Membaca adalah cara belajar efektif
Home edukasi

Membaca adalah cara belajar efektif

Membaca adalah keterampilan dasar, karena itu bukan proses tunggal, tetapi sejumlah proses. Jadi, walaupun Anda mungkin pembaca yang lancar, karena Anda dapat dengan cepat dan mudah memahami tanda-huruf, dan dengan cepat mengakses arti kata-kata itu, itu tidak berarti Anda adalah pembaca yang terampil dalam teks informasi.



Membaca secara efektif untuk mendapatkan informasi atau instruksi, tidak seperti membaca cerita, perlu menjadi proses yang sangat aktif, karena pemahaman jauh lebih sulit daripada dalam format cerita yang lazim. Itu sebabnya apa yang disebut ' membaca cepat ' bisa sangat bermasalah.

Membaca "secara aktif" melibatkan:
  • memikirkan apa yang sedang Anda baca
  • bertanya pada diri sendiri pertanyaan tentang itu
  • mencoba menghubungkannya dengan informasi yang sudah Anda ketahui.
Seberapa baik Anda melakukan ini sebagian tergantung pada pemahaman Anda tentang topik tersebut. Dengan demikian, Anda mungkin menjadi pembaca teks filsafat yang terampil, tetapi benar-benar bingung ketika berhadapan dengan teks fisika.

Juga bukan hanya masalah pengetahuan konten. Cara Anda membaca aktif juga sebagian tergantung pada subjek yang Anda baca. Membaca teks ilmiah , misalnya, sangat berbeda dari membaca teks sejarah; keduanya membutuhkan pendekatan yang berbeda - keterampilan yang berbeda - dibandingkan dengan membaca teks ekonomi. Dan membaca dalam bahasa asing, tentu saja, berbeda lagi.

Belajar dengan membaca sulit dipisahkan dari mencatat , karena proses aktif yang perlu Anda lakukan sangat terbantu dengan strategi pencatatan. Keduanya berjalan beriringan, dan semakin sulit teksnya.

Meningkatkan keterampilan membaca Anda, dengan demikian, melibatkan tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca sendiri, tetapi juga:

  • mengenali berbagai proses yang terlibat dalam membaca, sehingga Anda dapat secara akurat menunjukkan sumber kesulitan pemahaman Anda (misalnya, itu mungkin hanya masalah jargon - tidak terbiasa dengan kosakata spesialis yang digunakan)
  • meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Anda tentang topik tersebut
  • meningkatkan keterampilan mencatat Anda, sehingga Anda tahu cara terbaik untuk mendekati berbagai jenis teks, untuk mengatur informasi untuk pemahaman yang lebih baik.

Baca juga :

to Top