KOLONIALISME DAN IMPERIALISME
Home ilmu

KOLONIALISME DAN IMPERIALISME

Kolonialisme berasal dari kata colonia yang berarti tanah permukiman. Secara umum kolonialisme diartikan sebagai suatu sistem permukiman warga negara yang ada di luar negara induk.

Daerah koloni dijadikan bagian dari negara induk (negara penjajah). Daerah koloni atau daerah jajahan itu dikendalikan dari pemerintah pusat di negara induk. Menurut catatan sejarah, sistem kolonialisme sudah muncul pada zaman Yunani Kuno. Para petani Yunani berpindah dari negerinya yang tandus ke wilayah lain yang lebih subur. Tujuan mereka mengolah tanah di daerah baru agar dapat meningkatkan taraf hidupnya menjadi lebih layak. Dari daerah yang baru itu, mereka masih tetap berhubungan dengan negeri asal atau negeri induknya. Bahkan negeri asalnya memandang bahwa daerah baru itu sebagai daerah koloni dan setiap tahun masyarakat yang berada di daerah baru mempersembahkan upeti ke negeri induknya. 



Sedangkan Imperialisme, berasal dari kata imperate yang artinya memerintah. Secara umum imperialisme diartikan sebagai usaha dan tindakan suatu negara untuk mengembangkan kekuasaan dalam bentuk pendudukan dan pemerintahan secara langsung di negara lain. Semakin luas daerah yang dikuasai semakin kuat dan masyurlah negara dan rajanya. Oleh karenanya, pengertian dari imperialisme yakni sebuah usaha yang dilakukan oleh sebuah bangsa untuk memerintah bangsa lain di luar dari wilayahnya sendiri. Imperialisme digerakkan dengan penuh paksaan untuk mencapai maksud bangsa yang melakukannya.

Secara umum, kolonialisme serta imperialisme yang dilakukan bangsa Barat di Indonesia dilandasi oleh beberapa hal, yakni mencari kekayaan sebanyak mungkin (gold), menyebarkan paham atau agama mereka (gospel), serta mencari kejayaan serta kedaulatan (glory).

Dengan dasar itulah, bangsa-bangsa Barat melakukan aktivitas kolonialisme serta imperialismenya di seluruh penjuru dunia. Dalam prakteknya, antara kolonialisme dan imperialisme sulit dipisahkan. Kolonialisme dan imperialisme pernah tumbuh dan berkembang di Indonesia, sewaktu bangsa-bangsa barat datang dan menguasai Kepulauan Nusantara.

Baca juga :

Subscribe Via Email Gratis

to Top