Manfaat Teknologi Di Pendidikan Sekolah.
Home teknologi

Teknologi bisa dikatakan sebagai suatu sistem atau pun alat yang dapat mempermudah manusia untuk memenuhi segala jenis kebutuhannya. Teknologi kian hari semakin canggih, hal ini terjadi karena pengetahuan manusia dalam menciptakan teknologi semakin berkembang. Perkembangan itu tentu harus sejalan dengan manfaat yang akan diperoleh jika teknologi tersebut diterapkan di dunia nyata. 

Semakin banyak teknologi yang beredar di pasaran, harus dapat di manfaatkan secara optimal, khususnya teknologi-teknologi tersebut dapat dimanfaatkan di dunia pendidikan. Mengapa harus di dunia pendidikan?. 

Dengan banyak dimanfaatkannya teknologi di dunia pendidikan tentu akan banyak sekali manfaatnya, baik itu untuk para guru, atau pun siswa. Manfaat teknologi dapat menunjang pemahaman siswa-siswi calon generasi penerus mengenai ilmu pengetahuan. Dengan meningkatnya pengetahuan bibit-bibit generasi muda, tentu juga akan bermanfaat dengan berkembangan teknologi di masa depan. Sebab teknologi di ciptakan oleh manusia, yang dahulunya mereka duduk di bangku sekolah, diharapkan dimasa depan dapat mengembangkan teknologi dimasa depan.

Adapun manfaat yang dapat dirasakan baik itu guru, tenaga pendidik, atau pun para siswa jika banyak teknologi diterapkan di dunia pendidikan sekolah adalah:

Guru mudah mengajar di depan kelas, siswa-siswi lebih mudah dan cepat dalam memahami pengetahuan yang telah diajarkan oleh guru.


Teknologi yang dapat dimanfaatkan di pendidikan sekolah salah satunya adalah Laptop, komputer, dan LCD infocus. Dengan bantuan teknologi tersebut tentu para guru tidak perlu merasakan kelelahan dalam menulis di papan tulis lagi. Dengan bantuan teknologi seperti laptop, guru dapat membuat ataupun mendownload materi pembelajaran sesuai dengan topik pendidikan di sekolah di website-website internet. Materi pendidikan tersebut dapat berupa: video, animasi, gambar, Microsoft Power Point, Microsoft Word, dan lainnya

Para siswa-siswi merasa lebih termotivasi dan aktif selama pendidikan sekolah dengan dimanfaatkannya teknologi. 


Setiap semua guru dimuka bumi ini yang terjun di dunia pendidikan pasti selalu memiliki harapan yang sama untuk pendidikan siswanya, yaitu memiliki harapan agar siswa memiliki motivasi dan aktif dalam proses belajar mengajar di sekolah maupun diluar. Motivasi dan keaktifan siswa tersebut dapat ditingkatkan dengan menarik rasa antusiasme siswa melalui media-media pembelajaran khususnya media yang berbau teknologi yang mampu membuat minat siswa meningkat dan tertarik dengan pendidikan.

Bersama-sama, baik siswa dan guru terbiasa dan tidak ketinggalan zaman dengan teknologi-teknologi yang kian berkembang.


Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seorang guru harus memiliki 4 kompetensi yaitu: Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Penggunaan teknologi dalam pendidikan di sekolah dapat meningkatkan kompetensi profesional seorang guru. Kompetensi profesional itu merupakan hal-hal yang dimiliki guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran untuk mendidikan para peserta didik di kelas. Dengan dimanfaatkannya teknologi mampu membantu guru di sekolah dalam melakukan perencanaan dan pelaksaan pendidikan yang tepat.
  • Misalnya: Memanfaatkan software Mc. Word dalam merancang RPP di sekolah, memanfaatkan software Mc. Power Point dalam membuat Raport sesuai dengan Kurikulum 2013 sekarang. dll

Anak-anak yang dapat beradaptasi dengan teknologi merupakan hal yang membanggakan bagi orangtua maupun guru. Mampu menggunakan teknologi di zaman digital dapat dikatakan sebagai salah satu kemampuan/soft skill yang dibutuhkan seorang anak untuk perkembangan kariernya di masa depan. Memupuk kemampuan teknologi itu sedini mungkin dapat memberikan dampak positif agar perkembangan keahlian anak berada di level yang lebih tinggi.


Mudahnya memperoleh sumber dan bahan belajar.



Ketika kita membicarakan bahan belajar baik itu guru atau siswa, di zaman teknologi dengan era digital sekarang bukan hanya sebatas buku. Dengan memanfaatkan teknologi internet kita bisa mempermudah mencari dan menemukan berbagai bahan untuk guru dalam mengajar dikelas, atau bahan-bahan belajar siswa yang mempermudah siswa dalam memahami pendidikan pengetahuan yang mau ia pelajari. Bukan hanya itu siswa dapat memanfaatkan internet untuk mempermudah dalam mengerjakan soal-soal pelajaran ataupun dalam membuat dan menyusun makalahnya.


Memanfaatkan teknologi, jarak bukan lagi hambatan dalam komunikasi pendidikan



Era digital sekarang ini, jarak bukan menjadi permasalahan serius dalam berkomunikasi. Banyak teknologi seperti: handphone, email, WA, dan dari media sosial yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan komunikasi. Bahkan sekarang ini, sudah banyak situs website yang memberikan layanan pembelajaran dan pengajaran secara online antara lain zenius.net, ruangkita.com, ruangguru.com, dan lainnya. Dengan bantuan teknologi internet tersebut pembelajaran antara guru dan siswa tidak harus dilakukan di satu ruangan (kelas) yang sama. Pemanfaatan teknologi juga dapat membantu orangtua dalam memonitoring aktifitas anak di sekolah, dengan bantuan teknologi komunikasi antara orang tua dan guru dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Komunikasi antara guru dan orangtua merupakan kunci sukses perkembangan pendidikan anak.


Sekolah mengikuti perkembangan teknologi menjadi lebih populer



Meningkatnya standar pendidikan suatu sekolah berkaitan erat dengan pemanfaatan teknologi-teknologi pendidikan di sekolah tersebut. Memfasilitasi peserta didik dalam menuntut ilmu dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa teknologi.
Misalnya: Jika di suatu sekolah mempelajari pelajaran biologi dengan topik pelajaran "sel", tentu dalam pengajaran yang dilakukan memerlukan teknologi seperti mikroskop, jika pembelajaran tidak menggunakan alat bantu, tentu hasilnya pelajaran masih sangat bersifat abstrak yang menyebabkan siswa susah dalam mencerna pendidikan. 

Seiring banyak digunakannya teknologi yang mempermudah pendidikan siswa, tentu sekolah juga akan menerima beberapa manfaat salah satunya adalah meningkatnya akreditasi sekolah tersebut, karena nilai standar sekolah telah meningkat.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top