Biografi Albert Einstein
Home ilmu

Biografi Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang fisikawan yang lahir di Jerman dan mengembangkan teori relativitas umum. Eisntein dianggap sebagai salah satu fisikawan paling berpengaruh abad ke-20.

Siapa Albert Einstein?
Albert Einstein (14 Maret 1879 s/d 18 April 1955) adalah seorang matematikawan Jerman dan fisikawan yang mengembangkan teori relativitas khusus dan umum. Pada tahun 1921, Eisntein memenangkan Hadiah Nobel untuk fisika karena penjelasannya mengenai efek fotolistrik. Pada dekade berikutnya, dia berimigrasi ke AS setelah menjadi sasaran Nazi. Karyanya juga memiliki dampak besar pada pengembangan energi atom. Di tahun-tahun berikutnya, Einstein berfokus pada teori medan terpadu. Dengan hasratnya untuk melakukan penyelidikan, Einstein pada umumnya dianggap sebagai fisikawan paling berpengaruh di abad ke-20.

Penemuan dan Penemuan Albert Einstein
Sebagai fisikawan, Einstein memiliki banyak penemuan, namun ia mungkin paling dikenal karena teorinya tentang relativitas dan persamaan E = MC2, yang meramalkan perkembangan kekuatan atom dan bom atom.

Teori relativitas 
Einstein pertama kali mengajukan teori relativitas khusus pada tahun 1905 dalam makalahnya, "On the Electrodynamics of Moving Bodies," mengambil fisika dalam arah baru yang baru. Pada bulan November 1915, Einstein menyelesaikan teori relativitas umum . Einstein menganggap teori ini merupakan kulminasi dari penelitian hidupnya. Dia yakin akan manfaat relativitas umum karena memungkinkan prediksi orbit planet yang lebih akurat di sekitar matahari, yang gagal dalam teori Isaac Newton , dan untuk penjelasan yang lebih luas dan bernuansa tentang bagaimana gaya gravitasi bekerja. Pernyataan Einstein ditegaskan melalui pengamatan dan pengukuran oleh astronom Inggris Sir Frank Dyson dan Sir Arthur Eddington selama gerhana matahari 1919, dan dengan demikian sebuah ikon sains global lahir.



Einstein's E = MC2
Einstein's 1905 kertas tentang masalah / hubungan energi mengusulkan persamaan E = MC2: energi suatu benda (E) sama dengan massa (M) dari tubuh itu yang menghasilkan kecepatan cahaya kuadrat (C2). Persamaan ini menunjukkan bahwa partikel kecil materi bisa diubah menjadi sejumlah besar energi, sebuah penemuan yang menggembar-gemborkan kekuatan atomik. Teori kuantum yang terkenal Max Planck mendukung pernyataan Einstein, yang kemudian menjadi bintang dari rangkaian ceramah dan akademisi, mengambil berbagai posisi sebelum menjadi direktur Institut Fisika Kaiser Wilhelm dari tahun 1913 sampai 1933.

Keluarga
Albert Einstein dibesarkan di sebuah keluarga Yahudi sekuler. Ayahnya, Hermann Einstein, adalah seorang salesman dan insinyur yang, bersama saudaranya, mendirikan Elektrotechnische Fabrik J. Einstein & Cie, sebuah perusahaan yang berbasis di Munich yang memproduksi peralatan listrik. Ibu Albert, mantan Pauline Koch, mengelola keluarga mereka. Einstein memiliki satu saudara perempuan, Maja, lahir dua tahun setelahnya.

Istri dan Anak Einstein



Albert Einstein menikahi Milena Maric pada 6 Januari 1903. Saat bersekolah di Zurich, Einstein bertemu dengan Maric, seorang mahasiswa fisika Serbia. Einstein terus tumbuh lebih dekat dengan Maric, namun orang tuanya sangat menentang hubungannya karena latar belakang etniknya. Meskipun demikian, Einstein terus menemuinya, dengan keduanya mengembangkan korespondensi melalui surat-surat di mana dia mengungkapkan banyak gagasan ilmiahnya. Ayah Einstein meninggal pada tahun 1902, dan pasangan itu menikah sesudahnya.


