35 Contoh Singkat Pidato Perpisahan Kelas di Sekolah
Home PIDATO

35 Contoh Singkat Pidato Perpisahan Kelas di Sekolah

35 Contoh Singkat Pidato Perpisahan Kelas di Sekolah- Berikut ini adalah beberapa contoh pidato yang bisa dijadikan sebagai referensi buat adik-adik sekalian dalam menyusun naskah  yang baik dan benar.


PIDATO PERPISAHAN KELAS DI SEKOLAH

Merupakan suatu upaya siswa atau siswi dalam menyampaikan pemikiran dalam bentuk kalimat yang efektif dan efisien secara lisan kepada teman-teman, bapak/ibu guru, kepala sekolah, orang tua dan lain-lain dalam acara kegiatan perpisahan sekolah.

Biasanya siswa-siswi kelas 6, sangat jarang berpidato di sekolah, namun selama 6 tahun bersekolah. Terdapat 2 kejadian yang mengharuskan kamu untuk melakukan pidato;
  1. Saat Acara Perpisahaan Sekolah
  2. Ujian Praktik Bahasa Indonesia
Oleh karena itu, supaya Anda mampu menyampaikan pidato dengan benar, sebaiknya melakukan beberapa persiapan; pertama membuat naskah /teks sebelum tampil di depan umum (dapat di download di akhir artikel), kedua baca beberapa informasi menarik dibawah ini;

CARA MENYAMPAIKAN PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH

  1. Persiapkan teks pidato sesuai dengan pemikiran kamu,
  2. Pilih penggunaan kata-kata mudah dimengerti, sehingga banyak orang gampang memahami isi dari pidato yang bawa di depan kelas sekolah kamu.
  3. Jangan gugup, perlihatkan ekspresi tepat berdasarkan isi naskah. Contoh saat kamu mengucapkan kata-kata sedih, tunjukkan juga ekspresi kesedihan. Atau sebaliknya jika kamu menggunakan kalimat humoris, maka gunakan wajah tertawa/senyum
  4. Gunakan bahasa tubuh seperti gerakan tangan dan lakukan juga kontak pandangan dengan audiens. Cara ini dapat membantu mengurangi kecemasan/grogi saat tampil berbicara du sekolah.
  5. Tampil senatural mungkin.

HAL PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM BERPIDATO PERPISAHAN

  • Menentukan topik serta tujuan dari pidato. Contohnya: topik perpisahan sekolah, atau perpisahan kelas 6, dan lainnya
  • Hubungkan teks pidato dengan kehidupan situasi kondisi sebenarnya dari pendengar,
  • Gunakan waktu secara tepat saat melakukan pidato perpisahan kelas.  Usahakan jangan terlalu singkat atau terlalu lama berbicara di depan sehingga menjadi membosankan.
  • Kembangkan kerangka pidato sekolah,
  • Uraikan secara detail topik yang dibahas dalam naskah sehingga menjadi singkat jelas dan padat.
  • Latih suara, membiasakan diri dan menemukan gaya berbicara sesuai diri sendiri.

Download dan pelajari beberapa contoh pidato perpisahan sekolah

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Ke-1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah, karena Nya masih memberikan nikmat sehat dan nikmat kesempatan. Sehingga masih dapat berkumpul dalam acara pada pagi hari ini, sehingga saya dapat menyampaikan pidato perpisahan sekolah. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam, masih telah membawa risalah islam ini dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah, seperti yang kami rasakan sekarang ini.

Tidak terasa waktu berlalu terlalu cepat, tidak terasa sudah sekitar 6 tahun, saya dan teman-teman semua menuntut ilmu di sekolah kita ini. Kami telah selesai Ujian Nasional, semoga kami semua dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan. Hari ini adalah salah satu hari yang saya takuti. Karena hari ini telah tiba, oleh karena itu kita semua harus saling berpisah menuju jalan masing-masing. Akan tetapi saya juga sadar bahwa dengan adanya hari ini akan menjadikan diri saya menjadi pribadi lebih dewasa lagi.

Walaupun demikian kita masih tetap berkelana, petualang untuk meraih cita-cita kita inginkan. Saya sebagai perwakilan dari para siswa mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru sekolah. Karena tanpa kehadiranmu kami tidak akan bisa melakukan apapun, engkaulah seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Akan tetapi engkaulah manusia-manusia telah berjasa untuk mencerdaskan para manusia.

