APA ITU DAPODIK?
Home software

APA ITU DAPODIK?

APA ITU DAPODIK?DAPODIK merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan. DAPODIK adalah software berbasis Web dimana memiliki kegunaan dalam pendataan dan pengelolaan data-data pendidikan yang dikelola oleh lembaga Instansi pendidikan Indonesia. Terdapat 3 jenis data pendidikan yang dikelola oleh DAPODIK.
  1. Data Sekolah : Berisi informasi-informasi mengenai sekolah, seperti nama sekolah, NPSN, bentuk pendidikan sekolah tersebut, alamat sekolah, kontak sekolah, data periodik, sarana dan prasarana sekolah, sanitasi, blockgrant, program yang dimiliki sekolah (layanan khusus, inklusi, ekstrakurikuler, pondok pesantren), akreditasi sekolah, dan lain-lainnya.
  2. Data Siswa: Berisi informasi-informasi tentang siswa/siswi sekolah tersebut, seperti: nama siswa, jenis kelamin, NIS, NISN, NIK, tempat/tanggal lahir, rombongan belajar, reg akta kelahiran, dll.
  3. Data Guru/Tenaga administrasi sekolah: Berisi data-data tentang para guru dan tenaga administrasi yang bekerja di sekolah tersebut, seperti: nama, jenis kelamin, NIK, NUPTK, tempat/tanggal lahir, email, no hp, dll.

SISTEM YANG DIMILIKI DAPODIK


Sejak tahun 1970-an, sistem pengolahan dan pengumpulan data-data pendidikan dilakukan dengan metode kuisoner secara manual. Perkembangan sistem administrasi pendidikan di Tanah Air diikuti oleh seiring perkembangan zaman, semakin canggihnya alat-alat komunikasi dan teknologi memungkinkannya berkembangnya pendataan administrasi dalam dunia pendidikan. Untuk mempermudah pendataan informasi administrasi dalam dunia pendidikan diperlukan aplikasi untuk menunjang kelancaran tersebut, oleh karena itu terbentuklah suatu sistem pengolahan data pendidikan yang dikenal dengan DAPODIK memakai sistem online dan real time.


DAPODIK dirancang menggunakan open source basis serta menerapkan aplikasi berbasis web dengan database sistem terpusat. Jadi dalam mengolah data-data riwayat sekolah, siswa, dan guru/tenaga pendidik lebih gampang dan mudah diakses karena informasi tersebut dapat dilihat oleh masyarakat secara real time dan online melalui internet. Adapun data-data yang dikumpulkan tersebut akan dikelola oleh pemerintah dalam melakukan perencanaan perbaikan-perbaikan untuk memajukan pendidikan Indonesia di Masa Depan.

Baca juga :

to Top