4 Sumber Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Home ilmu

4 Sumber Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

1. Agama

Indonesia merupakan salah satu negara yang ada di dunia yang memiliki kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu masyarakat yang berada di Indonesia menganut agama yang mereka yakini. Dengan kata lain kehidupan masyarakat akan didasari oleh kepercayaan agama. Masyarakat Indonesia sendiri didasari oleh beberapa agama, diantaranya Islam, Kristen protestan, Kristen katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Nilai-nilai keagamaan inilah menjadi dasar dan karakter bangsa.


2. Pancasila


Salah satu prinsip dasar kehidupan bangsa dan negara Indonesia adalah Pancasila. Pancasila sendiri juga terdapat di pembukaan UUD 1945 bahkan diperjelas dalam pasal-pasalnya. Oleh karena itu kehidupan politik, hukum, ekonomi, budaya, kemasyarakatan, seni dan khususnya pendidikan diatur didalam Pancasila. 

Ada lima sendi utama penyusun Pancasila atau secara umum merupakan isi Pancasila:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa,

2. kemanusiaan yang adil dan beradab,
3. persatuan Indonesia,
4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dengan menggunakan Pancasila sebagai dasar dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dapat mempersiapkan para peserta didik agar terjun dalam kehidupan bermasyarakat menjadi teladan di warga negara serta memiliki kemampuan, soft-skill, kemauan, prestasi yang dapat di terapkan dalam kehidupan.


3. Budaya


Suatu kehidupan masyarakat selalu didasari oleh nilai-nilai budaya masyarakat yang diakui. Budaya tersebut biasanya merupakan turunan dari para nenek moyang. Budaya merupakan salah satu nilai terpenting dalam suatu bangsa, karena merupakan warisan dari karakter bangsa tersebut. 


Beberapa kebudayaan bangsa indonesia yang mendunia adalah:

1. Wayang
2. Angklung
3. Keris
4. Tari Saman
5. Reog Ponorogo
6. Tari Kecak
7. Tari Barong dari Bali
8. Tari Pendet
9. Batik
10. Lagu sayang-sayange
11. Lagu Jali-jali
12. Tari ramanaya

Nilai budaya akan selalu didasari oleh konsep komunikasi antar anggota masyarakat. Sebab itu budaya bangsa haruslah dilestarikan dan di kembangkan. Maka dari itu sejak kecil nilai-nilai budaya harus ditanamkan dalam jiwa para generasi muda, agar dapat membentuk karakter dalam pendidikan budaya di sekolah-sekolah.


4. Pendidikan Nasional




Sebagai rumusan kualitas yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia, dikembangkan oleh berbagai satuan pendidikan di berbagai jenjang dan jalur. Tujuan pendidikan nasional memuat berbagai nilai kemanusiaan yang harus dimiliki warga negara Indonesia. Oleh karena itu, tujuan pendidikan nasional adalah sumber yang paling operasional dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa.


Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top