10 Teknik Manajemen dan Menghilangkan Stres: Panduan Singkat
Home inspirasi

10 Teknik Manajemen dan Menghilangkan Stres: Panduan Singkat

10 teknik manajemen stres terbaik untuk kehidupan yang lebih baik

Dengan semakin banyaknya pekerjaan dan persaingan dalam kehidupan, orang cenderung mudah stres. Gaya hidup serampangan dan pengabaian kebiasaan yang benar telah meningkatkan jumlah stres pada orang dewasa maupun anak-anak. Dengan demikian, menjadi perlu untuk memahami dan menerapkan cara-cara untuk manajemen,menghilangkan, ataupun mengurangi stress dengan benar. Jadi, saya ingin memberi Anda panduan untuk mengelola stres dengan baik. Mari kita selami lebih dalam 10 teknik manajemen stres.

Tetapi sebelum kita melakukan itu, pahami bahwa tidak ada cara absolut untuk sepenuhnya bebas dari stres . Kita harus memperhitungkan bahwa beberapa jenis stres itu sehat, dan dengan demikian, kita tidak bisa menghilangkan stress sepenuhnya; mereka hanya bisa belajar untuk 'mengaturnya' dengan benar. Jadi tanpa basa-basi, mari kita memahami teknik-teknik untuk mengelola/manajemen stres.

10 Teknik Manajemen Stres: Panduan Singkat


Stres sebenarnya adalah hal yang baik. Itu seperti mekanisme pertahanan tubuh kita, yang memungkinkan kita masuk ke mode ' bertarung atau lari ', tergantung pada situasinya. Stres memastikan bahwa seseorang tidak menunda-nunda secara berlebihan; agak seperti dorongan lembut yang kami butuhkan dalam kasus-kasus tertentu. Tetapi penting untuk mengendalikan stres dengan benar. Kalau tidak, stres akan cepat merusak kesehatan kita dan terbukti merugikan .

Akibatnya, orang perlu memahami teknik manajemen stres dan melaksanakannya sesuai. Sekarang, ada banyak cara untuk manajemen, menghilangkan, mengatasi, mengurangi stres, namun, garis besar dasarnya tetap sama.


1. Pahami batasan Anda



Tanyakan pada diri sendiri: Apa batasan Anda?

Sebelum melakukan sesuatu, seseorang harus memahami kapasitas mereka dan diri mereka sendiri dengan benar. Tanyakan pada diri sendiri: Berapa jam Anda bisa bekerja sehari? Berapa banyak yang bisa diserap otak saya? Apa tingkat energi saya? Apakah saya dapat mengatasi jadwal saya? Apakah mungkin bagi saya untuk menyelesaikan ini sebelum batas waktu? Maka, karenanya, Anda harus membuat perubahan. Setiap orang memiliki perbedaan dalam batasannya. Tapi, Anda harus mewaspadai faktor-faktor penyebab stres Anda, kemudian perlahan-lahan hilangkan. Temukan cara untuk menghadapinya (saya akan segera membahasnya).

Kebanyakan orang berusaha untuk mendorong diri mereka sendiri melampaui kapasitas mereka, untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Kita gagal memahami bahwa itu tidak sebanding dengan tekanan mental. Anda akan mencapainya pada akhirnya, teman saya. Pastikan saja bahwa kesehatan adalah yang utama, apa pun yang terjadi.

2. Atur Diri Anda Sendiri!


Atur diri Anda dan tugas Anda. Itu membantu!

Mengorganisir pekerjaan Anda sama pentingnya dengan mengenali batasan Anda. Kehidupan kerja / pekerjaan yang tertunda adalah kontributor utama stres yang tidak sehat. Untuk mengatasi stres, atasi pekerjaan Anda.

- Belajar memprioritaskan

Selesaikan tugas penting terlebih dahulu, yang kurang penting pada waktunya. Pekerjaan apa pun yang paling penting dan perlu dilakukan terlebih dahulu; Anda harus memperhatikannya. Anda dapat melakukan semua tugas kecil, yang kurang penting nantinya ketika Anda tidak berada di bawah tekanan tugas yang lebih besar. Buat daftar semua pekerjaan Anda dan kemudian urutkan sesuai.

- Kurangi pekerjaan yang tidak perlu!

Hentikan itu! Jangan lakukan sesuatu yang Anda benar-benar tidak perlu membuang energi Anda. Ingatlah untuk menghemat energi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan sebelum mereka berubah menjadi situasi yang penuh tekanan.

