Nomor Atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar, Dan Isoton
Home ilmu

Nomor Atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar, Dan Isoton

NOMOR ATOM DAN NOMOR MASSA

Suatu atom memiliki sifat dan massa yang unik dan berbeda satu sama lain. Dalam penemuan partikel penyusun atom dikenal istilah nomor atom (Z) dan nomor massa (A).

NOMOR ATOM (Z)

Unsur yang stabil memiliki jumlah nomor atom (Z) yang sama dengan jumlah protonnya. Nomor atom juga menunjukkan ciri unik suatu unsur, karena atom bersifat netral maka jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Sehingga nomor atom juga menunjukan jumlah elektron. Elektron inilah yang nantinya paling menentukan sifat suatu unsur. Nomor atom ditulis agak ke bawah sebelum lambang unsur. Atom oksigen mempunyai 5 proton dan 5 elektron sehingga nomor atomnya 5.



NOMOR MASSA (A)

Massa elektron sangat kecil, dianggap nol. Sehingga massa atom ditentukan oleh inti atom yaitu proton dan neutron. Nomor massa ditulis agak ke atas sebelum lambang unsur. Atom oksigen mempunyai nomor atom 8 dan nomor massa 16, sehingga atom oksigen mengandung 8 proton dan 8 neutron.


ISOTOP, ISOBAR, ISOTON


Setelah penulisan lambang atom unsur dan penemuan partikel penyusun atom, ternyata ditemukan adanya unsur-unsur yang memiliki jumlah proton yang sama tetapi memiliki massa atom yang sama dan ada pula unsur-unsur yang memiliki jumlah neutron sama atau massa atom yang sama tetapi nomor atom berbeda. Untuk itu dikenalkanlah istilah isotop, isobar dan isoton.

ISOTOP

Atom yang mempunyai nomor atom yang sama tetapi memiliki nomor massa yang berbeda disebut dengan isotop.
Contoh Isotop :



Jika unsur memiliki jumlah elektron yang sama maka setiap isotop 1 unsur memiliki sifat-sifat kimia yang sama pula. Isotop-isotop unsur ini dapat digunakan untuk menentukan massa atom relatif (Ar), atom tersebut berdasarkan kelimpahan istop dan massa atom semua isotop. 

Contoh :

Suatu Oksigen yang ada di alam terdiri dari 3 isotop dengan kelimpahan sebagai berikut :

Hitunglah massa atom rata-rata atau Ar dari unsur oksigen diatas?
Jawab :


ISOBAR

Isobar adalah Perbandingan unsur-unsur yang memiliki nomor massa yang sama. Adanya isotop yang membuat adanya isobar.




ISOTON

Isoton adalah perbandingan suatu atom yang memiliki jumlah netron sama namun jumlah protonnya berbeda, bahwa neutron adalah selisih (hasil kurang) antara nomor massa dengan nomor atom. Maka isoton tidak dapat terjadi untuk unsur yang sama.



Ringkas:

Isotop adalah atom dari unsur yang sama, tetapi berbeda massa. Perbedaan massa disebabkan perbedaan jumlah neutron. Atom unsur yang sama dapat mempunyai jumlah neutron yang berbeda. Isobar adalah atom dari unsur yang berbeda, tetapi mempunyai nomor massa sama. Isoton adalah atom dari unsur yang berbeda, tetapi mempunyai jumlah neutron sama.



Sumber:
Utami, Budi, dkk. 2009. Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.


Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top