RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2018 | Literasi PPK 4C HOTS
Home RPP K13

RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2018 | Literasi PPK 4C HOTS

RPP Kurikulum 2013 SD /MI Revisi 2017 & 2018 tidak punya?

Jangan khawatir, saya akan membagikannya kepada Anda  lengkap setiap tematik dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan PAI untuk digunakan di semester 1 (ganjil) serta semester 2 (genap).

Semuanya di download modal kuota saja, alias GRATIS.

Memang banyak PRO dan KONTRA terhadap RPP SD Kurikulum 2013 sejak diberlakukan sistem pendidikan nasional ini.

Walaupun demikian, sebagai seorang Guru profesional, kita harus tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pengembangan rincian dari pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam bentuk rencana kerja. Rincian tersebut menjabarkan secara lebih jelas mengenai silabus, kegiatan pembelajaran, buku teks siswa, buku teks guru, model pembelajaran, media yang digunakan.

Secara singkat RPP dipakai oleh Guru SD dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mengacu kepada 7 komponen dasar, yaitu:
  1. Identitas Sekolah/Madrasah: Seperti kelas, semester, tema, sub tema, dan pembelajaran.
  2. Alokasi waktu yang digunakan saat belajar.
  3. Kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
  4. Materi/topik pelajaran.
  5. Kegiatan pembelajaran.
  6. Cara penilaian beserta indikatornya.
  7. Media, bahan ajar, dan sumber belajar digunakan.

Guru di setiap Sekolah Dasar memiliki kewajiban merancang RPP SD untuk digunakan dikelas saat mengajar. Pentingnya RPP merupakan bagian dari refleksi guru untuk menciptakan cara yang paling tepat agar siswa dapat meraih tujuan pembelajaran secara maksimal.



    Perangkat Administrasi Guru Selain RPP SD/MI

    Merancang RPP Kurikulum 2013 SD secara lengkap dan sistematis sesuai dengan komponen dan prinsip penyusunannya adalah salah satu tugas seorang Guru.

    Semua dilakukan agar terciptanya kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, inspiratif, efisien, interaktif, efektif, menantang, dan dapat memotivasi peserta didik berpartisipasi, berkontribusi di kelas, sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

    Selain merancang RPP SD/MI Kurikulum 2013, guru juga harus mempunyai perangkat administrasi kelas lainnya, seperti:

    Butuh proses yang panjang dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Secara umum terdapat 3 proses pengembangan RPP SD Revisi 2018 tersebut.

    Dimulai dari mengkaji Silabus, menganalisis buku guru, dan terakhir memperhatikan buku siswa yang digunakan selama proses pengajaran berlangsung.

    Hal-hal tersebut merupakan kewajiban yang harus diselesaikan guru. Demi membantu guru meringankan tugas tersebut dan untuk saling berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Saya menyediakan dan meringkas semua dokumen perangkat K13 SD menjadi gampang di akses. Sehingga Anda tidak mengalami kesusahan untuk mendownload.

    Banyak website diluar sana yang menyediakan RPP SD Kurikulum 2013, namun ketika kita mau mendownloadnya. Malah membuat sakit kepala saja.

    Melalui safe-link, mereka mengunakan tautan berantai demi meningkatkan trafic adsense (iklan google).

    Jadi kita harus mengklik link download berkali-kali. Bahkan ada link serta file yang mengalami error. Menghabiskan kuota saja.

    Sedangkan saya, hanya membagikan RPP K13 SD Revisi 2018 menggunakan link internal, sehingga gampang di akses.

    Download RPP SD K13 Semua Kelas Semester 1 dan 2

    Manfaat Penggunaan RPP Kurikulum 2013 SD/MI

    Tentu, banyak diantara Anda dapat membuat perangkat administrasi kelas dengan benar, namun setelah selesai ditanda tangani oleh kepala sekolah, malah tidak dipergunakan hanya tersimpan di lemari kelas.

    Tahukah kamu? Bahwa ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika tenaga pendidik memang benar-benar menggunakan RPP SD/MI K13 Tematik Revisi 2018, salah diantaranya adalah sebagai berikut:
    1. Proses belajar mengajar lebih terarah. Sebab, terlebih dahulu merencanakan apa yang akan dilakukan didalam kelas?. Tidak ada rasa canggung selama kegiatan belajar berlangsung, karena semuanya telah direncanakan.
    2. Jumlah jam tatap muka yang dihabiskan tepat sasaran. Artinya sesuai dengan alokasi waktu RPP Kurikulum 2013. Apa lagi untuk mengajar di tingkat satuan sekolah dasar (SD). Guru harus mengupas tuntas 1 pembelajaran selama 1 hari. 
    3. Mempermudah tugas guru terutama dalam melakukan penilaian. Sebab, sebelumnya didalam RPP SD/MI Kurikulum 2013 telah dirancang terlebih dahulu sesuai standar kompetensi dari penilaian spritual (K1), sosial (K2), pengetahuan (K3), dan keterampilan (K4)


    Apa RPP Kurtilas Revisi 2018 Sesuai Peraturan?

