Biografi Robet Hooke
Home ilmu

Biografi Robet Hooke

Robert Hooke
Robert Hooke adalah seorang penemu, ahli matematika, kimiawan, filsafat dan arsitek yang lahir 28 Juli 1635 dan meninggal pada 3 Maret 1703.

Dia menulis salah satu buku ilmiah paling penting yang pernah ditulis, Micrographia , dan memberikan kontribusi pada pengetahuan manusia yang mencakup Arsitektur, Astronomi, Biologi, Kimia, Fisika, Survei & Pembuatan Peta, dan perancangan dan konstruksi instrumen ilmiah.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Robert Hooke lahir di Isle of Wight, Inggris pada tanggal 28 Juli 1635. Orang tuanya adalah John Hooke dan Cecily Gyles. Dia adalah anak bungsu dari keempat anaknya. Untuk sebagian besar masa kecilnya, dan sepanjang hidupnya, kesehatan Robert Hooke sangat lemah. Dia menghabiskan sebagian besar waktu sekolahnya di rumah.

Sebagai anak muda, dia mengesankan ayah pendeta dengan keahliannya dalam menggambar dan karyanya pada instrumen seperti jam. Ayahnya yakin anaknya ditakdirkan menjadi pembuat jam atau artis.

Pada tahun 1648, ayah Robert Hooke meninggal, meninggalkannya warisan 40 pound - sejumlah besar uang. Anak laki-laki berusia 13 tahun itu pergi ke London untuk dididik di Westminster School, di mana dia belajar bahasa klasik bahasa Yunani dan Latin dan belajar matematika dan mekanik.

Pada 1653, berusia 18, dia mendaftarkan diri di Universitas Christ Church University Oxford, di mana dia belajar ilmu eksperimental dan menjadi seorang chorister.

Hooke Menjadi Ilmuwan
Usia 20 tahun 1655, karir Hooke lebih jauh beralih ke sains.

Kemampuannya dalam bekerja dengan alat mekanis menjadi sangat halus, dan dia berhasil bekerja di Oxford sebagai asisten salah satu pendiri kimia modern - Robert Boyle . Hooke bekerja dengan Boyle selama tujuh tahun; Selama ini Boyle menemukan Hukum Boyle dengan peralatan yang dirancang dan dibangun oleh Hooke.

Royal Society
Pada tahun 1662, sekarang berusia 27, Hooke ditunjuk sebagai Kurator Percobaan untuk Royal Society yang baru didirikan, yang tujuannya adalah untuk memajukan pemahaman ilmiah tentang dunia.

Posisi Hooke, yang bertanggung jawab atas eksperimen, adalah hal yang penting bagi seorang pemuda untuk dipegangnya. The Royal Society, dengan motto Nullus In Verba - Take Nobody's Word For It - didasarkan pada eksperimennya. Hooke pindah dari Oxford ke London, di mana dia memegang posisi Kurator selama empat puluh tahun.

Sebagai Kurator dia bertanggung jawab atas eksperimen yang dilakukan oleh Society. Jelas waktu Hooke bersama Boyle telah membuatnya mengagumi dunia ilmiah. Boyle, yang merupakan anggota pendiri Royal Society, berterima kasih kepada mereka karena telah membebaskan Hooke untuk bekerja untuk mereka.


Penemuan Ilmiah Robert Hooke
Pengukuran Waktu
Sekitar 1657, Hooke memperbaiki jam pendulum dengan menemukan pelarian jangkar. Ini adalah roda gigi yang memberi sedikit dorongan pada setiap ayunan yang diambil pendulum, mencegahnya mengalir, sementara juga menggerakkan tangan ke depan.

Pada sekitar tahun 1660, Hooke menemukan keseimbangan musim semi, penting untuk ketepatan waktu yang akurat dalam jam tangan saku, salah satunya dibuat untuk penggunaannya sendiri. Sebuah bandul tidak bisa digunakan dalam jam saku, jadi cara lain untuk menandai berlalunya waktu sangat dibutuhkan.

Keseimbangan keseimbangan Hooke menempel pada roda keseimbangan dan menghasilkan osilasi biasa; osilasi ini memungkinkan waktu disimpan dengan akurat. Christiaan Huygens menemukan keseimbangan musim semi secara independen dari Hooke lebih dari satu dekade kemudian.

