Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018| Literasi,PPK,4C,HOTS

Download contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI
Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018- RPP Kurikulum 2013 SD merupakan segala jenis upaya yang dilakukan guru mengenai gambaran prosedur serta manajemen pengajaran demi mencapai satu atau lebih setiap kompetensi dasar yang telah ditetapkan sesuai standar kompetensi di dalam Silabus yang digunakan Sekolah.

Sejak diberlakukan sistem pendidikan kurikulum 2013, di tingkat satuan Sekolah Dasar (SD). Manajemen pengajaran yang dilakukan guru mengalami perubahan, salah satunya dalam penyusunan RPP K13 Kelas 6.

Setelah munculnya Kurikulum 2013 Revisi 2018. Perancangan RPP Kelas 6 dalam kegiatan pembelajaran tematik yang dilakukan guru SD/MI menggunakan pendekatan berupa Literasi (meningkatkan minat baca), PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), 4C (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan memecahkan masalah), serta HOTS (penanam kemampuan tingkat tinggi).

Dibawah ini adalah salah satu Contoh RPP K13 Kelas 6 yang dapat dijadikan referensi dalam perancangan perangkat administrasi sekolah:



Download RPP SD/MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
REVISI 2018

(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Satuan Pendidikan : ............................
Kelas Semester : ............................
Tema : ............................
Sub Tema : ............................
Pembelajaran : ............................
Alokasi Waktu : ............................
Hari/Tanggal Pelaksanaan   : ............................


A.  KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca. 3.1.1 Menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau
wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
4.1.1 Mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.

IPS

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.1 Mengidentifikasi keanekaragaman geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. 3.1.1 Menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya
2 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN. 4.1.1 Menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya.

IPA

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan 3.1.1 Mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya
2 4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan. 4.1.1 Melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
  2. Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
  3. Setelah mengamati bunga, siswa mampu menelaah perkembangbiakan generatif berdasarkan gambar sendiri dan memanfaatkannya dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
  5. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
  6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

  •  Karakter siswa yang diharapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/MI K13 Kelas 6   : Religius, Nasionalis, Mandiri , Gotong Royong  Integritas 

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan
  

    Pembelajaran Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013
  1. Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
  2. Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
  3. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  4. Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
  5. Menjelaskan secara singkat tema yang akan dipelajari yaitu ”Selamatkan Makhluk Hidup”. Nasionalis
  6. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
10 menit
Inti
  • Guru membawa salah satu jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Misalnya : singkong, ubi jalar, padi, atau yang lainnya.
  • Mengikuti RPP SD/MI K13 Kelas 6. Guru mengajukan pertanyaan, misalnya:
  1. Apa yang kalian ketahui tentang tanaman ini?
  2. Apa manfaatnya dalam kehidupanmu?
  3. Apa yang ingin kalian ketahui tentang tumbuhan sebagai sumber makanan?’
  • Guru kemudian menuliskan jawaban siswa di papan tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang tumbuhan dan manusia. Communication
  • Guru mengajak siswa ke luar kelas untuk mengamati lingkungan dan mendiskusikan tumbuhan sebagai sahabat manusia. Siswa dapat menyampaikan manfaat tumbuhan atau interaksi mereka dengan tumbuhan. Creativity and Innovation
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
  • Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. Collaboration
  • Melalui kegiatan RPP K13 Kelas 6, Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
  • Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat merek melakukan diskusi di kesempatan lain. Rubrik dapat dilihat di halaman penilaian. Collaboration
  • Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada.
  • Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Creativity and Innovation

  Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.
  1. Hewan dan manusia memperoleh manfaat dari tumbuhan.
  2. Manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain:

  • Sumber energi bagi manusia.
  • Sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Sumber oksigen untuk bernapas.
  • Pengikat air tanah.
  • Peneduh dan memperindah kehidupan di bumi.
  3. Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi
  bagi hewan.
  4. Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan manusia dan
  hewan. Tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan makanan dan
  sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan
  sinar matahari.
  5. Beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan
  adalah manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan dan bumi
  akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.

  • Siswa melanjutkan kegiatan sesuai RPP Kurikulum 2013 Kelas 6, dengan membaca teks tentang tanaman jagung dalam hati. Mandiri

  Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Membaca teks tentang jagungJagung adalah salah satu tanaman yang dijadikan makanan pokok di berbagai tempat di Indonesia. Contohnya, Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Jagung merupakan salah satu tanaman menghasilkan karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Petani awalnya akan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari kemudian, bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Petani akan memanen jagung sekitar 3 sampai 3,5 bulan. Sekuntum bunga jagung awalnya berbentuk seperti tongkol. Pada bagian ujungnya, jagung memiliki helai rambung. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Ketika angin bertiup, tepung sari akan terbang. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Jagung tumbuh berkembang
Bunga jagung terus tumbuh berkembang sehingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Buah jagung yang dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang berwarna kuning. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung. Petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia. panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Oleh: Nuniek

    Contoh kegiatan latihan RPP Kelas 6
  • Setiap siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan dalam RPP Kurikulum 2013 Kelas 6.
  • Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration
  • Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa. Communication
Diagram Venn dinilai dengan menggunakan daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.