    RPP Kurikulum 2013 SD/MI ini sudah sesuai berdasarkan:
    • Permendikbud Nomor 20, 21, 22, 23, dan 24 Tahun 2016 tentang Standar Isi, Proses, Penilaian Pendidikan dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Cek di Google, kalau penasaran)
    • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (Download)
    • Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (Download)
    • Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal (Download)
    • Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang KI dan KD (Download)

    Menurut yuridis diatas:
    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah gambaran rencana kegiatan yang akan dilakukan setiap tatap muka yang biasanya lebih dari satu pertemuan. Guru mengembangkan kegiatan pembelajaran Literasi, PPK, 4C, dan HOTS berdasarkan Silabus K13 yang digunakan Sekolah demi tercapainya kompetensi dasar.
    Jadi disimpulkan: Proses belajar mengajar yang baik sesuai harapan pemerintah melakukan penerapan menggunakan ke 4 (empat) kegiatan pembelajaran diatas.

    Guru dengan bijaksana harus mampu memenuhi harapan tersebut melalui membuat persiapan yang matang sebelum mengajar. RPP menjawab itu semua.

    Bingung?

    Selanjutnya, saya akan menjelaskan sedikit tentang 4 kegiatan yang harus dimiliki didalam RPP sesuai kurikulum 2013 beserta beberapa modul untuk dipelajari jika Anda punya waktu luang.

    Jangan sampai nanti ditanya pengawas di sekolah, kepanjangan GLS, PPK, 4C, dan HOTS malah tidak tau.

    Download RPP SD/MI K13 Revisi 2018 Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter

    4 Kegiatan RPP Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

    Pendekatan pembelajaran yang diterapkan didalam RPP K13 SD dirancang menggunakan pendekatan tematik terpadu dimulai Kelas 1 sampai Kelas 6. Pada pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, pengajaran dilaksanakan melalui integrasi berbagai kegiatan seperti literasi, PPK, kompetensi 4C, dan soal-soal berbasi HOTS.

    Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

    Implementasi RPP K13 SD/MI Revisi 2018 meliputi kegiatan yang mendorong siswa meningkatkan minat dan kemampuan membaca. Dilakukan menggunakan literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, dan budaya kewarganegaraan. (Cek modul dan buku panduan Literasi)

    Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

    Selama transfer pengetahuan berlangsung. Guru juga harus cerdas dalam menanamkan pemikiran, sikap, dan tindakan dalam memperbaharui mental siswa agar memiliki karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas.(Cek modul dan buku panduan PPK)

    Keterampilan Abad-21 dikenal 4C

    Kegiatan pembelajaran RPP SD K13 Revisi 2018 dilakukan untuk mengasah keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta kemampuan berpikir "learning to know, learning to do, learning to be,dan learning to live together in peace".

    Bisa dilihat pada gambar dibawah lebih jelas contoh kegiatannya.

    Kalau ada yang nanya 4C apa?
    Jawaban singkat: pokoknya yang bahasa inggris itu. 😎

    4 C adalah Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah, serta Kreativitas dan Inovasi. Biar gampang uda di terjemahkan kok pakai google translate. 😆
    (Download cara implementasi RPP SD/MI Kurikulum 2013 dalam mengembangkan keterampilan abad-21)

    Higher Order Thinking Skill (HOTS)

    Kompetensi dasar dari RPP SD K13 Revisi 2018 menggunakan C4 (analisis), C5 (evaluasi), dan C6 (Kreasi) berdasarkan taksonomi bloom. (Cek Panduan Orientasi HOTS)

    Lihat :
    RPP K13 SD dilengkapi Literasi, PPK, 4C, dan HOTS


    Bagaimana Cara Download RPP Kurikulum 2013 SD/MI .doc?

    1. Bagi Anda yang ingin mendownload RPP SD/MI, hanya tinggal menelusuri lebih lanjut link tautan diahir artikel,
    2. Selanjutnya akan diarahkan secara otomatis menuju artikel lain, yang telah melakukan pembahasan secara lebih detail terkait perangkat administrasi kelas yang dibutuhkan,
    3. Setiap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah saya bagi, berdasarkan semester, tematik, sub tema, dan pembelajaran sesuai buku guru dan siswa yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    4. Adapun format RPP SD yang saya gunakan yaitu  WINRAR, dan .doc (dokumen). Perlu melakukan ekstrak file kemudian menggunakan software Microsoft Office, OpenOffice Writer, AbiWord, Google Docs sejenisnya, untuk bisa membukanya.


    Download RPP SD/MI Kurikulum 2013

    PerhatianRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 Revisi 2018 Tematik yang saya bagikan merupakan model yang dapat dijadikan referensi sesuai dengan Buku Guru dan Siswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Jika terdapat ketidak cocokan beberapa bagian seperti kompetensi dasar, sumber belajar, atau kegiatan pembelajaran.

    Diharapkan lakukan pengeditan terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan sekolah masing-masing.

    Berikut dibawah ini kumpulan contoh RPP SD/MI Kurikulum 2013 bisa Bapak dan Ibu Guru download:



    Bonus:


      PENUTUP

      Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai RPP SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2. Jika ada pertanyaan? link/file error? langsung ke kolom komentar.

      Silahkan SHARE untuk saling berbagi RPP di media sosial dengan teman-teman guru yang belum memiliki perangkat administrasi kelas.

      Jangan lupa untuk subscribe via email dan notifikasi GRATIS, agar website ini tetap hidup.

      Baca juga :

      to Top