Gaji Guru Indonesia Vs Luar Negeri
Home edukasi

Gaji Guru Indonesia Vs Luar Negeri

Gaji adalah sejumlah uang atau kompensasi yang dibayarkan kepada karyawan/tenaga kerja sebagai hasil imbalan dari melakukan pekerjaan yang dilakukan. Gaji kadang kala bisa dibayar per jam, per hari, per minggu, dan per bulan. Para Pekerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di suatu negara biasanya gaji mereka telah ditetapkan oleh pemerintah negara-masing-masing tersebut. Hal yang sama berlaku dengan guru yang memiliki pekerjaan dalam melakukan pengajaran di dunia pendidikan. Berikut akan dibahas gaji-gaji guru baik di Indonesia maupun di beberapa negara di luar negeri.

GAJI GURU INDONESIA


Di Indonesia, saya hanya membahas gaji guru honorer dan gaji guru PNS yang sudah menerima sertifikasi guru. Berdasarkan data grafik gaji guru di Indonesia. Guru honorer biasanya menerima rata-rata gaji per tahun sebesar 6 Juta Rupiah. Jadi jika di hitung-hitung selama sebulan guru honorer setelah membanding tulang hanya mendapatkan gaji rata-rata sebesar 500 Ribu Rupiah.


Untuk Guru PNS yang sudah menerima sertifikasi guru, berdasarkan data grafik guru PNS menerima sebesar 103 Juta per tahunnya. Guru PNS yang sudah sertifikasi akan menerima gaji sebesar 2x dalam setahun, di tambah dengan gaji 13 dan 14. Jika dibagi gaji guru PNS di Indonesia dalam sebulan rata-rata hanya menerima sebesar 4 Juta Rupiah.


GAJI GURU LUAR NEGERI


LUXEMBOURG

wikipedia.org by Fliedermaus
Di luar negeri seperti di Luxembourg adalah salah satu negara berbasis katolik yang berada di Eropa memiliki luas sebesar 2.586 km². Meskipun sebuah negara kecil, Luksemburg telah menjadi lebih mandiri dengan sumber dayanya dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu aspek paling sukses di negara ini adalah sistem pendidikannya. Menurut Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Program Pembangunan (OECD), kualitas pendidikan di Luksemburg melampaui banyak negara lain.

Menurut laporan yang dibuat pada tahun 2011, 77 persen orang di Luksemburg memiliki setidaknya pendidikan menengah atas. Ini setara dengan pendidikan SMA. Angka tersebut melebihi rata-rata OECD hanya 75 persen. Generasi yang lebih muda lebih unggul lagi, dengan 83 persen anak berusia 25-34 tahun yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas.

Guru luar negeri seperti di Luxembourg dibayar dengan baik. Guru di Luxembourg mendapatkan yang tertinggi dari semua negara yang merupakan bagian dari OECD. Gaji awal (dengan masa kerja di bawah 15 tahun) mereka rata-rata 1.2 Miliar Per Tahun. Guru yang berpengalaman lebih banyak memperoleh rata-rata 1.6 Miliar Per Tahun. Dibandingkan dengan gaji awal guru dengan masa kerja di bawah 15 tahun di Amerika Serikat sebesar 590 Juta Rupiah Per Tahun dan gaji maksimum 932 Juta Rupiah Per Tahun, gaji di Luksemburg jauh lebih tinggi. Guru di Luxembourg juga masih muda; setengah dari guru sekolah dasar dan menengah berusia di bawah 40 tahun. Dibandingkan dengan Indonesia? Apa jadinya..

SWISS
penoyreprasad.com


Di Swiss, pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah sejak dimulainya wajib belajar sampai dan termasuk tingkat universitas dan pendidikan profesional dan pelatihan. Tanggung jawab pendidikan terutama terletak pada 26 Provinsi. Pemerintahan provinsi masing-masing memiliki tanggung jawab sendiri untuk mendapatkan pendidikan pasca-wajib (sekolah pendidikan umum, pendidikan kejuruan dan profesional, universitas) dan karenanya bertanggung jawab atas tingkat pendidikan ini bersama-sama. Anggaran pembelanjaan Provinsi dan kota mereka membiayai 90% pengeluaran publik untuk pendidikan.

