Pemetaan KD Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
Home KURIKULUM 2013 / PEMETAAN KD

Pemetaan KD Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi

Pemetaan KD Kelas 1 SD Semester 1 K13 Revisi adalah langkah awal guru dalam membuat desain pembelajaran Kurikulum 2013 dengan mengorganisir Kompetensi Dasar dari target pembelajaran agar dapat merancang Silabus dikemudian hari.

Pemetaan KD Kelas 1 SD adalah salah satu bagian dari desain pembelajaran untuk memetakan Kompetensi Inti aspek spritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan, dijadikan sebagai persyaratan untuk dianggap telah mampu menyelesaikan segala permasalahan atau tugas-tugas sesuai bidangnya.

Pentingnya Pemetaan KD Kelas 1 Semester 1 K13 Revisi

Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi dijadikan start awal dalam melakukan rancangan pembelajaran tersebut. Perancangan KD dilakukan sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Sekolah menjadi wadah dilakukannya pemilihan yang tepat setiap kompetensi yang akan dibuat.

Dilakukannya Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 1 adalah acuan sekolah dalam melakukan perbaikan pendidikan sumber daya manusia sehingga dapat menciptakan mutu pendidikan yang lebih baik nantinya. Pemetaan KD adalah gambaran dari diagram tulang ikan (fish bone), pertama sekali disebut oleh Kaoru Ishikawa di Jepang sekitar tahun 1960-an.

Dari diagram itulah dapat diunggkapkan semua kemungkinan penyebab dari permasalahan yang dialami oleh siswa, jika mengalami kesulitan dalam belajar. Sehingga, guru mampu berperan aktif sebagai katalisator dan fasilitator sesuai amanat Kurikulum 2013, menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif, efisien, dan menarik.

Tetapi jika guru masih terpaku kepada kurikulum lama yang cenderung kaku, dimana lebih memperhatikan keberhasilan hasil belajar siswa saja, tidak memandang keberhasilan proses, maka nilai akhir pembelajaran tidak akan terciptanya kemajuan kualitas pendidikan.

Sebelum teman guru mendownload Pemetaan KD Kelas 1, ada baiknya guru membaca beberapa informasi dibawah ini, guna menambah pemahaman mengenai Kompetensi Dasar di SD

Supaya teman guru, lebih pintar serta mengerti dalam merancang administrasi pendidikan yang dibutuhkan teman guru setimpal dengan sekolah tiap- tiap. Didalam proses pendidikan serta pembelajaran di tingkatan Sekolah Dasar( SD) alokasi jam belajarnya merupakan 35 menit per pertemuan serta beban belajar tiap- tiap kelas ialah:

Teman guru kelas 1 SD yang handal pasti telah ketahui serta sanggup membuat sesuatu pemetaan dari kompetensi dasar( KD) yang hendak dijadikan sasaran oleh partisipan didik. Di saat tahun ajaran baru ini, teman guru telah wajib menuntaskan rancangan administrasi pendidikan sekolah. Salah satu dari fitur administrasi tersebut tidak lain merupakan pemetaan KD.

Banyak khasiat serta khasiat dari melaksanakan perancangan Pemetaan KD Kelas 1 semester 1, bagaikan bahan dasar dari pembuatan silabus pembelajaran kurikulum 2013 Revisi ialah khasiat tersebut.

Metode termudah untuk merancang pemetaan KI KD kurikulum 2013 Revisi di kelas 1 semester 1 ini merupakan dengan menggunakan buku guru K13. Didalam buku tersebut, setiap kompetensi dasar yang ingin dicapai sudah petakan dengan baik.

Buku guru Kurikulum 2013 Revisi dibagi jadi 4 tema, tiap tema mewakili 4 sub tema, serta 1 sub tema terdiri atas 6 pendidikan. Mengenakan Buku guru bagaikan acuan dalam melaksanakan pemetaan KI serta KD bukan ialah perihal yang salah.

Karena Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar K13 SD tersebut telah setimpal dengan standar pembelajaran nasional yang diberlakukan oleh kemdikbud sendiri. Namun KI- KD itu pasti belum setimpal ataupun juga dapat di capai oleh partisipan didik di tiap sekolah yang terdapat di Indonesia, paling utama sekolah- sekolah yang terdapat di pelosok Tanah Air.

