Program Semester (PROMES/PROSEM) Kurikulum 2013 SMP Kelas 7, 8, 9 (Lengkap)
Home KURIKULUM 2013 / PROMES

Program Semester (PROMES/PROSEM) Kurikulum 2013 SMP Kelas 7, 8, 9 (Lengkap)

Program Semester (PROMES/PROSEM) Kurikulum 2013 SMP Kelas 7, 8, 9 (Lengkap)- Hai semua sobat guru kesempatan kali ini kami akan share contoh Program Semester Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan SMP di kelas 7/8/9. Adapun tujuan dari postingan ini adalah untuk saling berbagi dan membatu teman-teman semua yang mengalami kesusahan dalam merancang PROSEM SMP.

Program Semester merupakan singkatan dari prosem atau pun promes yang biasanya kita kenal. Program Semester Kurikulum 2013 adalah suatu garis besar dari rancangan mengenai kompetensi dasar, materi pokok, alokasi waktu dari pengajaran yang akan dilakukan oleh seorang guru dalam waktu 1 semester. PROSEM K13 SMP biasanya dalam tahun ajaran baru terdiri dari 2 bagian, yaitu PROMES SMP Semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap).

Tahapan awal membuat suatu Program Semester Kurikulum 2013 SMP Kelas 8 dan lainnya adalah pertama-tama para guru harus mengidentifikasi kompetensi dasar digunakan dalam tahun ajaran baru, selanjutnya merancang jumlah jam belajar efektif (JBE) dan hari belajar efektif (HBE). Setelah membuat 2 komponen dasar tersebut, barulah Anda dapat merancang PROMES/PROSEM SMP kelas 7 8 9 dari suatu bidang studi seperti: matematika, ipa, ips, pjok, pai, seni budaya, bahasa inggris, matematika, ppkn, dll.

Program semester kurikulum 2013 (kurtilas) terdiri dari beberapa bagian seperti: Identitas Sekolah Menengah Pertama (SMP), kompetensi dasar, materi pelajaran, alokasi waktu (jam bidang studi). Segala komponen tersebut dirancang sedemikian rupa agar menghasilkan PROSEM Kurikulum 2013 (K13) SMP yang baik dan tepat.


Untuk lebih jelasnya bapak/ibu dapat melihat dan download secara langsung contoh/format Program Semester (PROMES) khusus lembaga pendidikan SMP yang di kurikulum 2013:

Baca juga :

to Top