- Kelola waktu Anda dengan benar

Manajemen waktu diperlukan untuk kehidupan yang menyenangkan dan bebas stres. Belajarlah mengatur waktu Anda! Manfaatkan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, tetapi pastikan untuk menabung beberapa untuk kegiatan yang merusak lainnya juga. Buat sketsa jadwal untuk membantu diri Anda sendiri. Seseorang yang mampu mengatur waktu mereka secara efektif berhasil dalam hidup. 


Anda dapat melihat artikel saya tentang manajemen waktu untuk perincian lebih lanjut.

- Bersikaplah asertif, katakan TIDAK

Beberapa orang tidak cukup asertif. Akibatnya, mereka mengambil beban kerja yang berlebihan meski tahu bahwa mereka tidak bisa menghadapinya. Iya nih! Hanya karena sebagian dari kita tidak bisa mengatakan 'tidak', kita tenggelam dalam pekerjaan dan stres. Saya tipe orang ini, dan ya, itu menjadi cukup merepotkan nanti. Jadi katakan tidak, baik hati, tentu saja, dan jangan melebihi batas Anda. Anda akan baik-baik saja, kalau begitu.

3. Berolahraga Setiap Hari



Yoga adalah salah satu bentuk latihan terbaik untuk membantu mengelola stres dengan benar!

Jaga tubuh Anda aktif secara fisik, ini membantu mengelola stres. Ada berbagai latihan yang meningkatkan kontrol pernapasan, menghilangkan stres dan kecemasan. Dengan demikian, latihan semacam itu tidak hanya memastikan pelepasan stres, tetapi juga pada akhirnya membuat seseorang bugar dan kebal. Yoga adalah salah satu bentuk latihan yang mampu menghilangkan stres. Pose yoga seperti Anjali Mudra, Sukhasana, Marjaryasana adalah beberapa pose terbaik untuk dicoba jika Anda merasa stres atau cemas.

- Pranayama

Ketika kita mendengar sesuatu yang membuat kita stres atau cemas, kita secara tidak sadar menarik napas dalam-dalam dan menahan napas. Pola pernapasan ini mengaktifkan mekanisme pelarian atau pertarungan kita alias sistem saraf. Sebagai hasilnya, untuk relaksasi dan kontrol pernapasan, orang berlatih Pranayama. Ini melibatkan bernapas dengan lancar, sehingga mengubah pola pernapasan kita. Ini menyebabkan aktivasi ' respons relaksasi ' kami yang membantu mengelola stres dan mengurangi kecemasan. Namun, ini hanya mungkin jika kita berlatih dengan benar, jadi pastikan untuk melakukannya dengan benar. Pilihan lain adalah meditasi.

- Sering beraktivitas

Tetap aktif, jangan membuat diri Anda buruk dan malas. Tubuh yang bugar, seperti yang saya katakan di atas, adalah satu langkah lebih jauh ke keadaan sehat. Dan tubuh yang sehat selalu merupakan perasaan yang disambut, benarkan? Ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

4. Pola Makan



Diet yang sehat dan menyegarkan adalah jalan menuju manajemen stres

Tetap sehat, teman-teman. Meskipun makan makanan seimbang jelas perlu, ada beberapa makanan yang membantu mengurangi stres. Carilah item yang menginduksi serotonin dan mengurangi kortisol . Beberapa contoh yang baik adalah jeruk, almond, alpukat, susu, asparagus , dll. Ini adalah beberapa dari banyak makanan yang membantu mengurangi stres. Menurut pendapat saya, segelas jus jeruk segar atau jus jeruk lainnya membantu menyegarkan dan memberi energi pada saya. Tapi pastikan itu jus segar dan tidak ada yang ditambah gula.

- Air, minum banyak air

Ketika Anda stres, detak jantung Anda naik dan pernapasan Anda menjadi berat. Ini menyebabkan dehidrasi. Jadi, penting untuk memastikan Anda selalu terhidrasi dan sebaik-baiknya. Ini juga akan membantu untuk menghindari paket kelelahan, sakit kepala dan mual. Selain itu, air minum memiliki banyak manfaat lain selain membantu Anda mengelola stres!

5. Singkirkan Kecanduan Anda!



Alkohol, merokok, dan kebiasaan berbahaya lainnya adalah tidak boleh.

Ya itu betul. Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah menyingkirkan semua hal yang berbahaya. Seringkali, orang cenderung memusatkan stres mereka ke dalam kebiasaan buruk, kecanduan yang memperburuk kesehatan mereka alih-alih membantu mereka. Ada berbagai alternatif 'sehat' lain yang selalu bisa kita coba.

