15 Sifat!! Kenapa Guru itu Hebat!
Home tips & trick

15 Sifat!! Kenapa Guru itu Hebat!

Ada banyak sifat yang membuat guru hebat. Saya akan menyajikan 15 perilaku unik (sifat) yang pernah saya amati pada para pendidik guru yang hebat selama bertahun-tahun. Apakah Anda guru yang memiliki sifat tersebut??
1. Guru dapat mengkatakan semuanya, hanya dengan diam.
Guru yang hebat tentu berpengalaman, hanya dengan menggunakan ekspresi wajah dapat berbicara kepada para siswa-siswinya dan dapat mengatakan apapun kepada siswa hanya dengan sekilas. Dengan mengangkat alis yang unik, atau memegang dagu dll, seorang siswa (atau seluruh kelas) dapat mengerti "diam," "peka," atau "pekerjaan bagus".
2. Guru tidak menerima kegagalan. 
Mereka mencoba segala sudut pandang dan setiap strategi untuk membantu siswa belajar dan sukses. Dari cara yang paling mudah, sampai kepada cara yang paling susah.
3. Guru peduli. 
Guru mencintai setiap siswa di kelas mereka. Dari siswa yang paling bandel, tukang ribut, paling malas, sampai kepada siswa yang paling rajin dan terpintar. Semua siswa tersebut tentu diberikan kepedulian yang sama besarnya.
4. Guru adalah komunikator hebat. 
Guru itu suka berbicara dan mendengarkan siswa, guru lain, dan orang tua. Mereka memilih kata-kata mereka dengan bijak dan bisa mengatakan apapun dengan senyuman dan putaran positif.
5. Guru mudah beradaptasi. 
Guru dapat mengubah pelajaran atau seluruh kelas dalam waktu dekat, yang sangat berguna saat latihan kebakaran atau perakitan yang tidak direncanakan dihentikan.

6. Guru bersikap positif. 
Guru tahu pekerjaan itu menantang, tapi mereka telah menerima tugas tersebut dan tahu bahwa mereka dapat menjadi guru yang luar biasa karena sikap mereka hebat dan tidak ada yang bisa memberi tahu mereka bahwa mereka tidak dapat melakukan sesuatu.

7. Guru bekerja keras. 
Guru tidak muncul dan duduk di belakang meja. Mereka berdiri sepanjang hari, berbicara sepanjang hari, berpikir sepanjang hari, berinteraksi sepanjang hari, dan belajar sepanjang hari. Para pekerja lain mungkin tidak seperti itu, tapi guru adalah orang yang sibukTapi yang penting - pengajaran - itu harus di selesaikan dengan tepat waktu.
8. Guru tahu bagaimana cara memimpin. 

Guru tidak kesulitan menjadi pusat perhatian sambil membuat siswa tertawa dan belajar. Mereka tahu bagaimana menjadi bos meski hanya menggunakan gerakan kecil atau suara.
Mereka dapat membantu siswa mempelajari sesuatu dengan sejuta cara yang berbeda, dengan benda apapun, kapan saja di manapun. Siswa dapat menanyakan pelajaran dimanapun, dan tentu guru berusaha semaksimal mungkin untuk membantunya.
10. Guru rendah hati. 
Para guru tidak mengajar untuk dipuji, tapi mengajar untuk membuat perbedaan.
11. Guru selalu berpikir untuk mengajar. 
Jika Guru memiliki rencana, mereka meneliti, dan mereka memikirkan pelajaran sepanjang waktu terlebih dahulu, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Mereka menuliskan gagasan pelajaran yang unik dan mudah diingat oleh para siswa. Agar siswa mampu menyerap pelajaran lebih gampang.
12. Guru adalah akal. 
Guru tahu bagaimana memanfaatkan pelajaran tanpa uang, tidak ada persediaan dan sedikit waktu.
13. Guru itu terorganisir. 
Artinya guru selalu merencanakan pelajaran kadang setahun sebelumnya. Ruangannya diatur, meja dalam urutan, dan rencananya jelas untuk hari itu karena mereka sudah memastikannya.
14. Guru tetap bersatu. 
Tidak ada yang mengerti atau bisa berhubungan dengan bagian dalam kelas seperti guru lain. Saat guru merasa frustrasi atau tertantang, mereka tahu berbicara dengan guru lain saling menghibur dan membantu.
15. Guru tidak mengajar dengan enteng. 
Kebanyakan guru selalu mengajar tanpa bayaran yang sesuai (khususnya guru honorer) dan tidak ada imbalan nyata. Imbalan emosional mengajar? Kepuasan mengajar? Mereka begitu hebat sehingga bisa menghasilkan segalanya dan beberapa. Kegembiraan mengajar bisa sangat luar biasa sehingga mereka tahu itu salah satu profesi terbesar di Bumi.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top