Pada tahun yang sama pasangan itu memiliki seorang anak perempuan, Lieserl, yang mungkin kemudian diangkat oleh kerabat Maric atau menyerah untuk diadopsi. Nasib dan keberadaan akhirnya tetap menjadi misteri. Pasangan itu melanjutkan untuk memiliki dua putra, Hans dan Eduard. Perkawinan itu tidak akan membahagiakan, dengan dua perceraian pada tahun 1919 dan Maric mengalami gangguan emosional sehubungan dengan perpecahan tersebut. Einstein, sebagai bagian dari penyelesaian, setuju untuk memberi Maric dana apa pun yang mungkin dia dapatkan dari kemungkinan memenangkan Hadiah Nobel di masa depan.

Selama pernikahannya dengan Maric, Einstein juga telah memulai perselingkuhan beberapa waktu sebelumnya dengan sepupu, Elsa Löwenthal. Pasangan tersebut menikah pada tahun 1919, tahun yang sama dengan perceraian Einstein. Dia akan terus melihat wanita lain selama pernikahan keduanya, yang berakhir dengan kematian Löwenthal pada tahun 1936.

Kelahiran Einstein
Albert Einstein lahir pada tanggal 14 Maret 1879 di Ulm, Württemberg, Jerman.

Otak Einstein
Selama autopsi Albert Einstein, Thomas Stoltz Harvey melepaskan otaknya, dilaporkan tanpa izin keluarganya, untuk pelestarian dan studi masa depan oleh dokter ilmu saraf. Namun selama hidupnya Einstein berpartisipasi dalam studi otak, dan setidaknya satu biografi mengatakan dia berharap para periset akan mempelajari otaknya setelah dia meninggal. Otak Einstein sekarang berada di Princeton University Medical Center, dan jenazahnya dikremasi dan abunya tersebar di lokasi yang tidak diungkapkan, mengikuti keinginannya.

Pada tahun 1999, ilmuwan Kanada yang mempelajari otak Einstein menemukan bahwa cuplikan parietalnya yang inferior, area yang memproses hubungan spasial, visualisasi 3D dan pemikiran matematis, 15 persen lebih lebar daripada orang dengan kecerdasan normal. Menurut The New York Times , para periset percaya bahwa ini bisa membantu menjelaskan mengapa Einstein sangat cerdas.

Kehidupan Awal Einsten dan Pendidikan
Einstein menghadiri sekolah dasar di Gimnasium Luitpold di Munich. Namun, dia merasa terasing di sana dan berjuang dengan gaya pedagogis yang kaku dari institusi tersebut. Dia juga memiliki apa yang dianggap sebagai tantangan berbicara, meskipun dia mengembangkan hasrat akan musik klasik dan memainkan biola yang akan tinggal bersamanya di tahun-tahun terakhirnya. Yang paling penting, pemuda Einstein ditandai oleh keingintahuan dan penyelidikan mendalam.

Menjelang akhir 1880-an, Max Talmud, seorang mahasiswa kedokteran Polandia yang kadang-kadang makan bersama keluarga Einstein, menjadi tutor informal untuk Albert muda. Talmud telah mengenalkan muridnya pada teks sains anak-anak yang mengilhami Einstein untuk bermimpi tentang sifat cahaya. Jadi, selama masa remajanya, Einstein menulis apa yang akan dilihat sebagai makalah besarnya yang pertama, "Investigasi Negara Bagian Aether in Magnetic Fields."

Hermann Einstein memindahkan keluarganya ke Milan, Italia, pada pertengahan 1890-an setelah bisnisnya kehilangan kontrak besar. Albert ditinggalkan di rumah kos seorang kerabat di Munich untuk menyelesaikan sekolahnya di Gimnasium Luitpold. Dihadapkan dengan tugas militer saat berusia belasan tahun, Albert diduga mengundurkan diri dari kelas, menggunakan catatan dokter untuk meminta maaf dan mengaku gugup. Dengan anak mereka bergabung kembali dengan mereka di Italia, orang tuanya memahami perspektif Einstein namun prihatin dengan prospek masa depannya sebagai anak putus sekolah dan draf perodok.

