10 Tip Cara Mengatasi Kemalasan dalam Belajar
Home tips & trick

10 Tip Cara Mengatasi Kemalasan dalam Belajar

Salah satu hal yang dialami seorang siswa, apakah dia sudah memiliki gelar master atau masih kelas lima, adalah perjuangan untuk mengatasi kemalasan dalam belajar. Ini adalah saat Anda memiliki banyak pekerjaan sekolah yang harus dilakukan namun Anda tidak ingin melakukannya. Kemalasan membuat kita tidak melakukan tugas penting dan bisa menghambat pelajaran kita. Jika terus berlanjut, itu akan menjadi kebiasaan yang bisa berimplikasi negatif terhadap nilai Anda atau yang terburuk terhadap usaha masa depan Anda. Segala jenis penyakit dapat disembuhkan dengan obat, namun tidak ada namanya obat malas. Malas hanya kesenangan sementara, namun berakhir penyesalan. Kedengarannya mengerikan kan? Tapi kemudian Anda bisa menyingkirkannya. Berikut beberapa tip yang bisa membantu Anda mengatasi kemalasan dalam belajar:

1. Belajar di tempat yang nyaman. 

Satu hal yang bisa membantu melawan kemalasan adalah menemukan lokasi yang bagus. Berada di tempat yang nyaman entah itu di kedai kopi favorit Anda, atau hanya di kamar tidur Anda sendiri yang bebas dari gangguan bisa membantu Anda untuk menenangkan pikiran dan fokus belajar.

2. Buat rencana studi. 

Memiliki rencana studi akan membantu Anda mengatur dan meriset tugas Anda lebih mudah. Buat jadwal di mana Anda menetapkan jadwal waktu untuk subjek tertentu dan tugas lainnya yang harus dilakukan. Daftarkan tugas Anda yang harus dilakukan dan mengaturnya seperti kalender. Dengan cara ini, ini bisa membantu Anda memprioritaskan dan menyelesaikannya tepat waktu.

3. Selangkah demi selangkah. 

Mengambil tindakan satu langkah pada satu waktu akan membantu Anda mengalahkan kemalasan. Melanggar tugas yang lebih besar menjadi tugas yang lebih kecil akan membantu Anda terhindar dari stres. Ini akan membuat tugas Anda jauh lebih mudah dikelola. Melengkapi sub tugas akan menjadi motivasi bagi Anda untuk melanjutkan tugas sub lainnya, membantu menyelesaikan keseluruhan tugas Anda dengan cara yang lebih mudah.

4. Buat daftar tugas. 

Ada kalanya karena banyak hal yang harus dilakukan, seperti mempersiapkan ujian besar, Anda kehilangan jejak hal lain yang perlu dilakukan. Anda bisa membuat daftar tugas hanya dengan satu catatan lengket karena ini berguna dan Anda bisa meletakkannya di mana saja. Menempatkan daftar tugas yang bisa Anda lihat setiap saat, akan membantu Anda mengingatkan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Juga, membuat daftar tugas akan membantu Anda berfokus pada melakukan tugas Anda terutama bahwa gangguan berada di dekat Anda.

5. Hindari semua gangguan. 

Menjadi terganggu saat belajar akan membuat Anda lebih malas. Lebih baik menyingkirkan semua gangguan seperti mematikan TV atau koneksi internet Anda atau hanya dengan mengalihkan telepon ke mode diam atau Anda bahkan bisa meminta teman sekamar atau anggota keluarga Anda untuk memberi Anda privasi. Ingatlah bahwa menghindari gangguan ini akan membantu Anda berkonsentrasi dan belajar secara efektif.

6. Cari motivasi pribadi. 

Salah satu alasan utama mengapa banyak siswa malas belajar adalah karena kurangnya motivasi. Menemukan motivasi akan membantu Anda untuk berkonsentrasi dan memikirkan manfaat setelah belajar, seperti lulus ujian dan mendapatkan nilai tinggi atau pengakuan dari guru Anda atau Anda akan diperhatikan oleh cutie yang Anda sukai saat mendapatkan nilai sempurna. Visualisasikan diri Anda setelah belajar dan memikirkan hasilnya yang positif. Dengan cara ini Anda bisa belajar secara efektif karena Anda sudah memiliki keinginan untuk meraih sesuatu.

7. Buat konsekuensi diri. 

Berpikir tentang hasil belajar yang positif bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk mulai belajar. Jika Anda memiliki motivasi semacam ini dalam pikiran Anda, namun Anda tetap tidak memiliki kemauan untuk memulainya dan kemalasan masih mendominasi Anda, bagaimana kalau Anda mencoba sebaliknya? Alih-alih memikirkan manfaat belajar, pikirkan konsekuensinya jika Anda tidak belajar. Anda mungkin memiliki nilai kegagalan dan akan dipaksa untuk mengambil topik yang sama lagi. Kedengarannya mengerikan. Jadi, ini sebagai motivasi untuk bangun, membalik-balik halaman buku catatan Anda, mulai membaca dan belajar.

8. Lakukan tugas yang lebih mudah. 

Satu hal yang bisa menjadi masalah dalam belajar, sebenarnya bagaimana memulainya. Anda cenderung terbebani dengan tugas yang lebih besar dan bagaimana memulainya dan menyelesaikannya tepat waktu. Bikin santai aja. Jangan terlalu menekan diri sendiri karena bisa menambah kemalasan Anda. Perasaan itu saat Anda ingin menyerah meski Anda belum mulai. Atasi dengan memulai dengan tugas yang lebih mudah. Misalnya, mulailah mempelajari topik pada subjek tertentu yang lebih mudah bagi Anda. Setelah Anda berhasil menyelesaikan mempelajari topik itu, Anda akan memiliki kepercayaan diri untuk beralih ke yang lebih sulit.

9. Disiplinkan dirimu. 

Ini adalah hal yang paling penting. Kunci untuk mengalahkan kemalasan Anda harus mampu mendisiplinkan diri Anda sendiri. Untuk mencapai  kesuksesan, Anda harus menghentikan kebiasaan atau perilaku tertentu yang menghalangi ambisi anda. Seperti belajar, Anda harus menghentikan hal-hal tertentu yang dapat mengalihkan perhatian dan kehilangan fokus dan mulai melakukan hal-hal yang dapat berkontribusi untuk memperoleh hasil yang baik. Jika Anda mudah terganggu dengan gadget, lepaskan mereka saat Anda belajar. Jadikan ini kebiasaan sehingga pada saat Anda harus belajar, Anda akan terbiasa. Ingatlah bahwa pengorbanan kecil ini akan memiliki hasil yang bagus di masa depan.

10. Buat reward pribadi. 

Mengatasi kemalasan benar-benar perjuangan, jadi setiap kali Anda berhasil melakukannya, mintalah diri Anda hadiah. Seperti jika Anda belajar selama 20 menit atau menyelesaikan tugas tanpa ada interupsi, berilah diri Anda perlakukan, apakah itu bar favorit Anda dari coklat atau es krim favorit. Ini akan membantu Anda membangun pola pikir yang membuat hasil usaha menjadi hasil positif.

Menjadi malas dengan belajar adalah hal yang normal. Setiap orang mengalaminya, terutama jika ada banyak hal yang harus dipelajari dan Anda tidak tahu di mana dan bagaimana memulainya. Namun, apakah itu untuk ujian besar atau kuis kecil, Anda harus menganggapnya serius. Komit diri Anda untuk mematahkan kebiasaan kemalasan. Bekerja lebih keras! Ingatlah bahwa semakin keras Anda mencoba, semakin besar hasilnya.

Baca juga :

to Top