Cara mengelola waktu: 10 Tips Manajemen Waktu
Home inspirasi

Cara mengelola waktu: 10 Tips Manajemen Waktu




10 Tips Untuk Manajemen Waktu: Cara Mengelola Waktu

Waktu tidak berhenti untuk siapa pun. Anda harus cepat, dan mengatasi tujuan Anda pada waktu yang tepat. Saat ini, telah terjadi demikian, bahwa jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan seseorang telah meningkat. Alhasil, dalam sehari, ia harus mengatur waktu dengan baik untuk bekerja maupun aktivitas sehari-hari. Jika tidak, maka itu akan merusak beberapa aspek lainnya. Seperti utas saya sebelumnya tentang manajemen stres , berikut adalah 10 tips untuk manajemen waktu.

Saya kesulitan mengatur waktu. Ini sebagian besar karena ponsel saya mudah mengganggu saya, jadi saya membuang banyak waktu untuk itu. Tetapi saya menyadari bahwa ini pada akhirnya akan menyebabkan masalah bagi saya, jadi saya perlu mengatur waktu dengan benar. Ini sebenarnya berhenti hanya untuk mengatur waktu Anda dengan benar, hanya saja, itu membutuhkan banyak pengabdian dari Anda. Jadi tetaplah berdedikasi untuk mengelola waktu Anda, dan Anda akan segera mengetahui bahwa itu jauh lebih mudah daripada yang terlihat.


10 Tips Untuk Manajemen Waktu: Kelola Waktu Dengan Benar

Apa itu Manajemen Waktu?

Manajemen waktu adalah proses untuk dapat memilah pekerjaan Anda dan memprioritaskannya secara efisien untuk memaksimalkan waktu Anda. Mengelola waktu tidak berarti termasuk beberapa tugas dan mengasingkan yang lain. Ini berarti menyelesaikan semua tugas Anda dalam waktu yang diizinkan dengan benar. Seperti keterangan yang tertulis, ini adalah "Bekerja cerdas, tidak bekerja keras." Ini terbukti menjadi moto yang bagus di hampir setiap situasi. Jadi di sini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengatur waktu dengan cerdas.

1. Penanganan sistematis



Membuat daftar rencana

- Selesaikan pekerjaan Anda

Tip yang sangat berulang di hampir setiap artikel bantuan mandiri. Tapi, itu sama pentingnya. Selalu, jika Anda memilah pekerjaan Anda, menjadi lebih mudah untuk menyelesaikannya tanpa kerumitan. Urutkan mereka menjadi dua tumpukan: Penting dan Tidak Penting.

- Buat daftar pekerjaan

Kemudian, setelah Anda mengurutkannya menjadi dua jenis, urutkan di antara mereka sendiri. Tuliskan daftar itu menurut jumlah waktu yang dapat mereka manfaatkan. Yang mana yang membutuhkan lebih banyak waktu dan upaya? Anda harus menyelesaikannya terlebih dahulu.

- Tentukan waktu penyelesaian

Poin ini terkait dengan yang sebelumnya. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh 'Anda' rata-rata? Pertimbangkan jumlah istirahat yang Anda ambil, setiap skenario mendadak dan tentukan jumlah matahari dari waktu yang Anda habiskan.

- Tenggat waktu

Hal lain yang dapat Anda lakukan, adalah mencantumkan tenggat waktu. Tugas mungkin mudah atau sulit, tetapi tenggat waktu menentukan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Selesaikan hal-hal yang perlu dilakukan dengan cepat, perilaku di minggu depan. Dengan cara ini, Anda dapat merencanakan jadwal waktu.

2. Batasi Waktu!



Pertahankan batas waktu untuk tugas Anda.
Seperti pada artikel sebelumnya tentang manajemen stres, poin ini berlaku dengan cara yang sama. Hentikan itu!