Guru Sekolah Dasar (guru SD) dengan pengalaman kerja di bawah 15 tahun di luar negeri seperti di Swiss mendapatkan gaji per tahun sebesar 1.1 Miliar Rupiah. Sedangkan untuk guru SD di Swiss gaji per tahunnya adalah sekitar 960 Juta Rupiah. Untuk 36 Negara lainnya di eropa biasanya guru mendapatkan rata-rata gaji per tahun sekitar 600 Juta-an Rupiah. 

Untuk guru sekolah menengah (SMP dan SMA) di Swiss mendapatkan gaji rata-rata 1.08 Miliar s/d 1.14 Miliar Rupiah Per Tahunnya. Jika Anda bandingkan dengan guru honor di Indonesia 6 Juta Rupiah Per Tahun. Perbedaannya seperti langit dan bumi.

KOREA
emaze.com by tiakelley01
Mengajar Bahasa Inggris di Korea merupakan salah satu pekerjaan yang paling di minati dan populer di Asia, hal ini sesuai dengan gaji serta tunjangan yang di berikan oleh korea secara murah hati. Untuk guru yang mampu mengajar secara profesional rata-rata mendapatkan gaji sebulan sekita 90 Juta Rupiah termasuk tempat tinggal gratis, transportasi penerbangan gratis pulang pergi tiap tahun, dan bonus-bonus lainnya. Untuk menjadi guru di Korea Anda tidak harus memiliki pengalaman kerja namun Anda setidaknya telah mendapatkan gelar sarjana minimal S-1 dan memiliki sertifikasi TEFL. Jika dihitung-hitung per tahunnya guru di korea rata-rata mendapatkan gaji sebesar 1.07 Miliar Rupiah.

JERMAN
spainexchange.com
Pendidikan publik di Jerman memungkinkan anak-anak yang berkualitas untuk belajar sampai tingkat universitas, terlepas dari status kemiskinan keluarga mereka. Sistem pendidikan Jerman berbeda dalam banyak hal dari yang ada di negara lain, namun menghasilkan siswa berprestasi. Mayoritas siswa Jerman masuk ke sekolah negeri. Tetapi tetap ada beberapa sekolah swasta di Jerman, namun tidak terlalu populer di bandingkan dengan sekolah negeri.

Untuk Gaji guru yang memiliki masa kerja dibawah 15 tahun rata-rata mendapatkan 980 Juta Rupiah Per Tahunnya, dengan kata lainnya dalam sebulan guru tersebut mendapatkan gaji kurang lebih 81 Juta Rupiah. 
Namun untuk guru yang telah bekerja diatas 15 tahun, biasanya mendapatkan gaji 1.06 Miliar Per Tahunnya. Artinya dalam sebulan guru tersebut memiliki gaji kurang lebih 89 Juta Rupiah.

AMERIKA SERIKAT


Rata-rata Gaji Guru Baru di Amerika Serikat adalah 470 Juta Rupiah Per Tahun, sedangkan gaji guru tetap rata-rata di Amerika (non-awal) adalah 930 Juta Rupiah.
Di Negara Bagian Montana memiliki gaji awal terendah: 354 Juta Rupiah/Tahun, sedangkan DC memiliki gaji awal tertinggi: 670 Juta Rupiah/Tahun. Datang di posisi kedua adalah New Jersey di 632 Juta Rupiah/Tahun. New York memiliki gaji guru rata-rata tertinggi: 978 Juta Rupiah Per Tahun dan South Dakota memiliki nilai terendah: 514 Juta Rupiah/Tahun.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top