Einstein akhirnya bisa masuk ke Swiss Federal Polytechnic School di Zurich, khususnya karena nilai matematika dan fisika yang luar biasa pada ujian masuk. Dia masih diharuskan menyelesaikan pendidikan pra-universitasnya terlebih dahulu, dan dengan demikian menghadiri sebuah sekolah menengah di Aarau, Swiss yang dipimpin oleh Jost Winteler. Einstein tinggal bersama keluarga kepala sekolah dan jatuh cinta pada putri Winteler, Marie. Einstein kemudian meninggalkan kewarganegaraannya di Jerman dan menjadi warga negara Swiss pada awal abad baru ini.

Setelah lulus, Einstein menghadapi tantangan besar dalam hal menemukan posisi akademis, setelah mengasingkan beberapa profesor karena tidak menghadiri kelas secara lebih teratur sebagai pengganti belajar secara mandiri. Einstein akhirnya menemukan pekerjaan tetap pada tahun 1902 setelah menerima rujukan untuk posisi juru tulis di kantor paten Swiss. Saat bekerja di kantor paten, Einstein memiliki waktu untuk mengeksplorasi lebih jauh gagasan yang telah dipegang selama masa studinya di Politeknik dan dengan demikian memperkuat teorema tentang apa yang akan dikenal sebagai asas relativitas.

Pada tahun 1905 - yang dilihat oleh banyak orang sebagai "tahun keajaiban" bagi teori-Einstein memiliki empat makalah yang diterbitkan di Annalen der Physik , salah satu jurnal fisika paling terkenal di era ini. Dua fokus pada efek fotolistrik dan gerak Brown. Dua lainnya, yang menguraikan E = MC2 dan teori relativitas khusus, menentukan karir Einstein dan jalannya studi fisika.


Karier Mengajar


Awalnya karya Einstein pada tahun 1905 diabaikan oleh komunitas fisika . Ini mulai berubah setelah dia mendapat perhatian hanya satu fisikawan, mungkin fisikawan paling berpengaruh dari generasinya,Max Planck , pendiri teori kuantum . Segera, berkat komentar pujian Planck dan eksperimen yang secara bertahap mengonfirmasikan teorinya, Einstein diundang untuk memberi ceramah pada pertemuan internasional, seperti Konferensi Solvay , dan dia meningkat pesat di dunia akademis. Dia ditawari serangkaian posisi di institusi yang semakin bergengsi, termasuk Universitas Zürich, Universitas Praha , Institut Teknologi Federal Swiss, dan akhirnya Universitas Berlin , di mana dia menjabat sebagai direktur Institut Kaiser Wilhelm untuk Fisika dari 1913 sampai 1933 (meskipun pembukaan institut itu ditunda sampai 1917).

Bahkan saat ketenarannya menyebar, pernikahan Einstein berantakan. Dia terus-menerus di jalan, berbicara di konferensi internasional, dan tersesat dalam merenungkan relativitas . Pasangan tersebut sering bertengkar mengenai anak-anak mereka dan keuangan mereka yang kecil. Yakin bahwa pernikahannya telah ditakdirkan, Einstein memulai perselingkuhan dengan sepupu, Elsa Löwenthal, yang kemudian dinikahinya. (Elsa adalah sepupu pertama di sisi ibunya dan sepupu kedua di pihak ayahnya.) Ketika akhirnya dia menceraikan Mileva pada tahun 1919, dia setuju untuk memberinya uang yang mungkin dia dapatkan jika dia memenangkan Hadiah Nobel .

Salah satu pemikiran mendalam yang mengonsumsi Einstein dari tahun 1905 sampai 1915 adalah kelemahan penting dalam teorinya sendiri: tidak disebutkan gravitasi atau akselerasi . TemannyaPaul Ehrenfest telah melihat sebuah fakta yang aneh. Jika sebuah disk berputar, peleknya bergerak lebih cepat dari pada pusatnya, dan karenanya (dengan relativitas khusus) tongkat meter yang ditempatkan pada lingkarnya harus menyusut. Ini berarti geometri bidang Euclidean harus gagal untuk disk. Selama 10 tahun berikutnya, Einstein akan diserap dengan merumuskan teori gravitasi dalam hal kelengkungan dari ruang-waktu . Bagi Einstein, gaya gravitasi Newton sebenarnya merupakan hasil sampingan dari kenyataan yang lebih dalam: membungkuk dari kain ruang dan waktu.

