6 Jenis Penilaian Pembelajaran
Home edukasi

6 Jenis Penilaian Pembelajaran

Jika kurikulum adalah apa yang diajarkan, dan model pembelajaran adalah bagaimana, penilaian adalah "Hmmmm" yang membingungkan - seperti, saya berasumsi ini dan ini tentang pembelajaran siswa, tetapi setelah memberikan penilaian ini, baik .... "Hmmmmm."

Berikut ini adalah 6 jenis penilian yang biasa dilakukan guru selama proses pembelajaran.

6 Jenis Penilaian Pembelajaran

1. Penilaian Diagnostik (sebagai Prapenilaian)
Satu cara untuk memikirkannya: Menilai kekuatan, kelemahan, pengetahuan, dan keterampilan siswa sebelum mendapat instruksi. Dengan kata lain penilaian ini merupakan DASAR sebelum dilakukan penilaian pembelajaran.

2. Penilaian Formatif
Satu cara untuk memikirkannya: Menilai kinerja siswa selama pengajaran, dan biasanya terjadi secara teratur selama proses pengajaran. Biasanya penilaian formatif dilakukan sebulan sekali.

3. Penilaian sumatif
Penilaian sumatif adalah suatu penilaian yang memberikan hasil nilai atau angka yang kemudian dijadikan cerminan mengenai hasil capaian siswa selama 1 semester. Kegiatan penilaian ini dilakukan jika pembelajaran seluruh materi pelajaran telah selesai. Penilaian sumatif digunakan untuk menentukan klasifikasi penghargaan (RANGKING SISWA). Penilaian sumatif dirancang untuk merekam pencapaian keseluruhan siswa secara sistematis.


4. Penilaian Sikap
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik, sikap yang dimaksud bukan hanya sekedar sikap di kelas tetapi juga sikap keseluruhan siswa di sekolah. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

5. Kriteria Penilaian-Referensi
Salah satu cara untuk memikirkannya: Mengukur kinerja siswa terhadap tujuan, sasaran khusus, atau standar. Jadi boleh dikatakan bahwa penilaian pembelajaran ini adalah suatu penilaian yang meminta peserta tes untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

6. Penilaian Interim / Benchmark
Salah satu cara untuk memikirkannya: Mengevaluasi kinerja siswa pada interval periodik, sering pada akhir periode penilaian. Dapat memprediksi kinerja siswa pada penilaian sumatif akhir tahun.

Baca juga :

to Top