Hukum Hooke
Pada tahun 1660 Hooke menemukan Hooke's Law, yang menyatakan bahwa:
“pertambahan panjang pegas akan sebanding dengan gaya yang bekerja pada pegas”
Rumus Hukum Hooke , dapat dituliskan :

F = - k . Δx

Dimana : F = gaya (N)
K = konstanta pegas (N/m)
Δx = pertambahan panjang pegas (m)

Menurut hukum Hooke semakin besar gaya yang diberikan maka pegas juga akan semakin memanjang. 

Mikrografia dan Mikroskopi
Pada tahun 1665, saat berusia 30 tahun, Hooke menerbitkan buku terlaris ilmiah pertama: Micrographia .

Buku itu adalah sebuah karya untuk bakat Hooke - pemahamannya tentang alam dan cahaya, keahliannya dalam merancang dan membangun instrumen ilmiah, dan keahliannya sebagai seniman. Hooke telah membangun mikroskop majemuk dengan mekanisme fokus baru yang dioperasikan sekrup yang telah dirancangnya. Sebelumnya, orang perlu memindahkan spesimen untuk membuatnya menjadi fokus.

Dia lebih jauh memperbaiki mikroskop dengan pencahayaan. Dia meletakkan lensa air di samping mikroskop untuk memusatkan cahaya dari lampu minyak ke spesimennya untuk menerangi mereka dengan terang. Hooke menggunakan mikroskopnya untuk mengamati detil terkecil yang sebelumnya tersembunyi dari alam. Bukunya Micrographia mengungkapkan dan menggambarkan penemuannya. Beberapa orang memperdebatkan diagramnya karena mereka menolak untuk percaya apa yang mereka tunjukkan. Dunia yang ditemukan Hooke terlalu asing bagi mereka!

Buku "Mikrografia" Hooke
Micrographia adalah salah satu buku ilmiah terpenting yang pernah ditulis, karena ia mengungkapkan sebuah dunia baru yang tidak pernah terbayangkan oleh orang-orang. Pengetahuan kita tentang mikrobiologi, fisika kuantum dan nanoteknologi semuanya dapat ditelusuri kembali ke Micrographia Hooke dan jalan yang beberapa ilmuwan terinspirasi untuk diikuti setelah melihat dunia Hooke telah mengungkapkannya.

Penemuan Hooke dari Jamur Mikroskopis






Hooke menemukan mikroorganisme yang pertama dikenal, dalam bentuk jamur mikroskopis, pada tahun 1665. Ini mendahului penemuan sel tunggal Antonie van Leeuwenhoek selama sembilan tahun.


Penemuan Hooke tentang "Sel Tumbuhan"
Hooke melihat kulit pohon gabus dan mengamati struktur mikroskopiknya. Dengan berbuat demikian, dia menemukan dan menamai sel - blok bangunan kehidupan. Dia pikir benda-benda yang dia temukan tampak seperti kamar individu di sebuah biara, yang dikenal sebagai sel. Hooke tidak menemukan fungsi biologis sel yang sebenarnya.

Micrographia dan Paleontologi
Hooke menggunakan mikroskopnya untuk mempelajari sel kuno di kayu fosil. Dia menyimpulkan bahwa fosil pernah menjadi makhluk hidup yang selnya telah menjadi mineral. Dia juga menyimpulkan bahwa beberapa spesies yang dulu pernah ada pasti sudah punah. Meski sekarang ini diterima oleh hampir semua orang propertinya yang kontroversial saat ia berhasil.

Kekuatan Gravitasi
Dalam sebuah ceramah pada tahun 1670, Hooke dengan tepat mengatakan bahwa gravitasi diterapkan pada semua benda angkasa dan bahwa gaya gravitasi antara tubuh menurun dengan jarak di antara keduanya. Jika kekuatan itu harus dilepas, benda langit akan bergerak dalam garis lurus.

Hooke sebagai Arsitek
Saat bekerja sebagai ilmuwan, Hooke mengembangkan karir sampingan sebagai arsitek. Orang menyukai desain bangunannya, dan dia ditunjuk menjadi Surveyor ke City of London. Sebenarnya, dia menghasilkan lebih banyak uang sebagai arsitek daripada sebagai ilmuwan, karena dia merancang banyak bangunan yang menggantikan bangunan yang hancur akibat Kebakaran Besar London pada tahun 1666.

