Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kurikulum 2013 SD/MI
Home KKM / KURIKULUM 2013

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kurikulum 2013 SD/MI

KKM Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 merupakan singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal, yang memiliki arti sebagai nilai terendah yang harus dicapai oleh peserta didik agar dapat dinyatakan LULUS dalam setiap Kompetensi Dasar (KD) dalam satu mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik tersebut.

Nilai untuk Kriteria Ketuntasan Minimum atau KKM K13 SD/MI Revisi biasanya ditetapkan saat sebelum tahun ajaran baru dimulai di sekolah masing-masing. Oleh karena itu setiap guru kelas baik itu guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 ataupun guru bidang studi harus mampu menetapkan nilainya.

KKM SD/MI dapat dikatakan sebagai alat ukur para peserta didik untuk mencapai ketuntasan. Besaran nilai harus ditentukan secara khusus oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata Pelajaran di satuan Pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki ciri yang sama.

Pertimbangan Bapak/Ibu guru atau forum MGMP atau KKG secara akademis menjadi faktor penentuan KKM SD setiap mata pelajaran seperti: matematika, ipa, ips, bahasa indonesia (BI), PPKN, PJOK (penjasorkes), SBK, Bahasa Inggris di lembaga pendidikan dengan kurikulum 2013 revisi.

Langkah-langkah dalam menetapkan KKM K13 SD/MI hampir sama dengan penjelasan diatas. Bahwa dalam memilih nilai Kriteria Ketuntasan Minimum Kurikulum 2013 dilakukan oleh guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 atau kelompok guru mata Pelajaran.

Beberapa langkah dan tahapan untuk membuat Nilai KKM kurtilas Sekolah Dasar dengan revisi 2018 adalah para guru harus memperhatikan 3 aspek penting, yaitu: Kompleksitas, daya dukung, dan Intak siswa.
  • Aspek kompleksitas diartikan: Semakin kompleks (sukar) KD Kemudian nilainya lebih rendah, dan semakin mudah KD Kemudian nilainya semakin tinggi.
  •  Daya dukung (sarana) diartikan: Semakin tinggi daya dukungan alam maka nilainya semakin tinggi.
  • Intak siswa (aspek asupan) diartikan: Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya tetap tinggi pula
Download KKM Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3 ,4 ,5, 6 Semester 1 dan 2

Hasil penentuan KKM SD/MI Kurikulum 2013 oleh guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 atau kelompok guru mata disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melaksanakan penilaian dan kelulusan peserta didik.

Setelah NILAI disahkan makan selanjutnya disosialisaikan untuk pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan pengawas UPT dinas pendidikan. KKM SD yang dicantumkan dalam laporan hasil belajar atau raport pada saat orang tua / wali siswa.

Secara umum Kriteria Ketuntasan Minimal memiliki beberapa fungsi di sekolah dasar, antara lain:
  1. Sebagai referensi bagi seorang guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD dalam memberikan Pelajaran yang didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata Pelajaran masing-masing kelas.
  2. Sebagai acuan bagi peserta didik agar dapat dilakukan sebelum pembelajaran dan dilakukan
  3. Sebagai target targer peserta didik dalam materi pelajaran setiap Kompetensi Dasar yang telah ditentukan oleh guru masing-masing baik itu semua guru kelas 1 sampai 6.
  4. Sebagai salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi
  5. Sebagai "kontrak" pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (sempurna orang tua dan wali murid)


Komponen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SD/MI K13

KKM "kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa "

Dimana pada kolom KKM K13 ini terbagi atas Kompleksitas, Daya dukung, dan Intake siswa
  1. Kompleksitas adalah tingkat kesukaran materi pada KD yang ingin di target siswa. Jika tingkat kesukaran materi "tinggi", maka kompleksitas akan semakin rendah nilainya. 
  2. Penentuan penilaian kriteria "daya dukung" dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya: alat bantu/media yang digunakan, kompetensi guru, apakah "gelar" yang dimiliki guru sesuai dengan kelas yang diampu, apakah guru sudah sertifikasi, dll. Artinya: semakin besar daya dukung yang dimiliki guru, maka nilai pada kriteria "daya dukung" akan semakin tinggi juga nilai KKM Kurikulum 2013. 
  3. Yang terakhir adalah "intake siswa", kriteria ini dapat diartikan sebagai SDM siswa yang diajar oleh guru. Jika SDM siswa semakin tinggi, maka nilai KKM Revisi Terbaru untuk aspek "intake siswa", ikut semakin tinggi juga.


KKM "Penilaian Kompetensi Inti"

Terdapat 3 aspek penilaian ini yaitu:
  1. Sosial (K2)
  2. Pengetahuan (K3)
  3. Keterampilan (K4)

Loh Kompetensi Inti untuk Spiritual (K1) dimana? Itu disiapkan oleh guru agama masing-masing. Sedangkan untuk guru kelas harus mengerjakan ketiga penilaian diatas. 

Perlu hati-hati dalam menentukan KKM terutama pada kompetensi dasar aspek pengetahuan dan keterampilan. Semua nilai tergantung kepada kondisi sekolah, guru, dan siswa masing-masing.

Berikut adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SD/MI Kurikulum 2013 yang dapat di download Bapak dan Ibu Guru:


Terima kasih masih mau singgah ke blog kami untuk mendownload aplikasi KKM K13 SD/MI. Jika ada pertanyaan? atau menemukan link dan file yang error serta corrupt harap segera dilaporkan kepada kami di kolom komentar dibawah.

Jangan lupa untuk subscribe via email GRATIS, dan SHARE artikel ini di sosial media untuk saling berbagi dengan teman-teman guru yang membutuhkan.

              Baca juga :

              to Top