Engkau selalu mengharapkan kami menjadi orang berguna dimasyarakat, tanpa pamrih Enkau selalu mengajarkan kami. Mungkin selama masa pendidikan diri kamu sering nakal, membantah dan sikap-sikap buruk lain. Akan tetapi engkau selalu memberikan belas kasihanmu, kasih sayangmu agar kami tidak bosan untuk belajar.

Wahai guruku kami selaku siswa memohon maaf apabila kami sering membuat engkau marah kepada kami. Kami mengucapkan maaf  sebesar-besarnya, tanpa dirimu mungkin kami tidak akan bisa menjadi manusia hebat seperti ini, guru ku engkaulah pahlawan hidupku.

Demikian dapat saya sampaikan beberapa kata pidato perpisahan kelas 6 ini. Apabila terdapat kesalahan mungkin dalam penyampaian, tutur kata dan tingkah laku saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dari saya atas seluruh perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas Ke-2

Assalamualakum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Puji syukur kita ucapkan atas kehadirat Allah masih memberikan kita semua hidayah sehingga kita masih dapat berkumpul dan dapat mendengarkan pidato perpisahan kelas 6 di sekolah ini yang akan saya bawakan. Shalawat dan kita ucapkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam, kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak.

Buat teman-teman semua, waktu berjalan begitu cepat sehingga kita bertemu dengan hari dimana kita harus berpisah dengan segala kegiatan di sekolah kita. Waktu 6 tahun terasa begitu cepat, mulai dari kita tidak bisa membaca, menulis sampai saat ini kita telah mempunyai kemampuan keduanya.

Teman-teman terkasih, kita telah sampai di ujung pembelajaran kita di sekolah dasar ini. Ini semua bukanlah akhir untuk membuat kita berhenti belajar. Sebab jalan kita masih sangat panjang dan akan dipenuhi lika-liku dalam mencapai kesuksesan.

Kita masih harus melewati SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Maka dari itu, saya nasihatkan kepada diri saya dan teman-teman semua, agar tetap semangat dalam menuntut ilmu. Saya sebagai perwakilan dari para siswa mengucapkan banyak terima kasih untuk guru-guru ku. Dimana engkau tanpa pernah lelah mendidik dan membimbing kami, agar kami bisa menjadi orang sukses di hari esok.

Apabila dalam proses belajar mengajar kami sering melakukan kesalahan atau sering nakal kami mengucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya. Wahai guru ku, engkau akan selalu kami kenang dalam kehidupan kami, walau sampai kapan pun. Sekian pidato perpisahan sekolah yang dapat saya sampaikan atas segala perhatian diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Ke-3

Assalamualaikum waramatullahi wabarakatuh

Pertama-tama dan paling utama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah maha kuasa. Karena berkat-Nya sehingga kita mampu berkumpul, sehingga saya dapat menyampaikan pidato perpisahan kelas 6 di sekolah ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhamaad sallallahu alaihi wasallam.

Salah satu panutan manusia mulia bagi kita semua. Karena kita merindukan perjumpaan dengan beliau, kita selalu ingin mengiru setiap perbuatan beliau dan menghafalkan setiap perkataan beliau. Semoga di hari kiamat kelak, kita diakui sebagai umatnya, amin

Waktu 6 tahun berlalu dengan cepat, tidak terasa bahwa kita sudah sampai di ujung belajar di sekolah tercinta ini. Hari ini adalah dimana kami akan berpisah dengan orang-orang berjasa dalam hidup kami.

Merekalah guru-guru kami, mereka dengan gigih mendidik kami, agar kami menjadi manusia berguna. Tak cukup itu, saat kami nakal mereka selalu datang dengan beribu-ribu nasihat dan juga harapan agar kami bisa berubah menjadi lebih baik.

Kami sebagai siswa-siswi bapak dan ibu guru mengucapkan banyak terima kasih, karena engkau masih tetap sabar dapat mendidik dan mengajar kami di kelas. Jasa mu tidak akan pernah kami lupakan, nasihat-nasihat kalian akan selalu menjadi perkataan berharga bagi hidup kami.