Rivalitas Robert Hooke dan Isaac Newton
Ini klise lama bahwa sejarah ditulis oleh para pemenang, dan mungkin tidak ada pemenang yang lebih besar dalam keseluruhan sejarah sains daripada Isaac Newton. Karya monumentalnya tentang gravitasi dan kalkulus membuatnya menjadi legenda di zamannya sendiri, dan sebuah demigod setelahnya, dan dalam 400 tahun berikutnya hanya Albert Einstein telah benar-benar menyaingi dia dalam imajinasi populer. Anda mungkin bisa menebak bagaimana dia berhubungan dengan Robert Hooke.

Secara umum disepakati bahwa masalah dimulai dengan gravitasi. Sangat menggoda untuk memikirkan hukum gravitasi yang bermunculan dari kepala Newton yang terbentuk sepenuhnya, bahwa mekanika Newtonian benar-benar Newton. Namun para ilmuwan telah bergerak perlahan bertahun-tahun menuju gravitasi dari gagasan lama mereka tentang "aether" sebagai penjelasan untuk daya tarik benda langit yang berbeda sebelum Principia Newton diterbitkan pada tahun 1686.

Robert Hooke adalah link yang sangat penting dalam rantai ini. Pada tahun 1670-an, dia mendukung keyakinannya bahwa Matahari dan planet-planet saling tertarik satu sama lain, dan daya tarik ini tumbuh saat mereka semakin dekat satu sama lain. Dia mempertimbangkan gagasan hukum kuadrat terbalik untuk menggambarkan hubungan antara jarak benda langit dan daya tarik gravitasi mereka. Lebih dari ilmuwan lain sebelum Newton, Hooke tampaknya telah memperdebatkan gravitasi sebagai kekuatan universal, namun artikulasinya lebih merupakan gagasan dasar daripada teori penuh. Dengan Principia , Netwon menyediakan yang terakhir.

Perang tentang Gravitasi
Temperamen eksperimental Hooke mengecewakannya di sini. Semua baik dan bagus untuk membuang ide dan merancang eksperimen atau dua untuk mendemonstrasikannya, namun teori gravitasi memerlukan analisis matematis dan bukti yang ketat. Untuk semua bakatnya, Hooke tidak benar-benar siap untuk melakukan itu, sementara Newton adalah salah satu teoretikus paling brilian yang pernah ada, belum lagi eksperimen yang berbakat dengan sendirinya. Tapi Hooke yakin Newton tidak akan menemukan hukum kuadrat terbalik tanpa masukan Hooke. Itu adalah pernyataan Newton yang dipersengketakan dengan sengit - dan satu yang membuat nasib Hooke tersegel.

Newton bersedia mengakui bahwa Hooke adalah salah satu dari beberapa pelopor dalam karyanya tentang gravitasi, tapi kira-kira sejauh yang ia inginkan. Dalam perhitungan Newton, Hooke paling banter berperan sebagai pengaruh kecil dan tidak langsung terhadap pekerjaannya sendiri. Seperti yang Newton jelaskan kepada temannya Edmond Halley, Hooke memang telah menulis tentang gravitasi sekitar tahun 1680, namun surat-surat ini tidak mengandung banyak wawasan - sebaliknya, mereka telah menjelaskan kepada Newton betapa sedikitnya teman sebayanya seperti Hooke yang benar-benar tahu, dan betapa pentingnya hal itu. baginya untuk melanjutkan penelitiannya sendiri.

Dalam salah satu kebiasaan aneh ironi sejarah, kutipan paling populer dikaitkan dengan Newton - "Jika saya melihat lebih jauh dengan berdiri di pundak raksasa" - mungkin sebenarnya adalah ibu dari semua gesekan agresif pasif di Robert Hooke . Meskipun secara umum dipandang sebagai demonstrasi kerendahan hati ilmiah yang luar biasa pada bagian Newton, kutipan tersebut berasal dari surat 1676 kepada Hooke, pada titik di mana pasangan tersebut telah berdebat mengenai kredit yang tepat untuk beberapa pekerjaan di bidang optik. Hooke biasa digambarkan sebagai sangat pendek, bahkan bungkuk, dan satu teori adalah bahwa Newton menyebut "raksasa" adalah caranya untuk mengatakan bahwa Hooke tidak memiliki pengaruh terhadap pekerjaannya.