- Mendasarkannya pada level penyelesaian
Selesaikan tugas Anda berdasarkan kesulitan, tenggat waktu, dan kepentingannya. Tugas-tugas yang harus Anda selesaikan dalam seminggu harus lebih penting daripada tugas yang memiliki waktu sebulan untuk diselesaikan. Selain itu, persiapkan sedikit sebelumnya untuk tugas-tugas yang dapat menyebabkan masalah nanti. Anda dapat melakukan ini jika kedua tugas bersifat serupa. Saya akan menjelaskan ini sedikit.

- Batas Waktu

Untuk setiap tugas yang Anda lakukan, tetapkan batas waktu. Batas waktu ini harus didasarkan pada kapasitas Anda untuk menyelesaikan tugas dalam sekali jalan. Misalnya, jika Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menulis laporan tanpa menunda, tetapilah. Cobalah untuk menyelesaikan tugas dalam 30 menit itu tanpa permisi dulu. Percayalah, Anda akan mendapat manfaat nanti. Selalu selesaikan tugas yang ada sebelum pindah ke orang lain.

- Penjadwalan dan Pengorganisasian

Setelah tugas disaring dengan benar, atur agar berfungsi. Beberapa orang merasa sulit mengingat tugas mereka (saya), jadi saya membantu menandainya di kalender atau membuat jadwal dan menempelkannya di suatu tempat di mana Anda akan melihat. Saya sarankan tetap berpegang teguh pada itu. Selalu tinggalkan ruangan dalam jadwal Anda untuk situasi yang tidak pantas.

3. Sedikit Dedikasi



Bersikaplah asertif dan katakan tidak.

- Bersikaplah asertif

Ketika saya maksudkan dedikasi, saya sangat berarti. Bekerja di luar kemampuan Anda akan membahayakan Anda dan tidak akan membawa Anda ke mana pun. Jadi yang terbaik adalah mengatakan TIDAK ketika beberapa tugas tidak bisa dilakukan. Semakin sedikit tugas yang tidak penting semakin baik.

- Katakan Tidak (Menunda)

Penundaan adalah musuh terbesar kita dalam hal manajemen waktu. Terkadang sangat sulit untuk menghindarinya, tetapi harus ada sejumlah dedikasi dari pihak kita. Kalau tidak, semua ini sia-sia. Jadi, belajarlah untuk menghindari penundaan dan menyelesaikan tugas Anda dengan sungguh-sungguh sehingga Anda dapat bersantai sebanyak yang Anda inginkan nanti. Tunda semua yang Anda inginkan.

- Mulai Awal, Selesai Dini

Ini adalah sesuatu yang harus Anda lewati. Mulailah selalu tugas Anda sedini mungkin sehingga Anda dapat menyelesaikannya lebih cepat dari jadwal. Begitu Anda mendapatkannya, bersiaplah untuk itu. Anda memiliki tugas di bulan Februari yang ingin Anda selesaikan sebelum bulan Maret? Bersiaplah untuk itu.

4. Fokus!



Seperti lensa ini, fokuslah pada hal-hal penting.

Kebanyakan orang merasa sulit untuk fokus pada tugas karena berbagai gangguan. Namun, salah satu faktor penting dari manajemen waktu adalah kemampuan untuk fokus. Dan itu adalah, mampu fokus meskipun berbagai gangguan. Ini adalah sesuatu yang bermanfaat untuk dipelajari, itu berguna dalam berbagai kalangan.

- Membersihkan Diri Dari Gangguan

Ponsel, tablet, elektronik pada umumnya sangat mengganggu. Dengan demikian, yang terbaik adalah menghindari mereka untuk waktu kelulusan menyelesaikan tugas Anda. Apa yang biasa saya lakukan, meletakkan semuanya di loker sampai saya menyelesaikan ujian saya, lalu saya mengeluarkannya begitu selesai. Akhirnya, saya memutuskan untuk membangun konsentrasi dengan menjaganya agar tetap di dekat saya. Anda dapat mencoba mematikannya dan menyelesaikan tugas yang ada; hanya menggunakannya kecuali benar-benar diperlukan.