Kawan terkasih semua, masih panjang masa depan harus kita lewati. Lulusnya kita dari (nama sekolah) tidak menjadikan kita untuk berhenti belajar. Kita akan tetap menjalani kehidupan masing-masing, kehidupan tanpa nasihat-nasihat dari guru kita.

Teman-teman mari kita tetap berjuang, bersama-sama memberi semangat untuk meraih cita-cita sejati di masa depan. tak lupa agar perjalanan kita menjadi lebih mudah, kami selaku murid meminta doa restu dari bapak ibu guru semua, agar senantiasa diberikan kemudahan dalam meraih cita-cita kami.

Mungkin hanya ini dapat saya sampaikan pada pidato perpisahan sekolah ini, atas segala kekurangan saya mengucapkan maaf sebesar-besarnya. Atas perhatian diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Ke-4

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama tama marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah maha kuasa. Karena berkat kuasanya membuat kita masih bisa bertemu dalam acara perpisahan kelas 6 pada pagi hari ini. Tak lupa semoga shalawar serta salam tetap tercurah limpahkan kepada manusia mulia yang pernah lahir di muka bumi, Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam.

Seorang manusia, kita nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak, semoga beliau berkenan menerima kita sebagai umatnya. amin amin ya robbal alamin. Tidak terasa, saya dan teman-teman semua telah menuntut ilmu di (nama sekolah) selama kurang lebih 6 tahun. Dan bertepatan pada hari ini kita akan benar-benar lulus dari sekolah tercinta ini.

Hati ini sungguh berat untuk meninggalkan sekolah tecinta ini. Kepada kepala sekolah, bapak/ibu guru, dan staf pegawai masih senantiasa membimbing sekolah kami. Bagi kami akan sangat sulit untuk meninggalkan kalian semua, bahkan kami tidak akan pernah bisa membalas jasa kalian kepada kami selama ini.

Karena tanpa adanya dirimu apa arti kami, dengan gigih engkau mendidik kami agar menjadi manusia berguna. Tanpa pernah mengeluh engkau membimbing kami agar kami menjadi seorang dengan memiliki budi perkerti luhur.

Dan engkau selalu berikan nasihat-nasihat bagi diri kami. Begitu banyak pengetahuan telah kau berikan kepada kami. Maafkanlah diri kami apabila selama masa belajar kami selalu membuatmu marah mungkin membuatmu menangis, kami memohon maaf sebesarnya.

Sekian dapat saya haturkan dalam sambutan dalam pidato perpisahan sekolah ini, apabila ada salah kata saya mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya, sekian terima kasih.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Ke-5

Assalamualaikum wr. Wb

Asshaduallailahaillalah waashaduanna muhamadar rosulullah. Ama badu

Marilah kita ucapkan puji syukur kepada Allah SWT masih senantiasa memberkati kita semua dan memberikan keadaan sehat wal'afiat amin ya robbal 'alamin. Shalawat dan salam semoga tetap dicurahkan serta dilimpahkan nabi Muhammad SAW, kepada para sahabat saya, keluarga, dan kepada orang tua kita .

Para hadirin, saya hormati, izinkan saya mengucapkan pidato perpisahan sekolah. Tidak terasa sudah 6 tahun kita berada disini. Semua cerita indah ini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Kita pasti akan merindukan masa-masa indah ini di masa depan.

Tak lupa dan kami sangat berterima kasih kepada guru-guru kami telah mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan untuk menuju pada kehidupan sebenarnya. Tanpa beliau -beliau , kami bukan apa-apa. Mudah-mudahan apa yang kita buat disini bisa menjadi ilmu, insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang diperlukan untuk diri kita sendiri. Amien.

Dan semoga saja perpisahan ini menyerupakan akhir dari segalanya. Sekian dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam pidato perpisahan sekolah yang baru saya sampaikan,  mohon dimaafkan, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.

Sekian dari saya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamu'alaikum wr.wb

Untuk selebihnya dapat di download melalui link berikut:


Keterangan: untuk membuka dokumen teks pidato diatas memerlukan software Microsoft Word, karena file tersimpan dalam format .doc.

Terima kasih yang masih mau membaca artikel kami mengenai contoh pidato perpisahan sekolah. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, langsung cantumkan di kolom komentar. Jangan lupa SHARE untuk berbagi di media sosial dengan teman-teman lainnya. Subscribe via email GRATIS agar tidak ketinggalan informasi menarik.

    Baca juga :

    to Top