Gimana triknya supaya KI- KD kurikulum 2013 sd Revisi yang hendak dijadikan sasaran partisipan didik setimpal dengan pengetahuan siswa?.

KD Kelas 1 Kurikulum 2013 yang telah terdapat, bisa dianalisis serta dibesarkan oleh teman guru sendiri, supaya KI- KD tersebut sesuai dengan partisipan didik tanpa wajib kurangi standar pembelajaran nasional yang terdapat. Proses analisis KD Kelas 1 K13 inilah yang dinamakan dengan" pemetaan", dengan tujuan hasil sepanjang proses belajar mengajar jadi lebih optimal.

Kompetensi Dasar( KD) bergantung dari sebagian perihal yang wajib dipertimbangkan, antara lain:
  1. kemampuan partisipan didik
  2. relevansi dengan ciri daerah
  3. tingkatan pertumbuhan raga, intelektual, emosional, sosial, serta spritual partisipan didik
  4. kebermanfaatan untuk partisipan didik
  5. struktur keilmuan
  6. aktualitas, kedalaman, serta keluasan modul pembelajaran
  7. relevansi dengan kebutuhan partisipan didik serta tuntutan lingkungan
  8. alokasi waktu yang tersedia


Jadi bisa disimpulkan didalam isi pemetaan kd buat tiap sekolah bisa sama maupun berbeda. Perbandingan KD bisa terjalin pada biasanya diakibatkan sebab tingkatan kemampuan partisipan didik tiap sekolah berbeda pula.

Tetapi buat memudahkan teman guru dalam melaksanakan analisis pemetaan kd buat kelas 1 SD di semester 1 pada kurikulum 2013 Revisi, kami hendak menshare pemetaan kd tersebut dalam format excel.

Standar Kompetensi Lulusan KD Kelas 1

Berdasarkan Permendiknas No. 22 Tahun 2006, Standar Isi (SI) dijadikan sebagai lingkup materi tingkatan kompetensi dalam mencerminkan standar lulusan setiap jenjang pendidikan. Standar ini menjadi landasan kerangka utama terhadap struktur Kurikulum 2013 Revisi yang digunakan sekolah di Indonesia.

Standar kompetensi lulusan adalah syarat peserta didik dinyatakan lulus dari berbagai aspek penilaian pembelajaran. Gambaran tersebut dirancang oleh para guru secara keseluruhan melalui kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran di kelas.

Secara keseluruhan KD yang tingkat pencapaian siswa masih rendah berhubungan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan. Misalnya adalah masih rendahnya kemampuan siswa dalam memahami gambaran umum maupun menemukan informasi rinci berbagai jenis teks, seperti: descriptive, discussion, exposition, dan narrative.

Siswa kurang memahami perbedaan generic structure dan retorika dari tiap-tiap jenis teks tersebut. Hal ini dikarenakan dihilangkannya materi pembelajaran structure dari silabus, sementara dilain pihak siswa dituntut untuk dapat memahami dan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar pada saat berbicara maupun menulis.

Permasalahan yang lainnya adalah guru belum sepenuhmnya menggunakan silabus, RPP, maupun LKS yang dirancang sendiri sesuai dengan tuntutan pengembangan Kurikulum 2013 Revisi oleh sekolah, melainkan masih menggunakan silabus, RPP, maupun LKS yang tersedia di pasaran atau sumber lainnya.

Hal ini juga disebabkan oleh kurangnya pelatihan mengenai cara pembuatan perangkat pembelajaran yang benar, sehingga guru tersebut masih kurang terampil dalam membuat perangkat pembelajaran

Download Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 1

Download Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1

Pemetaan KD Kelas 1 SD terdiri dari 4 tema yang disimpan dalam format winrar. Mudah- mudahan Pemetaan KD Kurikulum 2013 Revisi lengkap buat kelas 1 SD semester 1 ini bisa berguna buat teman guru. Jangan Kurang ingat men- SHARE serta LIKE Fan Page Facebook Kami, supaya tidak ketinggalan pembaharuan berikutnya. Terima Kasih.

Pemetaan KD
Kelas 1 Semester 1
Oleh unLiroom

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top