- Hindari merokok

Merokok dan minum adalah saluran yang paling umum bagi orang untuk memfokuskan stres mereka. Ketika orang stres, mereka merokok. Mereka minum. Jika mereka terus ditekankan, kebiasaan ini tumbuh lebih besar, akhirnya menelan mereka. Dalam jumlah besar, alkohol bertindak sebagai depresan dan stimulan dalam kualitas yang relatif lebih kecil. Demikian pula, nikotin dalam rokok juga merupakan stimulan yang meningkatkan stres Anda. Jadi, tidak dianjurkan untuk mengambilnya karena berbahaya. Alih-alih, kurangi kebiasaan Anda, atau singkirkan sepenuhnya. Jika Anda merasa benar-benar mustahil untuk berhenti, cobalah untuk mendapatkan bantuan dari pusat kesehatandan seperti. Kedua kebiasaan ini tidak dianjurkan, jadi akan lebih baik untuk menghilangkannya atau menghindarinya sejak awal. Saya tahu Anda bisa melakukannya!

- Hindari Kopi atau Gula

Kafein dan makanan manis terutama menyebabkan gangguan suasana hati dan energi Anda. Mengurangi ini akan membantu Anda merasa rileks dan tidur lebih baik dari sebelumnya. Minumlah air putih, itu akan menyegarkan Anda jauh lebih baik dan juga beberapa manfaat tambahan dari kulit halus yang bagus! Dan seperti yang saya katakan, buah selalu merupakan alternatif yang baik untuk produk bergula.

6. Cari dan Lakukan Hoby mu



Cobalah untuk memfokuskan semua stres Anda ke dalam hobi atau masa lalu. Misalnya, berkebun adalah hobi yang baik.

Tip ini terhubung dengan yang sebelumnya. Alih-alih menghilangkan stres Anda dengan cara yang berbahaya, cobalah untuk memfokuskan semuanya untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai. Kecuali jika sesuatu yang Anda sukai adalah merokok atau minum, maka jangan mengikuti kalimat ini. Kultivasi hobi adalah salah satu cara yang luar biasa dan berguna untuk menyalurkan stres yang terpendam itu tanpa memengaruhi diri sendiri secara negatif.

Beberapa hobi yang sangat baik adalah :

  • Berkebun
  • Menggambar atau Melukis
  • Membaca
  • Menulis
  • Membangun sesuatu
  • Memelihara hewan
  • Memasak
  • Olah raga
Menggambar adalah salah satu hobi yang saya gunakan untuk mengelola stres dan kemarahan saya. Saya menggambar setiap kali saya stres dengan belajar atau marah tentang sesuatu. Dan ya! Ini 100% membantu, tidak hanya dengan mengembangkan hobi saya tetapi juga mengatasi stres ini. Cobalah!

- Mendengarkan musik

Pilihan bagus lainnya adalah mendengarkan musik. Cobalah mendengarkan lagu atau album yang menenangkan. Saya menemukan musik klasik dan Jazz sangat menenangkan. Selain itu, saya juga menikmati mendengarkan suara burung atau alam saat saya tidur. Anda dapat mencoba beberapa di antaranya jika Anda mau.

  • Raflum – Melodies Of The Forest And Springs
  • Sophie Hutchins – Wide Asleep
  • Raflum – Guī Zhào
  • The Best Of Yiruma
  • Ghibli Jazz
  • Kai Engel – Nothing Lasts Forever
Tentu saja, selera kita mungkin berbeda, tetapi tidak ada salahnya mencoba ini! 

7. Tidur Nyenyak



Tidur pada waktu yang tepat, selama 8 jam atau lebih.

Ahh, siapa yang tidak suka tidur? Ya, benar, dan sangat dibutuhkan oleh kita untuk mengatasi stres. Itu adalah bagian penting dari kehidupan kita, seperti halnya makan. Namun, karena stres bekerja, kebanyakan dari kita gagal memenuhi jumlah tidur yang diperlukan. Jadi, pastikan tidur setidaknya 8 jam sehari.

- Hindari memikirkan faktor stres

Berjam-jam sebelum tidur, hindari melakukan pekerjaan yang membuat stres. Cobalah untuk rileks sebanyak mungkin. Hindari minum kopi atau bahkan teh. Mandilah dengan air hangat dan menyegarkan, makanlah makan malam dengan benar. Setelah itu, berbaringlah di tempat tidur Anda dan cobalah untuk melelahkan mata Anda. Jauhkan ponsel Anda atau pekerjaan apa pun yang terkait. Mungkin, baca buku atau dengarkan musik santai untuk membantu. Fokus pada tidur. Jangan minum obat apa pun untuk membantu Anda tidur .