  • Siswa membaca proses perkembangbiakan secara generatif, kemudian mengamati gambar bagian-bagian reproduksi bunga
  • Siswa mengamati proses perkembangbiakan secara generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
  • Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna berikut.
Belajar mengamati bagian-bagian bunga

  • Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
  1. Perkembangbiakan generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  2. Penyerbukan merupakan awal terjadinya perkembangbiakan tumbuhan, melalui melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  3. Penyerbukan pun terjadi, melalui buluh serbuk sari bergerak menuju bagian tumbuhan yang disebut bakal biji.
  4. Terjadinya pembuahan dengan meleburnya sel kelamin jantan/spermatozoid dengan sel kepamin betina/sel telur di bakal biji.
  5. Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  6. Zigot mengalami perkembangan menjadi lembaga, kemudian bakal biji, bakal buah, dan akhirnya menjai daging buah.
  7. Calon tumbuhan baru juga disebut dengan lembaga
  • Siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya. Collaboration
  • Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
  • Siswa saling membandingkan gambar yang telah dibuat dengan teman sekelasnya
  • Untuk mencari persamaan dan perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta menjelaskan perbedaan tersebut. Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking and Problem Solving
  • Guru mensosialisasikan daftar periksa kepada siswa berdasarkan RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018. Diagram Venn dinilai dengan menggunakan daftar periksa yang terdapat di halaman belakang.
  • Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
  • Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
  • Guru memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
  • Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari informasi secara bertahap. Creativity and Innovation
  • Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan social budaya dari dua negara. Mereka dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll).

Diagram Venn dinilai dengan menggunakan daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
Mengerjakan diagram venn pada latihan kelas 6
  • Siswa melakukan refleks dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
  • Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
150 menit
Penutup
  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
  • Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”
  • Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  2. Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  3. Tumbuhan.
  4. https://www.unliroom.com/2019/05/contoh-rpp-k13-kelas-6-revisi-2018-lengkap-literasi-ppk-4c-dan-hots.html


Diketahui Oleh:
Mengetahui
Kepala Sekolah




……………………………….                                             
NIP. ………………………….
…………, ………….20…
Guru Kelas VI
  
  
  
  
…………………………….
NIP. ……………………….


LAMPIRAN 1

F. MATERI PEMBELAJARAN

  1. Menemukan informasi dan ide pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran yang sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
  2. Mengamati tanaman dengan perkembangbiakan generative dan manfaatnya.
  3. Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial budaya

G. METODE PEMBELAJARAN

  1. Pendekatan : Saintifik
  2. Metode : Simulasi, diskusi,permainan, tanya jawab, penugasan dan ceramah kelas

LAMPIRAN 2

H. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap


NONAMA
  Perubanan tingkah laku
  

  Santun
  
PEDULI
TANGGUNG
JAWAB
KCBSBKCBSBKCBSB
123412341234
1............................
2............................
3............................
4............................
5............................
6Dst..

Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2. Penilaian Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubric


KriteriaSangat Baik (4)Baik (3)Cukup (2)Kurang (1)
MendengarkanSelalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.Mendengarkan teman yang berbicara, namun beberapa kali masih perlu diingatkan.Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. √Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan.
Komunikasi secara nonverbal  seperti (kontak mata, bahasa tubuh, postur, suara, ekspresi wajah)Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.Melalui komunikasi non-verbal secara tepat dapat merespon dengan ditunjuk kawan sekelas √Sering merespons kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespons sesuai dengan topik.Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespons kurang sesuai dengan topik.Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. √
Sumber: RPP SD/MI K13 Kelas 6
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi criteria

Nilai Diskusi = Total Nilai Siswa ÷ Nilai Maksimal x 100

3. Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian Ada dan Benar Tidak Benar
Menyebutkan ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar
.....
.....
Tulisan memuat seluruh ide pokok
.....
.....
Tulisan memuat fakta bukan opini
.....
.....
Sebagian tulisan menggunakan kosakata baku
.....
.....


4.IPS

Tugas dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian Ada dan Benar Tidak Benar
Diagram Venn memuat dua negara ASEAN
.....
.....
Diagram Venn membandingkan kondisi geografis dua negara
.....
.....
Diagram Venn membandingkan kehidupan sosial budaya
.....
.....
Diagram Venn menyebutkan bunga nasional kedua negara
.....
.....

5. IPA

Tabel dan tulisan dinilai dengan daftar periksa

Indikator Penilaian Ada dan Benar Tidak Benar
Gambar memuat bagian perkembangbiakan bunga
.....
.....
Tabel memuat cara perkembangbiakan bunga
.....
.....
Manfaat perkembangbiakan secara generatif ditulis dengan menyertakan contoh
.....
.....
6. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru)

Pengayaan

Mintalah siswa untuk membawa tanaman bunga yang berbeda dan memperlihatkannya kepada temannya untuk didiskusikan cara perkembangbiakannya.

Siswa dapat membawa tanaman keesokan hari setelah mereka belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan.

Remedial
  • Siswa yang belum memahami cara perkembangbiakan tumbuhan dapat mendiskusikannya dengan guru dengan mengamati kembali tanaman yang ada di sekitar.
  • Guru membantu siswa untuk menyebutkan bagian bunga dan cara penyerbukannya.

Kerjasama dengan Orang Tua
  • Siswa diminta memperhatikan lingkungan umahnya dan memperhatikan apakah ada tanaman yang berkembang biak secara generatif.
  • Siswa diminta menyampaikan hasilnya kepada guru dan teman di sekolah.

Jika ingin mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diatas dapat dilakukan melalui link berikut:

Sekian artikel mengenai RPP Kurikulum 2013 SD yang dapat kami sajikan. Jika terdapat pertanyaan, dapat di tanya melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa subscribe via email gratis agar tidak ketinggalan informasi perangkat administrasi sekolah lainnya. Terima Kasih.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.unliroom.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama