5 Aplikasi Wajib Guru, Operator, dan Siswa Abad 21 di Indonesia
Home teknologi

5 Aplikasi Wajib Guru, Operator, dan Siswa Abad 21 di Indonesia

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan indonesia di abad 21 ini telah menghasilkan suatu sistem terbuka dan digital dalam penyimpanan dan pengiriman informasi yang semakin baik dan berkualitas. Sistem tersebut diterapkan dalam aplikasi web untuk memudahkan para guru, operator atau pun siswa dalam mengakses-nya.

Sebagai seorang guru dan operator di abad 21 harus mampu mengikuti perkembangan teknologi. Adapun aplikasi-aplikasi web tersebut wajib diketahui dan digunakan oleh guru, operator atau bahwa siswa sekolah. Mengapa harus wajib diketahui dan digunakan? Karena banyak manfaat yang didapat dalam mengetahui penggunaan aplikasi web, manfaat tersebut dapat berupa informasi penting, bahkan tunjangan/bantuan rupiah lainnya yang khusus dirasakan oleh para guru, operator dan siswa.

Namun dalam kenyataannya di sekolah, Sang Operator-lah yang berkeringat tiada henti dalam menggunakan aplikasi tersebut. Keringat tersebut tidak sebanding dengan manfaat yang dijanjikan. Oleh sebab itu saya menghimbau Anda yang terlibat dalam menerima manfaat aplikasi web kemendikbud mengetahui dan dapat menggunakannya untuk kedepan-nya. Karena itu juga merupakan tanggung jawab dan kewajiban Anda sebagai guru,tenaga pendidik, ataupun kepala sekolah yang hanya menikmati Dana Bos (LOL), jangan hanya menambah keringat dingin Sang Operator Sekolah.


Berikut adalah Aplikasi Web yang Wajib Diketahui Guru, Operator, dan Siswa Indonesia di abad 21:

1. DAPODIK

Tampilan Log in Dapodik

Aplikasi Dapodik merupakan salah satu software berbasis offline dan online yang dibuat oleh Direktorat Jederal Pendidikan Dasar dan Menengah berdasarkan Intruksi Menteri No. 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Penelolaan Data Pendidikan di Indonesia.

Aplikasi ini memiliki banyak fungsi dalam mengumpulkan data-data pokok pendidikan baik Satuan Pendidikan, Peserta Didik (murid/siswa-siswi), Tenaga Pendidik (guru, wakil kepala sekolah, kepala sekolah, dll), dan Tenaga Kependidikan. Adapun beberapa isi dari aplikasi dapodik adalah sebagai berikut ini:

Data Sekolah

Berisi informasi-informasi seputar sekolah yang bersangkutan dimulai dari:
  1. Identitas Sekolah
  2. Lokasi Sekolah
  3. Kontak Sekolah
  4. Sanitasi Sekolah
  5. Sarana dan Prasarana Sekolah
  6. Program yang dimiliki Sekolah, baik itu: kepanitiaan sekolah di lingkungan, layanan khusus, eksrakurikuler, program inklusi, pondok pesantren, dll.
  7. Akreditasi Sekolah
Dengan bantuan aplikasi dapodik ini, sekolah dapat memberikan informasi-informasi seputar sekolah yang tujuannya membantu mensosialisasikan sekolah di dunia maya (internet). Di zaman yang canggih ini, para orang tua dapat melihat apa-apa saja layanan yang di sediakan oleh sekolah tanpa harus datang langsung ke sekolah, bagaimana caranya hanya dengan menggunakan laptop, komputer, ataupun smartphone di WEBSITE INI.

Data GTK Sekolah

Berisi informasi-informasi seputar guru dan tenaga pendidik yang bekerja di sekolah tersebut. Informasi dapat berupa: nama guru, surat tugas, NIK, NIP, dll. Data-data tersebut yang dapat membantu guru dalam mendapatkan tunjangan, baik itu untuk PNS (SERTIFIKASI), dan NON-PNS (Tunjangan Fungsional Guru Honorer).

Untuk data GTK guru dapat diakses di WEBSITE INI.

Dengan Menggunakan website verval ptk di atas, Operator juga dapat mengusulkan pembuatan NUPTK guru baik itu PNS maupun NON-PNS secara gratis dan online.

Data Peserta Didik Sekolah

Berisi data-data seputar siswa-siswa yang sedang belajar disekolah tersebut. Informasi-informasi inilah yang dapat membantu siswa dalam mengurus dan mendapatkan dana bantuan, baik itu dari DANA BOS, KIP (Kartu Indonesia Pintar), dan PIP (Program Indonesia Pintar).

Untuk pada Operator biasanya melakukan pendaftaran NISN siswa-siswi sekolah secara otomatis di WEBSITE INI.

Rombongan Belajar (ROMBEL)

Berisi informasi tentang kelas yang ada di sekolah, seperti jumlah siswa di kelas, guru-guru apa saja yang mengajar di kelas, jumlah jam mengajar guru, dll. Nilai: Berisi daftar nilai-nilai yang dicapai siswa setiap semester di sekolah. Jadwal: Berisi informasi mengenai roster pelajaran-pelajaran yang diajarkan dikelas setiap hari disekolah.

2. SIM PKB=SIM GPO


Menu Log in Aplikasi SIM PKB/GPO

Yah.. aplikasi ini merupakan aplikasi untuk guru atau pun kepala sekolah terbaru sekarang. Aplikasi ini menampilkan informasi-informasi guru seputar:

UKG (Ujian Kompetensi Guru)

Sebagai guru yang profesional setiap tahun biasanya akan selalu melakukan test kompetensi yang dikenal dengan istilah UKG kepanjangan dari Ujian Kompetensi Guru. Di dalam aplikasi SIMPKB akan di informasikan Nilai UKG yang dicapai oleh Guru, Kapan akan dilaksanakan UKG, soal kisi-kisi UKG, format kartu peserta Ujian Kompetensi Guru, dll. Untuk UKG sekarang bukan hanya dilakukan oleh guru PNS loh...., tetapi guru honorer/ NON-PNS juga dapat mengikutinya.

PPG (Pendidikan Profesi Guru)

Jika Anda guru yang termasuk belum pernah mengikuti PPG atau Program Pendidikan Profesi Guru, Anda dapat melakukan pendaftaran di aplikasi website SIMPKB ini. Baik itu guru PNS atau pun Guru honorer/ NON-PNS dapat bersama-sama melakukan pendaftaran secara gratis di aplikasi ini.

Jika Anda guru yang belum memiliki akun SIMPKB baik itu PNS atau NON-PNS/honorer dapat mendaftar secara gratis melalui Ketua Komunitas Guru tempat lokasi sekolah Anda, biasanya Ketua Komunitas Guru tingkat Kecamatan sekolah, untuk konsultasi pembuatan akun SIMPKB, Anda dapat menanyakan langsung kepada Kepala Sekolah atau pun Pengawas Dinas Pendidikan tingkat kecamatan. Jika Anda menanyakan pendaftaran akun aplikasi SIMPKB ke DINAS KOTA MADYA ataupun KABUPATEN biasanya mereka tidak akan peduli dengan Anda, karena pegawai DINAS tingkat KOTA songong-songong dan sombong.

Yah.. saya pandai-pandai-an menganjurkan Anda para guru untuk mendaftar akun SIMPKB tetapi sebenarnya saya sendiri belum memiliki akun ini.. :D

INFO GTK

Apa sebenarnya info gtk??? info gtk seperti namanya berisi informasi-informasi para guru yang biasanya sudah mengikut Sertifikasi. Informasi-informasi inilah yang akan di VALIDASI oleh Dinas pendidikan dalam mengeluarkan/memberikan SKTP (Surat Keterangan Tunjangan Profesi) agar para guru dapat melakukan pencairan Dana Tunjangan Profesi Guru.

Untuk permasalahan INFO GTK, Anda para operator atau pun guru biasanya dapat mengaksesnya melalui aplikasi SIMPKB ataupun secara langsung melalui website : INFO GTK (klik link)


Tampilan Halaman Depan Aplikasi Info GTK

Website http://info.gtk.kemdikbud.go.id . Jika Anda tidak bisa log in di akun aplikasi simpkb, jangan khawatir karena Anda juga dapat mengakses untuk melihat dan memprint infogtk Anda di website diatas, website tersebut langsung disediakan oleh kemdikbud dalam upaya memfasilitasi kelancaran dalam validasi data sertifikasi dan tunjangan guru PNS. Caranya bagaimana?? Gampang kok... tinggal masuk ke alamat website: http://info.gtk.kemdikbud.go.id lalu cari gambar seperti di atas, kemudian ketik NUPTK/NRG/NIK guru yang bersangkutan, ketik Tanggal Lahir dengan format YYYYMMDD, pilih semester pembelajaran, jangan lupa ketikkan kode validasi, dan tekan ENTER. Maka Anda dapat secara langsung mengakses infogtk.

3. BOS ONLINE


Tampilan Log in BOS ONLINE

Website: http://bos.kemdikbud.go.id . Sesuai namanya aplikasi berbasis website ini berisi informasi-informasi rincian total pembelajaan buatan (yahh.. buatan..manipulasi, dll) yang biasanya digunakan oleh para Operator secara terpaksa, atau pun dilakukan oleh para oknum tidak bertanggung jawab yang bersangkutan. Rincian-rincian pengeluaran keuangan dari penggunaan DANA BOS yang diterima oleh sekolah, biasanya Dana Bos diterima dalam bentuk triwulan. Hmmmm... Selanjutnya aplikasi ini tidak banyak digunakan, kenapa tidak banyak yang menggunakannya??? Seperti Rahasia Umum, semua orang sudah tahu.... Bagaimana penggunaan Dana BOS di sekolah Anda masing-masing??? Anda tahu sendiri jawabannya.....

4. SKP & SIMPEG


Tampilan Log In SKP & SIMPEG 


Apa sih sebenanarnya SKP??

Mungkin bagi para operator di sekolah sudah mengetahui tentang SKP yang merupakan singkatan dari Sasaran Kerja Pegawai. SKP ini ibarat rencana yang akan dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas masing-masing dalam kurun waktu 1 tahun. Untuk pengisian SKP dilakukan di website BKD (Badang Kepegawaian Daerah) masing-masing Kota ataupun Kabupaten tempat guru mengajar...

Seharusnya SKP ini di isi oleh para GURU masing-masing yang bersangkutan, khususnya guru PNS. Namun di kenyataanya para operator lah yang mengisi SKP guru-guru PNS yang terhormat.. Padahal SKP ini berhubungan loh dengan uang makan guru pns, artinya jika pengisian SKP tiap bulan lancar........ Maka uang makan guru PNS pun ikut lancar.

Kalau SIMPEG itu kepanjangan dari Sistem Informasi Kepegawaian, jadi BKD masing-masing daerah membangun suatu sistem terbaru tempat memvalidasi dan mengumpulkan informasi-informasi guru-guru PNS, dimulai dari biodata, No Askes, No Surat Nikah, SK CPNS, SK PNS , Pangkat/Golongan Guru PNS, No SK Gaji Berkala Guru, Nama Anaknya, dll

5. PIP (Program Indonesia Pintar)

Tampilan Log In PIP 
Aplikasi berbasis web ini biasanya digunakan oleh para Operator untuk memonitoring siapa-siapa saja siswa yang akan mendapatkan dana bantuan PIP. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini Operator dapat memberhentikan pengiriman dana bantuan PIP untuk siswa dengan alasan sebagai berikut:
  1. Siswa Mampu, artinya Orang tuan siswa sudah mapan..
  2. Siswa Sudah Meninggal
  3. Menolak Mendapatkan PIP
  4. Putus Sekolah
  5. Sudah Lulus/Tamat Sekolah
  6. Pindah Sekolah
  7. Siswa Ganda, artinya data siswa di dapodik doble.
  8. Tidak diketahui keberadaannya, artinya siswa unknown
Untuk :

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top