Masalah Leonardo
Dalam biografi Hooke di tahun 2005, sejarawan sains Allan Chapman menjuluki Hooke England's Leonardo . Dan sementara pengaruh Hooke pada sains kontemporer jauh melampaui Leonardo, masih merupakan batu nisan yang pas untuk dianugerahi - lebih daripada sosok ilmuwan Royal Society dan Inggris yang baru lahir, Hooke mewujudkan manusia Renaisans yang ideal yang kita kaitkan dengan Leonardo da Vinci. Robert Boyle adalah bapak kimia modern, Christopher Wren merevolusi arsitektur, Isaac Newton adalah yang fisikawan - tapi Hooke, dia melakukan semuanya. Dan itu mungkin benar-benar menjadi bagian mengapa sangat mudah menghapus warisannya dari sejarah.

Mari pikirkan Leonardo sejenak. Kita sekarang mengenalnya sebagai polymath untuk mengakhiri semua polymath, seorang pria yang unggul dalam rekayasa, anatomi, kartografi, botani, geologi, musik, dan belasan subjek lainnya. Dan sedikit pun hal ini diketahui di masa hidupnya - Leonardo menyimpan sebagian besar karya ilmiahnya untuk dirinya sendiri - dan bahkan lebih sedikit dari itu dihargai dengan benar, mengingat rancangannya untuk hal-hal seperti helikopter dan tank tidak mungkin berada di depan waktu mereka. Desainnya untuk "sekrup udara" memang brilian, tapi memang jalan buntu yang tidak mempengaruhi perkembangan helikopter sebenarnya.

Apa yang membuat Leonardo terkenal adalah lukisannya, dimana ia menjadi salah satu seniman Renaisans terbesar. Baru pada abad-abad berikutnya, kejeniusannya diketahui, dan reputasinya berkembang menjadi manusia Renaisans akhir. Tanpa lukisan-lukisan sebagai bagian tengahnya, itu mungkin bahwa Leonardo akan kurang ikon dari catatan kaki, yang terlupakan, jenius eksentrik yang datang dengan helikopter dan lempeng tektonik tetapi tidak benar-benar memiliki banyak dampak.

Hooke adalah seorang jenius yang melakukan banyak pekerjaan di bidang ilmiah yang berbeda, namun jadwal yang padat itu bisa dibilang berhasil melawannya. Dia menghasilkan banyak gagasan, tapi dia terus bergerak dari satu terobosan ke terobosan lainnya, jarang melambat cukup untuk menyelesaikannya dengan teori penuh. Hal ini membuat pintu terbuka bagi ilmuwan lain - sering bekerja sepenuhnya secara independen - untuk fokus pada area tertentu dan memberikan magnum opus yang dapat mengamankan tempat mereka dalam sejarah. Luasnya karya Hooke benar-benar mengejutkan, tapi mungkin tidak memiliki kedalaman dalam satu bidang pun yang bisa membuat reputasinya tidak tergoyahkan.

Tahun-tahun Terakhir Hooke
Di tahun-tahun berikutnya, Hooke menjadi semakin pemarah, terlibat dalam sejumlah perseteruan dengan ilmuwan lain, seringkali tentang siapa yang mengatakan apa yang pertama. Perseteruan Hooke yang paling terkenal adalah dengan Isaac Newton. Hooke mengira Newton tidak mengakui gagasan Hooke tentang gravitasi secukupnya.

Meski diyakini seniman melukis potret Hooke dalam hidupnya, tak satu pun dari lukisan ini yang ada sekarang. Sejarawan berpikir bahwa, meskipun tidak ada yang sengaja memutuskan untuk menghancurkan lukisan Hooke, tidak ada yang berusaha keras untuk melestarikannya. Hasilnya adalah kita tidak memiliki kemiripan dengan ilmuwan hebat ini.

Robert Hooke meninggal pada usia 67, pada tanggal 3 Maret 1703 di London. Dia telah menderita sakit selama beberapa tahun, namun penyebab pastinya kematiannya tidak tercatat. Berkat karya-karya hooke dalam dunia arsitek, dia meninggal seorang pria yang sangat kaya.

Kata-kata terakhir datang dari Hooke tentang Micrographia :
Dengan teleskop, tidak ada yang jauh ke depan, namun mungkin terwakili dalam pandangan kita; dan dengan bantuan Mikroskop, tidak ada yang begitu kecil untuk menghindari penyelidikan kami; Oleh karena itu ada Dunia yang baru terlihat yang menemukan pengertiannya.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top