5 Kualitas Terbaik Dari Guru Yang Profesional Menurut Siswa
Home tips & trick

5 Kualitas Terbaik Dari Guru Yang Profesional Menurut Siswa

Siswa akan selalu dipengaruhi oleh kualitas pengajaran yang dilakukan oleh guru. Siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru setiap hari di kelas, tetapi kualitas interaksi itu penting bagi masa depan siswa kita. Faktanya, Menurut penelitian Eric Hanushek dari Universitas Stanford telah mencatat bahwa "Perbedaan antara guru yang profesional dan yang tidak profesional dapat mempengaruhi tingkat pencapaian siswa selama belajar dalam satu tahun di sekolah". Tetapi pada dasarnya jarang penelitian yang dilakukan kepada siswa untuk mengetahui seperti apa guru profesional menurut siswa.
Oleh karena itu kali ini, saya akan memaparkan . Lima kualitas terbaik dari seorang guru yang profesional, menurut para siswa saya di sekolah :


1. Kemampuan dalam mengembangkan hubungan dengan siswa

Tanggapan yang paling sering adalah guru profesional selalu mengembangkan hubungan dengan siswa. Literatur penelitian setuju dengan mereka: Guru profesional harus mampu membangun hubungan saling percaya dengan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, positif, dan produktif. Sebagai contoh, seorang siswa di Sekolah tempat saya mengajar mengatakan kepada saya sebagai gurunya "bahwa guru yang hebat dan profesional adalah bersedia untuk mendengarkan siswa ketika ada masalah."


2. Kepribadian baik hati, sabar dan peduli

Karakteristik kepribadian yang terkait dengan menjadi seorang yang belah kasih dan memiliki kepekaan terhadap perbedaan siswa, terutama dengan peserta didik, adalah kualitas kedua yang paling sering dibicarakan. Sekali lagi, ada penelitian untuk mendukung bahwa disposisi guru profesional sangat terkait dengan pembelajaran dan pengembangan siswa.



3. Dedikasi dalam mengajar

Dedikasi mengacu pada kecintaan pada pengajaran atau hasrat untuk pekerjaan, yang mencakup komitmen terhadap keberhasilan siswa. Tanggapan sering disebut mencintai subjek atau hanya didedikasikan untuk pekerjaan. Untuk seorang siswa, ini berarti seorang guru harus "selalu bersedia membantu dan memberi waktu."


4. Pengetahuan siswa

Ini merupakan kategori yang sangat luas, menggabungkan pengetahuan tentang perkembangan kognitif, sosial dan emosional para pembelajar. Ini termasuk pemahaman tentang bagaimana siswa belajar pada tingkat perkembangan yang diberikan; bagaimana belajar dalam bidang subjek tertentu biasanya berkembang seperti kemajuan pembelajaran atau lintasan; kesadaran bahwa pembelajar memiliki kebutuhan dan kemampuan individu; dan pemahaman bahwa instruksi harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan setiap pembelajar. Salah satu siswa dengan fasih menggambarkannya sebagai: "Guru profesional memahami kecepatan dan kapasitas siswa."


5.  Melibatkan siswa dalam belajar

Siswa juga mengatakan bahwa guru harus dapat terlibat dan memotivasi siswa untuk belajar. Peneliti berbicara tentang tiga jenis keterlibatan yang diperlukan bagi siswa untuk belajar: kognitif, emosional, dan perilaku. Responden survei kebanyakan berfokus pada pembuatan konten yang menarik dan kemampuan untuk memotivasi siswa untuk belajar. Menurut saya sendiri guru profesional adalah jago memotivasi siswa.

Jika Anda memikirkan guru terbaik dan profesional yang Anda tahu, itu masuk akal. Guru-guru luar biasa itu mengembangkan ikatan yang kuat dengan siswa, dan menggunakannya untuk membantu siswa belajar.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top