5. Konsentrasi



Latihan Lilin adalah salah satu metode terbaik untuk meningkatkan konsentrasi Anda.

Konsentrasi yang tepat sama dengan fungsi yang lebih baik selama penyelesaian tugas. Dengan demikian, sangat penting untuk meningkatkan aktivitas konsentrasi Anda melalui teka-teki, keramaian atau semacamnya di masa lalu Anda. Tanyakan kepada diri sendiri, apa yang membantu Anda fokus? Jika efektif, gunakan itu. Selama iklan itu tidak berbahaya, itu selalu merupakan pilihan terbaik.

- Latihan Lilin

Pernahkah Anda mendengar latihan ini? Ini membantu untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Kakek nenek saya mengajari saya ini ketika saya masih muda. Nyalakan lilin beberapa meter dari Anda dan kemudian duduk menghadap ke sana. Jaga mata Anda pada yang jatuh dan fokuslah pada itu. Selama mungkin, cobalah untuk mempertimbangkannya. Tak lama kemudian, Anda tidak akan menyadari segala sesuatu yang lain, kecuali nyala api. Mari kita lihat seberapa penuh perhatian Anda.

6. Metode Kerja Sistematis



Beristirahat sama pentingnya. Namun, jeda ini harus memiliki waktu yang terbatas.

Semakin sistematis dan terorganisir Anda, semakin baik. Jika Anda jelas tentang tugas apa yang harus Anda lakukan, dan dalam urutan dan metode apa, maka menjadi cukup mudah untuk mengatur waktu dengan mudah.

- Lakukan 2 hal sekali jalan

Apakah mungkin bagi Anda untuk menyelesaikan dua tugas dalam satu perjalanan? Misalkan Anda harus membeli telur dan kemudian sandal. Jika kedua toko berada pada rute yang sama, Anda cenderung menyelesaikannya dalam satu perjalanan. Akan lebih memakan waktu untuk melakukannya daripada kembali untuk membeli sandal untuk yang kedua kalinya. Dengan demikian, demikian pula, kami jika Anda dapat menyelesaikan dua tugas atau lebih dalam satu perjalanan ke waktu Anda yang konservatif.

- Pola 45 menit 15 menit

Cara lain Anda dapat membantu mengatur waktu adalah menggunakan metode ini. Katakanlah Anda bekerja selama 45 menit, lalu jadwalkan istirahat 15 menit. Untuk setiap menit ekstra yang Anda buang, tambahkan 10 menit lagi untuk 45 menit itu. Terus melakukannya sampai Anda tetap pada pola 45-15 menit yang asli.

- Penyangga Waktu

Satu kesalahan besar yang dilakukan orang, adalah bekerja setiap detik dalam hidup mereka dan hanya menyisakan waktu untuk makan dan tidur. Ini salah. Tubuh manusia kita memiliki batas spesifik yang dapat digunakannya, jadi penting untuk menahan waktu Anda. Selalu istirahat sejenak selama 15 menit untuk mengistirahatkan otak Anda dan menghancurkannya.

7. Jaga Kesehatan Anda



Makanan yang Baik, Kehidupan yang Baik.

Kesehatan sangat penting dalam segala bentuk panduan. Baik itu stres, waktu atau amarah, semua membutuhkan tubuh yang baik dan karenanya, pikiran yang baik untuk diselesaikan. Jadi makan sehat, tidur sehat bekerja sehat.

- Minuman yang menyegarkan

Anda bisa mencoba jus segar seperti jeruk, semangka atau jeruk nipis. Kandungan gulanya membantu memberi energi pada tubuh Anda. Namun, hindari makanan yang terlalu bergula.

- Tanpa Kafein, Tanpa Tanin

Kafein dalam kopi dan Tanine dalam teh adalah dua alasan untuk mengurangi stres dan ini mengganggu jadwal tidur dan waktu Anda. Cobalah untuk menghindari minum lebih dari satu cangkir setiap hari. Makan buah-buahan sebagai gantinya, mereka banyak membantu. Atau minum air putih, itu adalah minuman terbaik yang bisa Anda dapatkan!