Pada bulan November 1915, Einstein akhirnya menyelesaikan teori relativitas umum, yang dianggapnya sebagai karya agungnya. Pada musim panas 1915, Einstein telah memberikan enam jam kuliah dua jam di Universitas Göttingen yang secara menyeluruh menjelaskan versi relativitas umum yang tidak lengkap yang tidak memiliki beberapa detail matematika yang diperlukan. Banyak kekhawatiran Einstein, matematikawanDavid Hilbert , yang telah mengorganisir ceramah di universitasnya dan telah sesuai dengan Einstein, kemudian menyelesaikan rincian ini dan mengirimkan sebuah makalah pada bulan November mengenai relativitas umum hanya lima hari sebelum Einstein, seolah-olah teorinya adalah miliknya sendiri. Kemudian mereka menambal perbedaan mereka dan tetap berteman. Einstein akan menulis surat kepada Hilbert,

Saya berjuang melawan rasa kepahitan yang dihasilkan, dan saya melakukannya dengan sukses penuh. Saya sekali lagi memikirkan Anda dalam persahabatan yang tidak jelas, dan akan meminta Anda untuk mencoba melakukan hal yang sama terhadap saya.

Hari ini fisikawan mengacu pada tindakan dari mana persamaan diturunkan sebagai tindakan Einstein-Hilbert, namun teori itu sendiri hanya terkait dengan Einstein.

Einstein yakin bahwa relativitas umum benar karena kecantikan matematisnya dan karena secara akurat memprediksi presesi perihelion dari Orbit Merkurius mengelilingi Matahari ( lihat Merkurius: Merkurius dalam tes relativitas ). Teorinya juga memprediksi defleksi terukur cahaya di sekitar Matahari. Sebagai konsekuensinya, ia bahkan menawarkan bantuan mendanai sebuah ekspedisi untuk mengukur defleksi cahaya bintang saat gerhana matahari.

Hadiah Nobel untuk Fisika
Pada tahun 1921, Einstein memenangkan Hadiah Nobel Fisika untuk penjelasan tentang efek fotolistrik, karena gagasan tentang relativitas masih dianggap patut dipertanyakan. Dia sebenarnya tidak diberi penghargaan sampai tahun berikutnya karena keputusan birokratis, dan selama pidato penerimaannya dia tetap memilih untuk berbicara tentang relativitas.

Dalam perkembangan teori umumnya, Einstein telah berpegang pada keyakinan bahwa alam semesta adalah entitas statis tetap, yang disebut "konstanta kosmologis," meskipun teori selanjutnya secara langsung membantah gagasan ini dan menegaskan bahwa alam semesta dapat berada dalam keadaan aliran. Astronom Edwin Hubble menyimpulkan bahwa kita memang mendiami alam semesta yang meluas, bersama dua ilmuwan berkumpul di Observatorium Gunung Wilson dekat Los Angeles pada tahun 1930.

Einstein dan Amerika Serikat
Ketenaran Einstein dan kesuksesan besar teorinya menciptakan sebuah tendangan balik. MeningkatGerakan Nazi menemukan sasaran obyektif dalam relativitas , mencapnya "fisika Yahudi" dan mensponsori konferensi dan pembakaran buku untuk mengecam Einstein dan teorinya. Nazi mendaftarkan fisikawan lainnya, termasuk peraih NobelPhilipp Lenard danJohannes Stark , untuk mengecam Einstein. Seratus Penulis Melawan Einstein diterbitkan pada tahun 1931. Ketika diminta untuk mengomentari penolakan relativitas oleh begitu banyak ilmuwan, Einstein menjawab bahwa untuk mengalahkan relativitas seseorang tidak memerlukan sepatah kata dari 100 ilmuwan, hanya satu fakta.

Pada bulan Desember 1932, Einstein memutuskan untuk meninggalkan Jerman selamanya (dia tidak akan pernah kembali). Sudah menjadi jelas bagi Einstein bahwa hidupnya dalam bahaya. Sebuah organisasi Nazi menerbitkan sebuah majalah dengan gambar Einstein dan judul "Not Yet Hanged" di sampulnya. Bahkan ada harga di kepalanya. Begitu hebatnya ancaman yang dipecah Einstein dengannyateman-teman pasifis dan mengatakan bahwa hal itu dibenarkan untuk membela diri dengan senjata melawan agresi Nazi. Bagi Einstein, pasifisme bukanlah konsep yang absolut tapi harus dikaji ulang bergantung pada besarnya ancaman.

