PROTA K13: PROGRAM TAHUNAN SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI
Home KURIKULUM 2013 / PROTA

PROTA K13: PROGRAM TAHUNAN SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI

PROTA K13: PROGRAM TAHUNAN SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI - Berdasarkan Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran dan Kalender Akademik (Kaldik).
Setiap guru yang ditugaskan melakukan proses belajar mengajar di kelas, diwajibkan harus memiliki perangkat administrasi belajar seperti Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Pemetaan KI-KD, Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Dll.
Dimana tujuan dari perangkat administrasi K13 SD tersebut adalah untuk membantu para guru dalam membuat perencanaan yang baik dan matang sebelum melaksanakan proses belajar mengajar dikelas. Agar para peserta didik dapat mudah mencerna dan memahami pengetahuan yang akan di transfer oleh guru.

Sekarang, kita akan membahas yang namanya Program Tahunan. Untuk Prota SD Kelas 1, 2, 3,4, 5, 6 Kurikulum 2013 Revisi 2017, 2018, 2019 sendiri merupakan rencana guru yang berisi alokasi waktu pembelajaran dalam 1 (satu) tahun.

Alokasi waktu tersebut direncanakan untuk setiap Kompetensi Dasar (KD) yang akan dipelajari oleh peserta didik di kelas. Dengan kata lain, dapat di artikan isi dari PROTA adalah berapa JJM/pertemuan agar peserta didik dapat memahami setiap Kompetensi Dasar (KD) di kelas Anda Bapak/Ibu Guru.

Prota K13 dapat dianggap sebagai rencana umum dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas setelah para guru mengetahui Jumlah Jam Mengajar (JJM) efektif sesuai dengan Kalender Akademik (Kaldik).

Oleh karena itu Prota SD/MI untuk setiap kelas 1 sampai 6 SD perlu dipersiapkan oleh para masing-masing para guru sebelum dimulainya tahun ajaran baru di sekolah, karena setiap PROTA SD akan selalu bersinkronisasi/berkesinambungan dengan Silabus, RPP, PROMES, Pemetaan KI-KD, dan juga KKM.



Prota SD kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru terdiri dari beberapa komponen seperti: identitas sekolah dasar (SD), tema, sub tema, dan alokasi waktu. Dalam pembelajaran yang dimuat di Program Tahunan sekarang ini bukan lagi mata pelajaran bersifat tunggal seperti pkn, ipa, ips, bahasa indonesia, tetapi semua pelajaran di sekolah dasar (SD) dipadukan berdasarkan tema yang sesuai agar dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik secara menyeluruh.

Tujuan perancangan program tahunan ialah untuk menata setiap materi pembelajaran secara logis, sistematis serta hierarki; mendistribusikan alokasi waktu buat tiap pokok bahasan; mendesak proses pendidikan menjadi efisien serta efisien bersumber pada teknologi informasi komunikasi yang sudah diresmikan; memudahkan guru buat mengenali sasaran kurikulum per pokok bahasan ataupun per bulan

Setelah sahabat guru merancang prota Kurtilas sd revisi, maka akan dapat membuat program semester atau dikenal dengan promes /prosem k13 sd. Untuk isi dari prosem k13 sd dicantumkan lebih rinci lagi dibandingkan dengan prota sd kurikulum 2013 revisi.

Oleh karena pentingnya Prota K13 SD/MI dalam proses belajar mengajar di kelas. Bapak/Ibu Guru dapat mendownload Program Tahunan ini secara gratis, jangan khawatir karena PROTA terdiri dari Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD masing-masing dapat di download melalui link berikut:
  • COVER PROTA SD KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6, DOWNLOAD
Sekian informasi yang dapat kami berikan menengenai Program Tahunan Kurikulum 2013 SD/MI. Jika ada pertanyaan, silahkan jangan ragu cantumkan di kolom komentar.

Ikuti trus kami dengan cara SUBSCRIBE via email, agar tidak ketinggalan artikel menarik lainnya. Silahkan SHARE di sosial media untuk dapat saling berbagi dengan teman guru lainnya. Terima Kasih.

    Baca juga :

    to Top