- Tidur

Apa pun jadwal waktu Anda. Anda harus memiliki setidaknya 8 jam untuk tidur yang baik. Makhluk yang beristirahat dengan baik lebih mungkin mampu memenuhi jadwalnya daripada yang mengantuk. Mimpi indah, semuanya.

8. Latih Waktu Anda 



Bersepeda adalah olahraga santai namun efektif.


Maksud saya berolahraga untuk membantu waktu Anda. Saat Anda berolahraga, tingkat energi Anda meningkat. Akibatnya, tingkat produktivitas Anda juga ikut naik, membantu Anda mengatur waktu secara efisien! Ini adalah salah satu cara yang baik untuk menggunakan waktu istirahat Anda. Alih-alih menghabiskan waktu Anda di sofa di depan TV Anda, Anda bisa memberi energi pada diri sendiri dengan beberapa latihan ringan. Misalnya, Anda bisa mencoba bersepeda, peregangan, yoga, latihan pernapasan, dan banyak lagi. Ini juga akan membantu Anda mengatasi Resolusi Tahun Baru Anda!

9. Nikmati liburan di akhir pekan



Ini adalah pengorbanan kecil untuk sesuatu yang baik.

Ya, akhir pekan adalah untuk relaksasi, saya setuju sama banyaknya, tetapi tidak semua 24-48 jam akhir pekan Anda pergi relaksasi. Liburan sedikit waktu akhir pekan Anda dalam mempersiapkan, jika tidak menyelesaikan tugas Anda. Jika Anda melakukan sejak awal, Anda bisa menghabiskan cukup waktu untuk menikmatinya, tolong percaya padaku. Ini juga membantu Anda untuk tetap berada dalam lingkaran. Sebagai contoh, jika saya seorang seniman, saya bisa menghabiskan akhir pekan untuk mencoba membuat ulang karya seni yang akan datang. Sebagai hasilnya, itu akan membantu saya berlatih dan mungkin menyelesaikan beberapa tugas. Pew pew!

10. Selalu Nikmati Tugas Yang Anda Kerjakan



Anda melakukan lebih baik apa yang Anda sukai dan nikmati sepenuhnya.

Setelah berlaku, selalu berlaku. Ketika seseorang benar-benar menikmati melakukan pekerjaan atau tugasnya, itulah satu-satunya saat mereka dapat melakukannya dengan lebih baik dan lebih cepat daripada siapa pun. Tidakkah Anda akan menyelesaikan pekerjaan yang Anda sukai dengan lebih baik daripada melakukan sesuatu yang Anda benci? Tentu saja, Anda akan mencoba untuk menyelesaikan tugas tersesat Anda dengan cara yang serampangan. Jadi, perlu diingat, bahwa apa pun itu, cintai tugas Anda dari hati Anda. Ini akan membantu Anda di tahun-tahun mendatang.
Jadi, singkatnya, manajemen waktu meliputi:

  • Penanganan sistematis 
  • Batasi waktu
  • Dedikasi 
  • Fokus
  • Konsentrasi
  • Jadwal sistematis
  • Kesehatan yang Benar
  • Latihan yang Benar
  • Terakhir, Menikmati Pekerjaan Anda
Manajemen waktu adalah keterampilan, seni yang dimiliki setiap orang sejak lahir. Anda hanya harus memahami cara memanfaatkannya. Akhirnya, saya yakin kita semua akan bisa melakukannya. Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika tidak, silakan tinggalkan beberapa saran di bawah ini.
  • Jangan sibuk. 
  • Jadilah Produktif. 

Daftar pertanyaan

1. Seberapa baik manajemen waktu Anda?

2. Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas Anda?

3. Dapatkah Anda menyarankan cara Anda sendiri untuk mengatur waktu dengan benar? Mungkin Anda punya 10 tips untuk manajemen waktu juga!

4. Terakhir, apa pendapat Anda tentang manajemen waktu? Apa yang Anda lakukan?

Baca juga :

to Top