Keterampilan Guru Profesional
Home tips & trick

Keterampilan Guru Profesional

Guru harus mengerti dan paham  pengetahuan mata pelajaran untuk menjadi pendidik agar efektif. Di SMP dan SMA sederajar, seorang guru mungkin hanya mengajar satu pelajaran bidang studi tertentu hal ini tentu akan memudahkan guru agar dapat memahami pelajaran sesuai bidangnya.

Anda juga akan membutuhkan keterampilan dalam hal disiplin untuk membantu siswa Anda menerapkan fakta-fakta di kehidupan sehari-hari sesuai penerapan pelajaran.

Guru sains sering membantu dalam pemahaman bacaan dengan menggunakan praktek-praktek di laboratorium. Guru matematika dapat membantu dalam sains atau teknologi. 

Paham Pelajaran Secara Profesional

Di pendidikan pra-sekolah dan pendidikan dasar, Anda mungkin akan mengajarkan semua mata pelajaran inti, terkadang dengan bantuan spesialis atau pembantunya. Membuat rencana pelajaran yang menarik adalah menantang jika Anda menarik minat  siswa dalam mentransfer pengetahuan dalam topik tersebut. Hal-hal tersebut dapat membantu Anda menjadi guru profesional.

Komunikasi

Keterampilan komunikasi digunakan mulai dari sebelum bel pertama sampai setelah sekolah selesai untuk hari itu. Dalam dunia yang jenuh teknologi, orang tua dapat berkomunikasi melalui email atau media sosial sebelum dan sesudah jam kerja.

Tantangan berkomunikasi dengan orang tua sering disebut sebagai alasan mengapa beberapa guru meninggalkan pekerjaan. Instruksi kelas mengharuskan Anda untuk mengkomunikasikan fakta dan aplikasi kepada siswa Anda dengan cara yang membagikan informasi dan mengajarkan mereka untuk belajar sendiri.

Guru membagikan rencana pelajaran dan presentasi di dalam distrik sekolah dan di konferensi secara teratur. Guru juga harus berkomunikasi secara efektif dan profesional dengan administrasi tentang harapan dan metodologi kerja.


Fleksibilitas

Fleksibilitas dalam mengajar terkadang diabaikan. Standar pengajaran dan metodologi sering berubah. Sering ada mode pengajaran yang dipimpin oleh pendidik yang sukses dalam konferensi atau seminar, tetapi ini bisa sangat sulit untuk diduplikasi dalam situasi unik Anda.

Tanda dari seorang guru yang fleksibel adalah bahwa ia dapat menerapkan bagian-bagian yang baik dari mode ini dan membuang yang buruk. Fleksibilitas juga penting karena setiap siswa adalah individu dan merespon secara berbeda terhadap gaya dan metode mengajar.

Sementara beberapa siswa menghafal, yang lain membutuhkan tangan, perhatian pribadi. Pengujian standar menyoroti perlunya fleksibilitas karena material dan ekspektasi sering berubah.

Pengelolaan Kelas

Seorang guru yang mengetahui subjek dan cara mengajar dan menerapkannya, tetapi tidak bisa menjaga ketertiban di kelas, tidak akan menjadi guru yang profesional, karena tidak dapat mengolah kelasnya sendiri.

Guru harus menggunakan disiplin bila diperlukan, sementara tidak lupa untuk menawarkan pujian ketika pantas. Dia harus menetapkan harapan dan aturan yang jelas di awal tahun sekolah dan harus konsisten dalam melaksanakan aturan sampai akhir. Dia harus mendapatkan rasa hormat dari siswa dan alamat yang tidak sopan dengan cepat.

Teknologi

Teknologi menjenuhkan pengajaran. Sementara banyak sekolah menawarkan kelas teknologi, siswa di sebagian besar ruang kelas menggunakan teknologi untuk meneliti, mengatur, dan menyajikan materi.

Papan tulis interaktif, laptop dan proyektor adalah "alat perdagangan" yang penting bagi banyak guru. Sebagian besar sekolah mengharuskan pengajar untuk memperbarui program buku elektronik elektronik yang memungkinkan orang tua melihat nilai siswa secara waktu nyata.

Seorang guru profesional harus mendukung guru teknologi dan orang tua dalam mengajarkan manfaat dan bahaya menggunakan komputer.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top