Einstein menetap di tempat yang baru terbentuk Institut Studi Lanjutan diPrinceton , New Jersey , yang segera menjadi kiblat bagi fisikawan dari seluruh dunia. Artikel surat kabar menyatakan bahwa "paus fisika" telah meninggalkan Jerman dan bahwa Princeton telah menjadi Vatikan yang baru .

Bom Atom Einstein

Uji coba bom atom Amerika Serikat memulai era persenjataan nuklir (Foto: Getty Images/Independent)

Pada tahun 1939, Einstein dan sesama fisikawan Leo Szilard menulis surat kepada Presiden Franklin D. Roosevelt untuk mengingatkannya akan kemungkinan bom Nazi dan untuk menggembleng Amerika Serikat untuk menciptakan senjata nuklirnya sendiri . AS pada akhirnya akan memulai Proyek Manhattan , meskipun Einstein tidak akan mengambil bagian langsung dalam pelaksanaannya karena afiliasi pasifis dan sosialisnya. Einstein juga menerima banyak perhatian dan ketidakpercayaan besar dari sutradara FBI J. Edgar Hoover .

Setelah mengetahui pemboman tahun 1945 atas Hiroshima , Jepang, Einstein menjadi pemain utama dalam upaya mengurangi pemakaian bom. Tahun berikutnya, dia dan Szilard mendirikan Komite Darurat Ilmuwan Atom, dan pada tahun 1947, melalui sebuah esai untuk The Atlantic Monthly , Einstein bekerjasama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mempertahankan senjata nuklir sebagai penghalang untuk konflik.

Einsten dan Anggota NAACP
Pada akhir 1940-an, Einstein menjadi anggota National Association for Advancement of Colored People (NAACP) , melihat kesejajaran antara perlakuan terhadap orang-orang Yahudi di Jerman dan orang-orang Amerika Afrika di Amerika Serikat. Dia berkorespondensi dengan ilmuwan / aktivis WEB Du Bois serta artis berprestasi Paul Robeson dan berkampanye untuk hak-hak sipil, menyebut rasisme sebagai "penyakit" dalam pidato Universitas Lincoln tahun 1946.


Teori Kuantum dan Perjalanan Waktu
Setelah Perang Dunia II , Einstein terus mengerjakan teori medan terpadu dan aspek kunci teori relativitas umum, seperti Black Hole, kemungkinan perjalanan waktu, keberadaan lubang hitam dan penciptaan alam semesta. Namun, ia menjadi semakin terisolasi dari seluruh komunitas fisika, yang matanya ditetapkan pada teori kuantum. Dalam dasawarsa terakhir hidupnya, Einstein, yang selalu menganggap dirinya sebagai penyendiri, menarik lebih jauh dari sorotan apapun, lebih memilih untuk tetap dekat dengan Princeton dan membenamkan dirinya dalam mengolah gagasan dengan rekan kerja.

Kematian Einstein
Albert Einstein meninggal di University Medical Center di Princeton pada pagi hari pada tanggal 18 April 1955 pada usia 76. Hari sebelumnya, saat sedang mengerjakan pidato untuk menghormati ulang tahun ketujuh Israel, Einstein menderita aneurisma aorta perut. Dia dibawa ke rumah sakit untuk perawatan namun menolak operasi, percaya bahwa dia telah menjalani hidupnya dan merasa puas menerima takdirnya. "Saya ingin pergi saat saya mau," katanya saat itu. "Rasanya hambar untuk memperpanjang hidup secara artifisial, saya telah melakukan bagian saya, sekarang saatnya untuk pergi, saya akan melakukannya dengan elegan."


Warisan
Sejak kematian Einstein, sebuah kumpulan buku yang benar telah ditulis mengenai kehidupan pemikir ikonik, termasuk Einstein: Kehidupan dan Semesta-Nya oleh Walter Isaacson dan Einstein: Biografi oleh Jürgen Neffe, keduanya berasal dari tahun 2007. Kata-kata Einstein sendiri dipresentasikan dalam koleksi . Dunia Seperti Saya Lihat Ini .

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top