10 Cara Menjadi Guru Sukses
Home tips & trick

10 Cara Menjadi Guru Sukses

Apa yang membuat seorang guru sukses? Jika Anda bertanya kepada pengamat apa pun, Anda mungkin mendengar hal-hal seperti, guru menjaga siswa terlibat melalui strategi pengajaran yang unik , dan kelas pada dasarnya berjalan dengan sendirinya. Tapi, jika Anda bertanya kepada seorang siswa, Anda mungkin akan mendengar respon yang berbeda di sepanjang garis "mereka membuat belajar menyenangkan" atau "mereka tidak pernah menyerah pada siswa"

Sejujurnya, ada banyak strategi pengajaran yang dapat Anda gunakan untuk mencapai sukses di kelas, tetapi tidak peduli gaya mengajar, guru yang paling efektif memiliki satu kesamaan - mereka tahu bagaimana menjangkau siswa mereka dalam jangka panjang, positif cara.

Berikut adalah 10 kualitas yang berkontribusi terhadap karier mengajar yang sukses dan bahagia:

Guru yang sukses memiliki harapan yang tinggi dari siswa mereka.

Para guru yang paling efektif mengharapkan siswa mereka untuk berhasil, mereka percaya pada mereka, dan memotivasi mereka untuk terus berusaha sampai mereka mencapai tujuan mereka. Sebagai hasilnya, mereka mengatur bar tinggi dan menciptakan lingkungan di mana siswa dapat mendorong diri mereka sendiri di luar zona nyaman mereka untuk mencapai tujuan mereka, tetapi juga memiliki jaring pengaman untuk menangkap mereka jika mereka gagal.

Guru yang sukses memiliki rasa humor .

Jika Anda bertanya kepada seorang siswa yang merupakan guru favorit mereka, mereka lebih mungkin memberi tahu Anda tentang guru yang membuat mereka tertawa. Mereka tidak takut menjadi konyol dan bisa menertawakan kesalahan mereka sendiri. Humor membantu menciptakan kesan yang abadi.


Guru yang sukses memiliki pengetahuan di bidangnya.

Guru-guru terbaik adalah master di bidang mata pelajaran mereka. Mereka tahu keahlian mereka dan tidak pernah berhenti belajar. Mereka ingin tahu, percaya diri, dan tidak perlu buku teks untuk mengajar siswa mereka. Mereka tetap mengikuti pelajaran mereka dan mentransfer kecintaan mereka kepada para siswa.

Guru yang sukses, berhasil menggunakan strategi mengajar.

Guru yang produktif berpikir kreatif dan mencoba dan membuat pengalaman kelas yang menyenangkan bagi siswa. Mereka mengidentifikasi cara untuk melompat keluar dari norma-norma pendidikan dan menciptakan pengalaman yang tidak terduga, unik, dan akhirnya lebih mudah diingat.

Guru yang berhasil mengambil risiko.

Pepatah populer adalah, "Jika tidak ada risiko, tidak ada imbalan." Guru yang sukses tahu bahwa pengambilan risiko adalah bagian dari kesuksesan. Anak-anak belajar dengan mengamati, dan ketika mereka melihat Anda mencoba hal-hal baru (dan melihat bagaimana Anda menangani kesuksesan dan kegagalan) mereka juga akan tahu bagaimana menangani situasi serupa.

Guru yang berhasil konsisten.

Guru yang sukses konsisten dalam SEMUA yang mereka lakukan. Lakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan dan mematuhinya. Ini berlaku untuk menegakkan aturan kelas , sistem penilaian yang konsisten, dan harapan untuk semua siswa Anda. Jangan bermain favorit atau membuat pengecualian khusus.

Guru yang berhasil berkomunikasi dengan orang tua dan siswa.

Guru yang efektif tahu bahwa komunikasi adalah kunci keberhasilan siswa. Mereka menciptakan jalur komunikasi yang terbuka antara orang tua dan siswa, dan mengenali bahwa front persatuan antara kedua kelompok menurunkan kemungkinan bahwa anak-anak akan tertinggal.

Guru yang sukses selalu mutakhir dengan teknologi terbaru .

Guru-guru hebat meluangkan waktu untuk menjelajahi alat-alat baru dan tetap mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Mereka tidak takut teknologi apa yang digunakan untuk pendidikan di masa depan, dan mau belajar dan memasukkan tren baru ke dalam kelas mereka. 

Guru yang berhasil membuat belajar menjadi menyenangkan.

Ini bergandengan tangan dengan selera humor, tetapi membuat belajar menyenangkan tidak berarti Anda harus melakukan pertunjukan komedi. Temukan cara untuk mencampur rencana pelajaran Anda berdasarkan minat siswa Anda. Ketika mereka melihat Anda berupaya untuk mengenal mereka dan membentuk ajaran Anda di sekitar kehidupan mereka, Anda akan menjadi semakin sukses.

Guru Sukses dapat berempati dengan siswa.

Guru-guru terbaik sabar dengan siswa, dan memahami ketika mereka sedang stres atau memiliki masalah dengan materi. Mereka melakukan apa pun yang diperlukan agar siswa mereka kembali ke jalurnya, dan dapat mengenali bahwa setiap orang mengalami hari-hari yang buruk.

Jika Anda ingin mengambil langkah berikutnya dalam karir mengajar Anda, Anda dapat belajar banyak dari apa yang dilakukan guru yang berhasil secara berbeda. Meskipun bisa sangat mengintimidasi untuk memikirkan semua hal yang harus kita lakukan untuk menjangkau siswa-siswa kita, adalah mungkin untuk menguasai keterampilan ini satu hari pada satu waktu.
Menurut Anda, apa yang membuat seorang guru kelas yang sukses? Jangan ragu untuk berbagi kualitas dan keterampilan yang menurut Anda penting untuk menjangkau siswa di bagian komentar di bawah ini. Kami akan senang untuk mendengar pendapat anda.

Baca juga :

to Top