- Perbaiki jam biologis Anda

Jangan mengacaukan jam biologis Anda. Pastikan Anda tidur pada waktu yang sama setiap hari. Dengan begitu tubuh Anda akan menerima waktu ini sebagai waktu tidur Anda dan Anda secara otomatis akan tertidur pada jam ini setiap hari. Cobalah untuk tidak tidur terlalu malam, saya tahu ini sulit untuk diikuti, tetapi Anda harus mencobanya. Butuh beberapa saat, namun akhirnya saya tertidur sekitar jam 11 malam setiap hari dan saya mendapatkan tidur yang baik selama 8 jam.

8. Tertawa dan Tersenyumlah



Tertawa adalah obat terbaik!

Ya, tertawa adalah obat terbaik untuk mengatasi stres dan kecemasan. Tidak ada solusi yang lebih baik untuk stres selain tertawa! Ini menghidupkan kembali ketegangan fisik Anda hampir 45 menit setelah Anda selesai tertawa. Ini mengurangi hormon stres Anda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi hati Anda yang cantik. Tertawa melepaskan endorfin tua yang baik alias hormon perasaan yang baik. Secara sosial, ini membantu meredakan situasi tegang, memperkuat hubungan, dll. Dengan kata lain, ini adalah paket bemper terbaik yang pernah Anda miliki!

Cobalah lebih banyak tersenyum setiap hari, saksikan pertunjukan komedi, dan menjadi orang yang periang dan periang. Selain itu, akan lebih baik untuk lebih banyak tertawa dengan teman dan keluarga Anda, bergaul dengan mereka. Ada peluang bagus terjadi sesuatu yang lucu dengan orang lain daripada saat sendirian. Dan ini membawa saya ke titik kedua terakhir kami.

9. Ekspresikan Dirimu!



Yang terbaik adalah berbicara dengan teman atau keluarga Anda. Biarkan, jangan disimpan.

Teknik-teknik ini efektif dan semuanya, tetapi yang paling efektif adalah melatih diri Anda untuk menutupnya. Seringkali, orang cenderung menahan stres dan emosi mereka yang memperburuk suasana hati dan pikiran Anda. Sebaliknya, berkumpullah dengan teman dan keluarga dan hidupkan kembali stres Anda. Mungkin mereka memiliki solusi yang lebih baik dan jauh lebih efektif untuk faktor stres Anda, jadi dengarkan mereka! Ingat, tidak ada sumber solusi yang lebih baik daripada keluarga Anda sendiri. Bantuan selalu lebih dekat daripada yang terlihat. Tampaknya, keluarga saya mengajari saya beberapa trik untuk mengatasi kesulitan yang tidak dapat saya temukan di situs web atau blog mana pun. Jadi itu bagus, bukan? Komunikasi adalah kuncinya di sini. Anda hanya perlu membuka kunci.

10. Lakukan Segala Hal



Selesaikan pekerjaan sebelum menjadi beban.

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya adalah poin pamungkas saya. Ini lebih merupakan aturan emas yang harus Anda jalani. Meskipun tidak berlaku di semua aspek, ini adalah saran yang bermanfaat.

Lakukan sejak awal

Itu benar, jangan biarkan pekerjaan Anda menumpuk, jangan menunda-nunda sesuatu yang bisa Anda selesaikan dengan mudah. Jika Anda menyelesaikannya dengan benar ketika masih kecil, itu mungkin tidak akan menjadi kontributor besar bagi stres Anda. Jika Anda khusus dalam pekerjaan dan studi Anda, itu akan menghasilkan nanti. Ingat itu, dan Anda akan menjadi makhluk yang bahagia, tidak terlalu stres.

Singkatnya, ingatlah untuk :

  • Pahami batasan Anda
  • Atur diri Anda
  • Berolahraga dengan benar
  • Atur pola makan
  • Hindari kebiasaan buruk
  • Kembangkan hobi Anda
  • Tidur nyenyak
  • Tertawa lebih keras
  • Ekspresikan dirimu dan
  • Lakukan sejak awal! Jangan menunda-nunda.
Kamu melihat? Tidak sulit untuk dimengerti. Ya, butuh waktu untuk mengelola stres dengan baik, namun pada akhirnya, itu sepadan dengan usaha karena memiliki banyak manfaat. Memiliki pola pikir positif dan Anda akan dapat mengatasi stres dengan sangat mudah. Jadi sebelum saya menyimpulkan artikel ini di sini adalah kutipan untuk Anda.

Bukan stres yang membunuh kita. Ini adalah pola pikir kita terhadapnya. Tetap positif dan percaya pada diri sendiri. 

Pertanyaan

1. Cara apa yang bisa Anda sarankan untuk mengatasi stres?

2. Apakah Anda pikir kita perlu stres dalam hidup kita? Mengapa?

3. Bagamana cara manajemen, menghilangkan, mengatasi, mengurangi stres?

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top